8 Tips Simple Agar Nail Polish Bagus dan Tahan Lama, Simak di Sini!

Buat kamu yang suka mempercantik kuku, pasti tahu rasanya bagaimana menghabiskan banyak uang untuk manicure di salon agar cat kuku lebih tahan lama. Namun entah bagaimana terjadi, cat kuku atau nail polish retak dan terkelupas. Untuk ketahanannya, memilih kualitas terbaik produk nail polish adalah hal yang utama. Selain kualitasnya yang bagus, cara mengaplikasikan cat kuku yang benar dengan tetap menjaga kesehatan kuku tak kalah pentingnya. Dilansir dari laman Byrdie, kami telah mengumpulkan beberapa tips bermanfaat agar hasil nail polish bagus meski dilakukan sendiri di rumah.

Apa itu Nail Polish dan Bedanya dengan Gel Polish?

Nail polish adalah jenis penis (lacquer) yang digunakan untuk menghias kuku tangan dan kaki. Karena harus kuat, lentur, anti retak, dan tahan terhadap pengelupasan, cat kuku mengandung sejumlah bahan kimia. 

Cat kuku biasa biasanya terdiri dari polimer (nitroselulosa) yang dilarutkan dalam cairan pelarut (seperti ethyl acetate atau buty). Saat diaplikasikan pada kuku, pelarut akan menguap dan meninggalkan polimer untuk membentuk film pada kuku. Formulasi yang mengubah film dapat menempel pada kuku ini juga memberikan kilau.

Baca juga:  6 Cara Mengatasi Kulit Bertekstur Jadi Lebih Halus dan Glowing, Ampuh!
Sumber: Freepik

Namun cat kuku biasa ini bukan satu-satunya pilihan. Gel nail polish merupakan formulasi alternatif yang terdiri dari senyawa metakrilat dan senyawa photo initiating seperti benzoil peroksida. Tidak seperti cat kuku biasa, campuran gel polish tak hanya diaplikasikan dan cukup dibiarkan kering. Sebaliknya gel polish setelah dioleskan perlu terkena sinar UV untuk memulai proses polimerisasi yang mengeraskan cat.

Tips Agar Nail Polish Bagus dan Kuku Tetap Sehat

1. Potong Kuku Lebih Pendek

Meskipun tampilan kuku panjang itu indah, faktanya kuku panjang lebih rentan terkelupas atau patah. Sedangkan kuku dengan potongan yang lebih pendek cenderung tidak patah, tidak terkelupas. Jadi pilihlah potongan kuku pendek terutama sebelum mengaplikasikan cat kuku.

2. Pilih Top Coat dengan Tepat

Mewujudkan tampilan cat kuku menjadi matte atau high shine bukan satu-satunya hal yang diperhatikan saat memilih top coat (lapisan atas). Kamu sebaiknya memilih formula top coat yang menawarkan ketahanan chip resistance, protection, dan strengthening. Poin plusnya carilah formula top coat yang menghidrasi agar kuku tetap sehat dan anti retak.

3. Gunakan Base Coat yang Tepat 

Sumber: Freepik

Memilih kandungan di dalam nail polish adalah hal yang sangat perlu diperhitungkan. Jangan serta merta menyalahkan cat kuku atau lapisan atas (top coat) yang membuat warna cat pada kuku cepat pudar. Lapisan dasar atau base coat yang kuat dan resistant juga sama pentingnya. Namun sebagian orang masih melewatkan formula base coat di dalam cat kuku. Oleh karena itu, tips agar nali polish bagus dan tahan lama, pilihlah base coat yang kuat dan tepat.

Baca juga:  Ladies & Gents, Inilah 6 Parfum yang Tercium dari Jarak Jauh dan Awet

4. Aplikasikan Kembali Top Coat Setiap 2-3 Hari

Berbeda dengan popular belief, top coat adalah jenis aplikasi yang perlu diperhatikan dan diatur. Seperti hal berharga dalam hidup, kuku yang diwarnai juga membutuhkan perawatan. Untuk hasil terbaik dan tampilan kuku tetap cantik, aplikasikan kembali top coat setiap dua hingga tiga hari sekali.

5. Sering Gunakan Sarung Tangan

Melindungi tangan dari air, household cleaners yang keras, dan pekerjaan berat apapun, adalah ide yang bagus untuk menjaga tampilan cat kuku sehat. Hindari kerusakan kuku dan kutikula dengan mengenakan sarung tangan karet berkualitas saat kamu melakukan pekerjaan rumah tangga. 

6. Jangan Berendam Terlalu Lama dalam Air Panas  

Setelah menghabiskan terlalu banyak waktu mandi atau berendam terlalu lama di dalam air panas. Berendam di dalam air untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kelembapan air merembes di bawah permukaan polish, sehingga dapat menyebabkan pengelupasan. Saat kulit menyerap air dan kering, cat kuku menjadi lebih mudah terkelupas. 

7. Biarkan Nail Polish Kering dengan Benar

Setelah diaplikasikan, menunggu cat kuku mengering sama menyenangkannya dengan melihat hasilnya. Kamu harus benar-benar memoles dan mendiamkannya hingga kering. Tips agar cat warna kuku tetap bagus ini dilakukan supaya warna kuku benar-benar bagus dan tidak terkelupas.

8. Sebelum Manicure, Lap Kuku dengan Larutan Cuka

Sumber: Freepik

Untuk membersihkan kuku sebelum manicure, lap kukumu dengan larutan cuka putih. Hal ini dilakukan untuk membantu menghilangkan minyak berlebih dan berfungsi sebagai pembersih alami. Usap setiap kuku satu per satu dengan larutan cuka menggunakan kapas. Biarkan kuku mengering untuk memastikan hasil manicure bersih. Setelah itu aplikasikan base coat, polish, dan top coat.

Baca juga: Eau de Toilette Beda dengan Eau de Parfum, Pahami Sebelum Beli Parfum Baru!

Agar hasil nail polish bagus dan tahan lama, kamu perlu mencoba beberapa tips di atas cukup di rumah. Pastikan kamu memilih produk cat kuku dengan konsistensi yang lebih tipis agar tidak mudah menggumpal dan cepat pudar.