Kamu Perlu Coba! 4 Obat Flu Alami yang Mudah Didapatkan

Kamu tentu saja pernah mengalami flu, bukan? Sakit flu yang ditandai dengan batuk dan pilek memang menjadi penyakit yang paling banyak diderita oleh manusia. Biasanya, hal ini erat kaitannya dengan perubahan musim dan cuaca. Walaupun demikian, masih banyak orang yang belum mengetahui cara yang ampuh untuk mengobati flu ini. Saat dilanda flu, biasanya kebanyakan orang akan langsung mencari obat di apotek. Padahal sebenarnya kamu bisa mengatasi flu dengan obat flu alami yang mungkin sudah tersedia di dapur. Obat flu dengan bahan kimia justru memiliki efek samping bagi kesehatan lainnya. 

Perbedaan Flu dan Batuk Pilek Biasa

Sebagian orang mengira flu hampir sama dengan pilek biasa, kedua masalah kesehatan ini memang sama-sama disebabkan virus. Flu memiliki gejala yang lebih parah dan bisa menyerang secara mendadak. Sedangkan batuk dan pilek biasa cenderung lebih ringan dan muncul secara bertahap.

Influenza merupakan suatu penyakit yang mudah menular, terutama pada 3-4 hari pertama setelah pengidapnya terinfeksi virus. Flu ini bisa menular melalui percikan air liur di udara, ketika pengidapnya bersin atau batuk. Saat sedang mengalami flu, kamu akan merasakan kepala pusing, demam, serta kesulitan bernafas karena hidung tersumbat. Apabila jumlah virus dan lendir cukup banyak, maka saluran pernapasan juga bisa saja ikut tersumbat.

4 Obat Flu Alami dan Ampuh

obat flu alami

Pada umumnya, kamu bisa menyembuhkan flu tanpa harus menggunakan obat medis. Berbagai obat flu alami di bawah ini sudah dikenal sejak zaman nenek moyang untuk mengatasi flu, lho. Menariknya lagi, sebagian besar herbal pereda flu ini bisa kamu temukan dengan mudah di dapur rumah.

  1. Air putih hangat, adalah salah satu obat alami untuk menyehatkan tubuh, termasuk ketika kamu terserang flu dan demam. Flu akan menyebabkan adanya lendir yang melapisi saluran pernapasan, sehingga menjadi lebih tebal. Dengan minum air putih hangat, maka kamu bisa mengatasi lendir yang menyumbat saluran pernapasan. Jadi, suhu pada air hangat dapat mengencerkan lendir yang mengental sehingga akan lebih mudah untuk mengeluarkannya dan mengeringkan sinus. Bahkan air putih hangat juga akan menjaga selaput lendir supaya tetap lembab.
  2. Jahe, adalah tumbuhan herbal yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk mengobati flu. Jahe ini mengandung zat anti-bakteri dan anti-virus yang akan membantu mengobati influenza. Bahkan, jahe juga dapat menghangatkan tubuh dan banyak dijadikan sebagai bahan dasar dalam produk obat flu alami.
  3. Kencur, juga bermanfaat untuk mengobati flu. Ketika dilanda flu, kamu bisa mengkonsumsi jamu kencur alami sebanyak dua kali. Jika tidak sempat mencari jamu kencur, kamu bisa menggeprek kencur yang telah dibersihkan. Kemudian rendam kencur dengan air panas, dan minumlah saat airnya dalam keadaan hangat kuku.
  4. Bawang merah, bisa juga digunakan sebagai obat flu alami yang disertai dengan gatal pada hidung. Bawang merah ini mengandung phytochemical dan anti-bakteri yang mampu mengatasi batuk. Meskipun aromanya tidak enak, namun bawang merah cukup ampuh untuk mengatasi flu secara cepat. Jika enggan mengkonsumsinya, kamu bisa mengiris atau menghaluskan bawang merah. Lalu, hirup aroma bawang merah untuk melegakan pernapasan.
Baca juga:  5 Cara Mengatasi Dermatitis Seboroik Paling Ampuh

Apa Saja Gejala Flu?

obat flu alami

Percaya atau tidak, di antara gejala-gejala flu yang menurutmu sangat mengganggu, sebenarnya hal tersebut merupakan proses penyembuhan alami dan tidak perlu diobati. Bahkan hal itu merupakan bukti bahwa sistem kekebalan tubuh kamu sedang melawan penyakit. Gejala-gejala yang dimaksud di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Demam, adalah cara tubuh untuk membunuh virus dengan cara menciptakan lingkungan yang lebih panas dari normal agar virus tidak betah. Selain itu, tubuh yang panas akan membuat protein dan sel-sel daya tahan tubuh pembunuh kuman di dalam darah menjadi bekerja lebih efektif.
  2. Batuk akan membersihkan saluran pernapasan dari lendir tebal yang akan membawa kuman ke paru-paru dan ke seluruh tubuh.
  3. Pilek dan hidung tersumbat, di mana kedua kondisi ini terjadi saat aliran darah pada daerah hidung meningkat, sehingga sekresi pun meningkat. Aliran darah yang meningkat dapat menghangatkan daerah yang terinfeksi , sehingga membantu sekresi membawa kuman keluar dari tubuh.

Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Pada umumnya, flu bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan medis dalam 7-10 hari sejak pertama kali gejalanya muncul. Namun, jika gejalanya tidak kunjung hilang, selain mencoba minum obat flu alami, kamu juga bisa segera ke dokter apabila:

  • Tetap mengalami demam tinggi meskipun sudah minum paracetamol.
  • Sering muntah, dan warna ingus berubah menjadi tidak biasa
  • Hidung tersumbat sehingga mengalami sesak napas.
  • Sakit tenggorokan berat, hingga suara serak atau parau, dan batuk terus-menerus.
  • Sakit kepala parah, dan nyeri di bagian saluran sinus.
  • Telinga terasa berdenging.
  • Nafsu makan menurun hingga berat badan berkurang cukup drastis.
Baca juga:  Ciri-Ciri Haid Pertama yang Perlu Remaja dan Orang Tua Ketahui

Pastikan kamu menjaga kesehatan dan menjalani pola makan sehat, juga istirahat yang cukup untuk membantu mempercepat penyembuhan flu, ya.