Pilihan Objek Wisata Dieng yang Paling Ciamik

Kawasan wisata Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah memang seakan tidak pernah sepi dari wisatawan. Setiap tahunnya, Dieng berhasil menyedot banyak wisatawan untuk menghabiskan liburan di sana. Kalau kamu ingin berkunjung ke Dieng, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Karena Dieng merupakan kawasan tinggi dan dingin, jadi bagi kamu yang tidak kuat dingin, jangan lupa untuk membawa perlengkapan ini:

  • Jaket
  • Baju lengan panjang yang lebih banyak dibandingkan baju lengan pendek
  • Sarung tangan, kaos kaki, dan juga penutup kepala
  • Payung atau jas hujan ponco
  • Gunakan sepatu yang nyaman

Selanjutnya, kamu bisa mengikuti panduan wisata Dieng selengkapnya yang telah kami rangkum di bawah ini.

Cara Menuju Wisata Dieng

Untuk menuju Dieng, kamu hanya bisa memilih jalur darat dan tidak ada alternatif lainnya. Kamu bisa menempuh perjalanan dengan kereta api atau bus, dan jika kamu berasal dari luar Jawa, maka kamu bisa memilih penerbangan yang mendarat ke Jakarta, Yogyakarta, maupun Solo. Kemudian dilanjutkan dengan naik bus ke terminal di Wonosobo yang bernama terminal Mendolo. Tarif bus yang bisa kamu pilih cukup bervariasi, mulai dari bus ekonomi, VIP, dan executive dalam waktu 10-12 jam perjalanan. Sedangkan untuk transportasi yang lebih cepat, kamu bisa memilih naik kereta api namun dengan harga yang tentunya sedikit lebih mahal. Kamu bisa naik kereta dari stasiun Pasar Senen ke Stasiun Purwokerto dalam waktu 4-5 jam perjalanan. Setelah sampai Purwokerto, perjalanan ke Wonosobo dilanjutkan menggunakan bus selama 2 jam.

Meskipun jarak perjalanan menuju Wonosobo terbilang cukup jauh, namun pemandangan alam di kanan kiri selama perjalanan tidak akan membuatmu merasa bosan. Hijaunya alam sekitar dijamin akan menyegarkan mata. Selanjutnya, untuk tempat menginap kamu bisa memilih homestay yang  sebagian besar belum terdaftar di beberapa situs pemesanan hotel online. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena mencari homestay di sana cukup mudah dan murah. Jika kamu pergi ke Dieng membawa rombongan cukup banyak, maka sebaiknya menyewa rumah saja.

Baca juga:  15 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Bagaimana dengan kulinernya? Seperti tempat wisata lain pada umumnya, Dieng juga memiliki makanan khas yang membuat penasaran para wisatawan. Mie Ongklok adalah salah satu makanan khas Wonosobo yang wajib dicoba. Makanan yang satu ini disajikan dengan sate tahu dan Purwaceng, makanan khas Dieng. Agar budget makan tidak menguras kantong, kamu bisa mencari tempat makan kaki lima biasa menjadi tempat mangkal para backpacker. Jika perlu, sebelum berangkat, carilah referensi sebanyak-banyak dari para traveler yang sudah pernah mengunjungi Dieng tentang harga makanan di sana.

Rekomendasi Objek Wisata Dieng

Tentunya ada banyak alasan yang bisa membuatmu berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng. Dieng memang menawarkan segudang spot wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Kalau Bali punya ratusan spot ciamik untuk menikmati sunset, Dieng punya banyak titik untuk menikmati sunrise yang bahkan digadang-gadang sebagai lokasi terbaik di Jawa. Supaya tidak penasaran, langsung saja intip rekomendasi objek wisata Dieng berikut ini.

