Tips Mencegah Batuk dan 12 Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

Ibu hamil memang lebih rentan mengalami infeksi penyakit karena sistem kekebalan tubuh terutama ketika hamil mungkin mengalami penurunan. Salah satu kondisi yang tidak jarang terjadi adalah batuk, di mana gejala tersebut sering membuat kekhawatiran. Itulah mengapa banyak yang mencari tahu mengenai obat batuk alami untuk ibu hamil.

Sebagian ibu hamil bertanya-tanya mengenai kemungkinan akan bahaya batuk selama kehamilan. Tidak hanya sebatas kondisi tersebut, tetapi ketika hamil tentu diperlukan perhatian ekstra dalam konsumsi obat tertentu, entah obat bebas atau obat resep karena beberapa obat tertentu bisa berpotensi membahayakan janin.

Sedangkan jika batuk dibiarkan tanpa diobati, gatal di tenggorokan dan batuk terus-terusan pasti tidak nyaman dan mengganggu. Untungnya, ada alternatif untuk mengobati batuk pada ibu hamil secara alami yang aman, baik untuk ibu hamil maupun janin.

Berikut ini ada beberapa tips mencegah batuk hingga obat batuk alami untuk ibu hamil yang perlu disimak.

Bahaya Batuk Saat Hamil

obat batuk alami untuk ibu hamil
Sumber: Freepik

Ada beberapa hal yang dapat membahayakan kondisi ibu hamil jika batuk terus-menerus dan tidak ditangani dengan tepat. Jika pernah mengalami batuk hebat berhari-hari, maka kamu akan merasakan nyeri perut dan dada saat batuk. Coba bayangkan kalau ini terjadi pada ibu hamil dengan perut yang besar dan tekanan dalam perut yang memang sudah besar, tentunya nyeri perut akan lebih mudah terjadi dan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. 

Selain itu, peningkatan tekanan dalam perut dan guncangan bagi janin akibat batuk yang kuat, berulang, dan lama dapat juga memicu kelahiran prematur. Tentunya tidak hanya serta merta kondisi batuk yang menyebabkan keguguran, ya! Namun, biasanya ada juga kondisi pemicu lain, seperti rahim yang tidak kuat, adanya infeksi saluran kemih, atau keputihan.

Salah satu hal yang dapat menyebabkan batuk yaitu penyakit tuberkulosis. Jika kamu mengalami penyakit tuberkulosis selama kehamilan, maka hal ini dapat terjadi berbagai dampak bagi janin. Mulai dari hambatan pertumbuhan janin, hingga yang lebih parah adalah penularan tuberkulosis dari ibu ke janin. Itulah sebabnya, tuberkulosis yang terjadi pada ibu hamil harus segera diobati.

Cara Mencegah Batuk pada Ibu Hamil

obat batuk alami untuk ibu hamil

Memang terdapat beberapa obat batuk alami yang bisa digunakan untuk ibu hamil, tapi akan lebih baik jika ibu hamil menjaga kondisi fisik untuk mencegah terjadinya batuk saat hamil. 

Baca juga:  10+ Cara Tradisional dan Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus jadi cara cepat meringankan batuk pada ibu hamil:

  • Pastikan istirahat dan tidur yang cukup, yaitu sekitar 7-9 jam dalam sehari.
  • Penuhi kebutuhan air putih pada pastikan tubuh terhidrasi dengan baik.
  • Konsumsi makanan bergizi, termasuk juga vitamin prenatal.
  • Kumur menggunakan larutan air hangat dengan garam 2-3 kali sehari untuk memicu keluarnya lendir dan menghilangkan alergi pada tenggorokan.
  • Cuci tangan sesering mungkin, terutama sebelum makan, atau setelah memegang sesuatu/benda yang kotor.
  • Olahraga secara teratur, misalnya melakukan peregangan kaki atau berjalan kaki/jogging santai.
  • Hindari berdekatan dengan orang yang terkena batuk, pilek, tujuannya adalah untuk menghindari penularan.
  • Jaga kebersihan rumah, termasuk juga kamar tidur. Hal ini penting, sebab batuk bisa jadi disebabkan oleh debu karena kamar tidur tidak bersih.
  • Selalu berusaha untuk berpikir positif dan rileks agar terhindar dari stres.

Tips Meredakan Batuk untuk Ibu Hamil

Jika kamu tiba-tiba mengalami batuk tanpa sebab, sebelum ke dokter atau konsumsi obat, sebetulnya kamu bisa melakukan pertolongan pertama di rumah. Beberapa tips yang dipercaya bisa menjadi cara cepat untuk meringankan batuk pada ibu hamil adalah mengoleskan minyak angin atau essential oil yang hangat pada punggung, dada, dan sedikit di bawah hidung. Cara ini mampu melegakan pernafasan dan juga mengurangi intensitas batuk.

