8 Oleh-Oleh Khas Bali Terfavorit dan Terjangkau

oleh-oleh khas Bali

Berjalan jalan ke Bali tentunya tidak lepas dari oleh-oleh khas yang menjadi incaran banyak wisatawan. Banyak ragam oleh oleh yang bisa kamu pilih jika berkunjung ke Bali. Dari makanan ringan, kopi, buah-buahan hingga barang-barang yang menjadi ciri khas daerah tersebut bisa kamu jadikan buah tangan.

Ingin tahu apa saja oleh-oleh khas Bali yang sangat terkenal dan bisa kamu beli? Cek informasinya di sini.

8 Oleh-Oleh Khas Bali Terfavorit

1. Kopi Kintamani

kopi kintamani
sumber : Tribun Bali

Buat para penggemar kopi, jangan sampai melewatkan oleh-oleh khas Bali kopi Kintamani. Seperti namanya, kopi arabika ini memang dibudidayakan di kawasan Kintamani, Bali.

Rasa yang paling menonjol dari kopi kintamani adalah rasa jeruk dengan body yang sedang dan tidak terlalu pahit. Tingkat keasamannya sendiri cukup rendah. Kamu juga bisa membaui aroma citrus dan herbal yang menguar.

Selain itu, kopi ini juga sudah mendunia. Beberapa negara tujuan ekspornya antara lain Jepang, Australia, Arab, dan Eropa.

2. Produk Spa Bali

produk spa bali

Kalau yang satu ini tentu bukan hanya untuk sekadar pajangan ya. Kamu bisa menghadiahkan produk ini untuk ibu, kakak perempuan, adik perempuan, saudara perempuan, teman, atau juga pacar.

Bali memang terkenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati spa terutama di kawasan Seminyak.

Dan tentunya berbagai macam produk spa seperti body scrub, lotion, sampai wangi-wangi-an bakal mengingatkan si ‘penerima oleh-oleh’ dengan kenangan liburan mereka di Bali sebelumnya.

3. Kacang Disko

kacang disko
sumber : Redbuzz mediatama

Kalau kamu suka cemilan kriuk-kriuk dengan sensasi gurih dan pedas, Kacang Disko jawabannya. Camilan ini seperti kacang tepung biasa, tetapi komposisi tepungnya lebih tebal.

Sekarang, varian kacang disko juga semakin banyak. Selain rasa original dan pedas, ada juga rasa keju, BBQ, dan udang yang cukup populer.

Baca juga:  Ide Usaha Sampingan Mudah dengan Untung Berlimpah

Tapi kalau buat saya pribadi, varian yang paling ‘nendang’ rasanya adalah kacang disko rasa pedas. Lumayan buat begadang sambil nonton bola. Hehehe..

4. Pie Susu

pie susu oleh-oleh khas Bali

Nah, ini dia cemilan paling legendaris dari Bali. Jika kamu pergi ke Bali pasti sebagian besar orang yang kamu kenal akan meminta oleh-oleh khas Bali yang satu ini. Pie susu ini juga sudah ada lebih dari 10 tahun lalu. Dulunya kue ini sering dipakai untuk acara keluarga dan sembahyangan.

Kuenya sendiri cukup simpel. Bentuknya bundar menyerupai pie umumnya, tetapi lebih pipih. Dan bagian terbaiknya adalah fla susu yang ada di tengahnya. Yummy! Berasa lumer di mulut dan manisnya berbekas di lidah! Pastinya, kalau kamu nyobain pie susu, makan satu saja nggak akan cukup!

5. Heavenly Chocolate Bali

heavenly coklat
sumber : travelkompas

Cemilan ini sebenernya adalah cemilan ala Jepang dengan konsep “Nama Chocolate (生チョコレート)” tapi uniknya ini terbuat dari Belgian Chocolate terbaik yang dipadukan dengan Cacao Bali.

Dari segi rasa:  Heavenly Chocolate Bali ini enak pake banget!! Teksturnya lembut dan begitu masuk mulut, kamu akan merasakan sensasi “melt-in-your-mouth” alias meleleh. Pilihan rasanya pun beragam. Ada rasa Dark Chocolate, Milk Caramel, Matcha dan Taro dan masih banyak lagi.

6. Salak Bali

salak bali

Nah, kalau mau cari oleh-oleh khas Bali yang lebih sehat dan natural, kamu bisa beli salak bali atau yang juga dikenal Salak Gula Pasir.Buah tropis ini juga biasanya ada sebagai bagian dari acara sembahyang.

Dibandingkan salak pondoh, salak Bali mempunyai rasa yang lebih manis dan bijinya yang kecil. Jadi kamu nggak perlu merasa kesal saat mengupas salak yang besar tapi ternyata menang ukuran di bijinya saja.

Baca juga:  Ingin Beli Smartwatch Murah Tapi Berkualitas? Ini 5 Pilihannya

Menemukan salak juga lebih mudah sih. Kamu bisa mendapatkannya di pasar tradisional atau modern terdekat. Malah, pusat oleh-oleh cenderung jarang menyediakan buah ini.

Paling nggak, selain dimakan biasa, salak ini juga bisa dijadikan manisan. Harganya per kg juga fluktuatif, tapi biasanya sekitar Rp. 20.000-an.

7. Kain Pantai Bali (Sarung)

Sarung Balimemang punya motif yang sangat khas, mulai dari bunga-bunga sampai dengan motif abstrak berwarna warni.

Kain ini biasa juga disebut kain sarung pantai. Mungkin karena banyak dijual di pantai-pantai di Bali yah.

Biasanya, kalau kamu pergi ke tempat suci seperti Pura, kamu diharuskan memakai kain ini untuk menutupi aurat (biasanya kalau pakai celana pendek) sebagai wujud kesopanan.

Kalau kamu jago nego sama ibu-ibu di pinggir pantai, kamu bisa dapetin kain ini mulai dari harga Rp. 25.000-an loh. Tapi kalau kamu membeli di toko pusat oleh-oleh, harganya bisa mencapai Rp. 40.000-an

8. Batik Bali

Seperti daerah lain di Indonesia, Bali juga punya batik khas daerahnya sendiri. Kalau kamu ingin menghadiahi mereka yang kolektor batik, jangan lupa oleh-oleh ini.

Motif Batik khas Bali cukup unik dan sangat menjunjung tinggi budaya asalnya. Kamu bisa menemukan motif yang menceritakan kisah para dewa atau budaya tentang Pulau Dewata.

Harganya juga tergantung dari bahannya. Untuk bahan katun dan cap biasanya bisa kamu bawa pulang dengan harga mulai Rp. 60.000-an. Kalau yang levelnya lebih tinggi seperti batik tulis dengan bahan songket atau tenun, harganya bisa sekitar Rp. 300.000-an.

Bagaimana? Sudah siap dengan ide oleh-oleh khas Bali yang akan kamu bawa pulang? Jangan lupa jaga keselamatan dan kesehatan selama berlibur yha. Selamat berlibur.

Tags: , , , , ,

Berita Terbaru