1. Bukit Sikunir

wisata dieng
Sumber: commons.wikimedia.org

Bukit Sikunir adalah objek wisata Dieng yang paling dicari wisatawan, karena di Bukit setinggi 2.300 mdpl ini kamu bisa menyaksikan sunrise terindah di Jawa Tengah. Kalau cuacanya bagus dan tidak berawan, dari puncaknya kamu juga bisa memandangi gunung Merbabu, Merapi, Sindoro dan Sumbing. Untuk menikmati keindahannya, kamu harus mendaki dulu sekitar 30 menit sampai dengan 1 jam, tergantung dari kondisi fisikmu. Utamakan berangkat sedini mungkin sekitar pukul 04.00 WIB biar kamu tidak ketinggalan sunrise

2. Telaga Warna

wisata dieng
Sumber: www.dakatour.com

Berbeda dengan telaga-telaga lainnya, Telaga Warna memiliki warna yang berbeda-beda di mana fenomena ini biasanya terjadi saat musim kemarau atau sekitar bulan Juli hingga Agustus. Kalau beruntung, kamu bisa melihat air telaga berwarna merah, biru, hijau, abu-abu, hingga kuning. Menurut legenda warga sekitar, warna-warni tersebut berasal dari isi pusaka Cupu Manik Astagina yang tidak sengaja terjatuh ke telaga saat Batara Surya atau Dewa Matahari melemparnya ke langit. Namun, secara ilmiah, warna-warni telaga tersebut berasal dari alga, plankton, belerang, dan juga tumbuhan yang ada di dalamnya. 

Baca juga:  Terbaik dan Indah! Ini 4 Taman Nasional di Kalimantan Tengah

3. Gunung Prau

wisata dieng

Namanya dataran tinggi, beberapa wisata Dieng memang mengharuskan kamu untuk melakukan aktivitas menanjak untuk menikmatinya, seperti di Gunung Prau ini. Gunung Prau termasuk puncak tertinggi di Dieng dengan ketinggian yang mencapai 2.590 mdpl. Selain Bukit Sikunir, Gunung Prau juga menjadi spot favorit untuk menikmati sunrise. Untuk mendakinya juga tidak memerlukan waktu yang lama, karena rata-rata pendaki berhasil menempuh dengan waktu 3 sampai 4 jam saja. Supaya lebih santai, tidak ada salahnya bermalam di gunung ini dengan mendirikan tenda di camping ground-nya. 

Sebagai wisatawan, kamu juga dapat menemukan beberapa kawah vulkanis yang masih aktif di Gunung Prau. Salah satu kawah yang paling terkenal adalah Kawah Sikidang. Saat berkunjung ke sana, sangat disarankan untuk selalu mengenakan masker. Karena, kamu masih dapat dirasakan tajamnya aroma belerang dari kawah yang dinilai bisa membahayakan kesehatan ini. Air kawah juga terbilang cukup panas, yaitu bisa mencapai 90 derajat celcius. 

4. Candi Arjuna

wisata dieng

Dataran tinggi Dieng juga dipenuhi dengan candi-candi tua. Salah satu yang paling terkenal adalah Candi Arjuna yang memiliki luas mencapai 1 hektar. Dulu, Candi ini ditemukan pada abad ke-18 oleh seorang warga Belanda dalam keadaan tergenang air dan diperkirakan dibangun pada abad ke-8 oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno. Bentuk Candi ini memiliki keterkaitan dengan bentuk candi yang ada di India. HIngga saat ini, Candi Arjuna masih aktif digunakan sebagai tempat beribadah Umat Hindu khususnya saat perayaan Hari Raya Galungan. 

Sebenarnya masih ada banyak sekali objek wisata Dieng yang juga tidak kalah menarik seperti Bukit Batu Pandang, Gardu Pandang Tieng, Dieng Plateau Theater, Telaga Menjer, dan masih banyak lagi. Objek wisata manapun yang akan kamu kunjungi, pastikan kamu sudah menyiapkan itinerary liburan dengan matang, ya. Dengan begitu, rencana liburanmu akan berjalan dengan lancar.