Pentingnya Mengenali Perbedaan Produk OEM, ODM, Original, KW, dan KW Super

oem adalahSumber: freepik.com

Dalam industri, kualitas produk adalah dasar dari kemampuan berkompetisi di pasar secara umum. Kualitas ini akan menjadi senjata utama yang ditopang oleh kemampuan pemasaran, sehingga produk bisa laku di pasaran. Idealnya Anda sebagai pebisnis juga paham bahwa ada klasifikasi kualitas yang muncul di pasar, mulai dari KW Super, original, KW, ODM, hingga OEM adalah kategori paling dikenal secara luas.

Artikel ini kemudian akan membahas tuntas mengenai pentingnya mengetahui perbedaan keempat grade produk tadi, sehingga didapatkan pemahaman mendalam dan menjadi bahan pertimbangan dalam proses produksi.

Secara sederhana perbedaan setiap kualitas produk tersebut bisa Anda simak dalam pengertiannya di bawah ini.

Baca Juga: Kupas Tuntas Bahan Baku, Definisi, 5 Jenis, dan Contohnya

Pengertian OEM, ODM, Original KW, dan KW Super dalam Industri

oem adalah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, grading ini mengacu pada kualitas produk dan keaslian dari suatu produk yang beredar di pasar. Pengertiannya adalah sebagai berikut.

1. Original Equipment Manufacturer atau OEM

Istilah ini dikenal luas dengan sebuat OEM. OEM adalah barang yang diproduksi oleh suatau perusahaan, dan diolah atau dijual lagi oleh perusahaan lain dengan balutan merek dagang yang berbeda.

Secara kualitas, produk OEM memiliki standar yang jelas dari pabrikan brand utama, namun kemudian diolah kembali oleh brand atau perusahaan penyalur sehingga memiliki merek dagangnya sendiri.

2. ODM atau Original Design Manufacturer

ODM atau original design manufacturer mengacu pada aktivitas produksi yang dilakukan sesuai dengan spesifikasi pesanan oleh perusahaan pembeli. Jadi logikanya, terdapat satu perusahaan yang memiliki desain produk, meminta bantuan pada perusahaan lain untuk memproduksinya sesuai dengan spesifikasi, kemudian setelah jadi pemilik desain produk ini memasarkan produknya ke pasar dengan merek dagangnya sendiri.

Baca juga:  Urgensi Penerapan Manajemen Keuangan, Peran Vital yang Tidak Bisa Dikesampingkan

Contoh perusahaan atau industri ini banyak ditemui di bidang elektronik dan gadget.

3. Barang KW

KW sendiri mengacu pada singkatan dari kualitas. Barang dengan grade ini merupakan barang tiruan yang cukup mirip dengan barang asli atau originalnya. Meski demikian perbedaannya dengan barang asli akan tampak jelas secara kasat mata.

Dengan harga yang jauh di bawah produk aslinya, barang KW juga memiliki kualitas yang rendah. Bisa dikatakan barang KW adalah barang palsu.

4. Istilah Lain, KW Super

Produk lain yang juga merupakan tiruan disebut dengan KW Super. Produk seperti ini sebenarnya merupakan tiruan, namun memiliki kemiripan yang luar biasa. Pada banyak produk, perbedaannya dengan kualitas akan sangat sedikit, dan harus benar-benar dicermati untuk mendeteksinya.

Pengenalan atau identifikasinya bisa dilakukan dengan mencoba secara langsung, dan melihat harga yang diberikan oleh penjual. Jika harga yang diberikan dibawah harga produk pada umumnya, maka bisa menjadi indikasi produk ini KW Super. Dari segi nilai, Anda juga akan merasakan perbedaan kualitas ketika menggunakannya.

5. Produk Original

Selanjutnya adalah produk dengan standar kualitas original. Jelas, produk ini merupakan produk asli dari pabrikan atau merek yang menjualnya. Kualitasnya terjamin dan diimbangi dengan harga yang tepat untuk nilainya.

Produk original disusun dengan bahan baku, proses, dan pengemasan yang memiliki standar jelas, dan lolos tahap QA. Produk ini juga memiliki jalur distribusi yang jelas dan resmi sehingga mudah dilacak dan ditemukan oleh pelanggannya.

Lalu Apa Pentingnya Mengetahui Semua Jenis Produk Ini?

oem adalah

Urgensi pemahaman pada berbagai grade dan jenis produk ini diperlukan, baik Anda sebagai pengusaha atau Anda sebagai konsumen. Dengan memiliki pemahaman pada informasi ini, Anda dapat memproduksi barang yang sesuai dengan harganya, atau membedakan produk asli dengan produk tiruan yang ada di pasaran.

Baca juga:  Kupas Tuntas Bahan Baku, Definisi, 5 Jenis, dan Contohnya

Beberapa keuntungan sederhana memiliki kemampuan membedakan kualitas dan jenis barang, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Produksi barang dengan kualitas yang terjamin, sebagai produsen, Anda bisa memperhitungkan harga jual dan nilai barang agar sesuai, sehingga tetap kompetitif saat diedarkan di pasar.
  • Memiliki pengalaman penggunaan produk, Anda akan memiliki kemampuan untuk membedakan produk ketika menggunakannya. Pada titik ekstrim, sekedar melihatnya saja sudah cukup untuk mengetahui apakah produk tersebut asli atau tiruan.
  • Mewujudkan iklim bisnis yang sehat, setidaknya dengan branding dan pemasaran yang tepat, Anda sebagai pengusaha bisa memberikan informasi riil terkait produk, dan memberikan edukasi bahwa produk yang dijual dengan harga tertentu jelas memiliki kualitas yang setara.
  • Tidak mudah dibohongi, dengan mengetahui kualitas produk Anda tidak akan diperdaya oleh aktivitas pemasaran atau pengemasan produk yang sangat menggoda. Intinya, Anda tidak akan mudah dibohongi.

Baca Juga: Berkenalan dengan Konsep Saluran Distribusi dan 7 Fungsinya 

Memiliki pemahaman mendalam para kualitas produk dapat membantu Anda untuk tetap menjadi pengusaha yang jujur dan menciptakan iklim industri yang produktif. Dengan demikian, konsumen juga akan mendapatkan barang sesuai dengan nilainya, tanpa merasa tertipu atau diperdaya oleh aktivitas pemasaran.

Pada dasarnya, informasi mengenai kualitas dan jenis produk ini, mulai dari KW Super, original, KW, ODM, hingga OEM adalah hal yang wajib dimiliki setiap orang. Semoga artikel ini bisa jadi bacaan yang bermanfaat, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda!

Tags: , , , ,

Berita Terbaru