4 Obat Digigit Tawon Alami, Persiapan Menjelajah Alam Bebas!

Aktivitas luar ruang selalu menjadi aktivitas yang seru dan menyenangkan, untuk penggemarnya. Bersentuhan dengan alam, melihat pemandangan indah, mengandalkan fisik dan mental, semua membutuhkan persiapan yang matang agar berjalan dengan lancar. Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah obat-obatan, salah satunya adalah obat digigit tawon.

Meski tidak sedikit yang masih salah kaprah mengenai sengatan tawon yang menyebabkan bengkak, nyatanya masyarakat masih awam dengan sebutan digigit tawon. Namun apapun sebutannya, yang pasti hal ini harus dipersiapkan, agar tidak menimbulkan gangguan yang lebih jauh.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi hal ini, kamu bisa dengan mudah menyiapkan bahan-bahan di bawah ini. Akan dibagi ke dalam dua kelompok besar, yakni bahan alami dan obat yang bisa ditemukan di apotek.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mendaki Gunung Andong

Efek Disengat Tawon pada Tubuh

obat digigit tawon

Ada beberapa efek yang muncul pada tubuh ketika digigit atau disengat tawon. Mulai dari efek ringan seperti rasa nyeri dan terbakar yang tajam di bagian yang disengat, munculnya kulit kemerahan, hingga bengkak di sekitar area sengatan.

Pada tingkat reaksi sedang, warna merah pada bagian kulit yang disengat tampak lebih parah dan pembengkakan juga terjadi lebih besar dari waktu ke waktu. Ketika reaksi tidak hilang dalam waktu lebih dari 5 hari, ada baiknya kamu ke dokter untuk memeriksakan diri.

Di reaksi berat, gejala yang muncul cukup mengkhawatirkan. Mulai dari sulit bernapas, pembengkakan di area wajah, tenggorokan, atua lidah, nyeri di bagian perut, hingga ke kehilangan kesadaran dan penurunan tekanan darah yang tajam.

Baca juga:  Penyebab Amandel dengan Radang Tenggorokan, Samakah?

Tanda terakhir ini harus segera mendapatkan penanganan dokter, agar dapat ditangani dengan tepat.

Obat yang Dapat Disiapkan sebagai Pertolongan Pertama Digigit Tawon

obat digigit tawon

Untuk obat alami sendiri sebenarnya cukup mudah ditemukan. Namun beberapa mungkin akan cukup sulit saat dibawa saat aktivitas di luar ruang. Beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan antara lain adalah sebagai berikut.

1. Es Batu

Kompres es batu akan jadi cara efektif dan obat digigit tawon pada fase awal. Kompres dingin ini bisa mengurangi rasa sakit dan bengkak, sehingga mengurangi rasa tak nyaman akibat sengatan tawon. Sebelum dikompres, sangat dianjurkan untuk membersihkan bagian yang disengat dan mencabut sengat yang masih menempel. Baru setelah tahap tersebut, kamu bisa mengompresnya.

2. Madu

Obat digigit tawon selanjutnya adalah madu. Yap, bahan makanan yang satu ini juga bisa membantu menyuplai energi dan cukup mudah dibawa. Pada kondisi saat seseorang disengat tawon, madu bisa membantu mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan.

Pastikan membersihkan area yang disengat kemudian baru oleskan madu. Gunakan di ruang tertutup, agar tidak memancing datangnya tawon lebih banyak.

3. Cuka Sari Apel

Ketiga, adalah cuka sari apel. Kamu hanya perlu mengompres bagian yang disengat setelah membersihkan bagian tersebut. Kompres selama setidaknya 15 menit, agar bagian tersebut netral dari racun tawon.

4. Lidah Buaya

Jika kamu berada di sekitar area yang memiliki tanaman lidah buaya, kamu juga bisa menggunakannya. Gel dari lidah buaya bisa bermanfaat untuk mendinginkan area yang tersengat, sehingga rasa sakit yang muncul akan berangsur-angsur reda.

Baca juga:  Biografi Steve Jobs, Sang Perfeksionis Pendiri Apple

Cuci lidah biaya dan bagian kulit yang tersengat tawon, lalu oleskan gel lidah buaya merata.

Selain keempat obat alami gigitan tawon atau sengatan tawon tersebut, kamu juga bisa menggunakan obat-obatan yang ditemukan di apotek. Misalnya saja, seperti antihistamin, kemudian salep khusus sengatan lebah, hingga obat pereda nyeri. Yang pasti sebisa mungkin, berikan pertolongan pertama yang tepat dan segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat jika efeknya tak kunjung hilang.

Sedikit Tambahan, 6 Tips Bepergian ke Alam Bebas yang Aman

obat digigit tawon

Setelah membaca efek dan obat digigit tawon yang dituliskan di atas, rasanya akan semakin lengkap jika kamu juga mengetahui tips bepergian ke alam bebas yang aman, seperti yang dituliskan di bawah ini.

  • Pastikan kamu mencari informasi seputar tempat wisata yang akan dikunjungi. Pengetahuan dan informasi ini penting untuk mempersiapkan apa saja yang harus dibawa.
  • Jika ada waktu, cek lokasi wisata untuk memastikan persiapan yang harus dilakukan.
  • Persiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan, sesuai dengan lokasi wisata alam bebas yang akan kamu kunjungi. Misalnya, jaket untuk area pegunungan, kacamata hitam untuk area pantai, dan seterusnya.
  • Persiapkan kesehatan tubuh dan kebugaran kamu. Jalan-jalan ke alam bebas perlu fisik yang kuat dan mental yang siap. Persiapkan fisik dan mental dengan baik agar kegiatan bisa semakin seru.
  • Bawa obat-obatan yang diperlukan, seperti obat digigit tawon. Bawa obat-obatan ringan yang bisa digunakan untuk pertolongan pertama pada kondisi-kondisi yang tidak diinginkan.
  • Gunakan pemandu yang memiliki kemampuan survival yang baik. Pemandu yang kemampuannya mumpuni dapat mendukung kelancaran aktivitas dan menghadapi kejadian tidak diinginkan dengan tepat.

Baca Juga: Mata Merah pada Anak: 8 Pemicu dan Cara Mengatasinya 

Well, itu tadi beberapa penjelasan mengenai obat digigit tawon alami, dan tips persiapan bepergian ke alam liar. Semoga berguna, dan persiapkan diri kamu secara maksimal ya!