Tips berikutnya adalah meninggikan posisi bantal saat berbaring. Pasalnya, batuk bisa kumat saat ibu hamil tidur dengan posisi tubuh dan kepala sejajar, sebab gravitasi membuat posisi lendir menggenang di bagian belakang tenggorokan dan memicu batuk. Selain itu, ibu hamil juga bisa mengganti posisi tidur secara berkala supaya lendir tidak menggenang dan membuat batuk.

Udara kering juga dapat memicu batuk, jadi untuk mengatasinya ibu hamil dapat menggunakan pelembab udara untuk menenangkan tenggorokan. Lalu tips terakhir yang bisa menjadi cara cepat meringankan batuk pada ibu hamil adalah dengan rutin berjemur di bawah matahari pagi sekitar pukul 7 pagi. Rutinitas ini sangat baik karena punya banyak manfaat. Saat berjemur pagi, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin D yang bagus untuk meningkatkan sistem imunitas termasuk mencegah batuk.

Rekomendasi Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

obat batuk alami untuk ibu hamil
Sumber: Freepik

Kalau sudah melakukan beberapa tips meredakan batuk pada ibu hamil di atas tapi batuk tak kunjung reda, jangan khawatir! Berikut ini ada beberapa obat batuk alami untuk ibu hamil yang ampuh tapi aman untuk dikonsumsi. Sederet obat batuk alami untuk ibu hamil di bawah ini cukup mudah didapatkan. Yuk, cek satu per satu!

  1. Cuka Apel. Cuka apel mengandung bakteri baik yang mampu melawan infeksi di dalam tubuh. Jadi, menggunakan cuka apel sebagai obat batuk alami untuk ibu hamil bisa dicoba.
  2. Jeruk Nipis dan Lemon. Buah sitrus seperti jeruk nipis dan lemon adalah sumber vitamin C sebagai antibakteri dan dapat menjaga kadar basa dalam tubuh, serta sudah teruji ampuh untuk menyembuhkan batuk.
  3. Bawang Merah. Bawang merah juga bisa dijadikan alternatif obat batuk alami untuk ibu hamil, karena bawang merah mengandung phytochemical yang berfungsi untuk membuka saluran napas. 
  4. Bawang Putih. Bawang putih juga berkhasiat sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk batuk.
  5. Jahe. Jahe juga bisa diandalkan sebagai obat batuk alami untuk ibu hamil, dan dapat memberikan rasa hangat pada tenggorokan yang meradang.
  6. Daun Kemangi. Daun kemangi bisa dikonsumsi dengan cara direbus di dalam air, lalu minum air rebusan daun kemangi sebanyak satu sendok teh secara teratur sampai batuk mereda.
  7. Daun Seledri. Daun seledri juga bisa digunakan untuk mengobati batuk dengan cara direbus.
  8. Daun Sirih. Daun sirih juga memiliki kemampuan untuk mengobati batuk dan aman dikonsumsi untuk ibu hamil. 
  9. Garam Laut. Batuk dan flu bisa disebabkan adanya mikroorganisme asing di dalam mulut, jadi garam laut akan berfungsi untuk menghilangkan mikroorganisme tersebut.
  10. Garam dan Kunyit. Gabungan dari garam dan kunyit akan menjadi cara mengobati batuk pada ibu hamil yang efektif sekaligus memelihara kesehatan selama masa kehamilan jika dikonsumsi secara rutin.
  11. Minyak Kelapa. Minyak kelapa mengandung jenis lemak sehat yang membuatnya lebih sehat untuk dikonsumsi. Tidak hanya itu, minyak ini juga bersifat antiviral, antibakteri, serta antijamur sehingga bisa digunakan sebagai cara mengobati batuk pada ibu hamil secara alami.
  12. Sop Ayam. Bahan-bahan yang ada di dalam sop ayam mengandung banyak nutrisi yang berkhasiat sebagai cara cepat meringankan batuk pada ibu hamil.
Baca juga:  8 Cara Tradisional Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Obat Batuk Alami, Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

Penggunaan bahan alami sebagai obat batuk alami untuk ibu hamil dianggap paling aman bagi ibu dan janin di dalam kandungan. Maka dari itu, sangat disarankan untuk memilih bahan alami saja untuk mencegah batuk atau penyakit lainnya. Tapi, jangan lupa konsultasikan pada dokter jika batuk tidak mereda atau memiliki gejala lainnya, ya!