budak korporat
Sumber: Freepik

Ada 6 Tipe Budak Korporat, Yuk Intip OOTD-nya Masing-Masing

Di lingkungan kerja manapun, pasti kamu akan bertemu tipe-tipe orang dengan karakteristik yang berbeda-beda. Bicara soal tipe-tipe orang di lingkungan kerja, istilah budak korporat sering kali terdengar dalam percakapan milenial dan gen z. Istilah yang satu ini merujuk pada individu atau kelompok yang berstatus sebagai karyawan di sebuah perusahaan.

Menurut KBBI, budak korporat berasal dari kata “budak” yang artinya adalah antek atau jongos, dan “korporat/korporasi” yang berarti perusahaan atau badan usaha. Istilah ini biasanya digunakan sebagai julukan bagi seseorang yang rela mengabdikan hidupnya di perusahaan tempatnya bekerja.

Penasaran kan, ada berapa tipe budak korporat, dan seperti apa OOTD-nya? Yuk, langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Inspirasi OOTD Budak Korporat Berdasarkan Tipenya

Berikut enam tipe budak korporat yang biasanya sering ditemui pada setiap perusahaan. Kalau kamu, termasuk tipe yang mana nih

1. Budak Korporat Si Paling Semangat

budak korporat
Sumber: Pinterest/emmajhill

Tipe yang pertama adalah karyawan kantoran yang penuh semangat. Bisanya, tipe yang satu ini akan sangat menyukai bekerja dalam tim dibandingkan bekerja sendiri. Tipe budak korporat yang satu ini juga biasanya merupakan individu yang banyak berbicara.

Karyawan dengan semangat penuh pun termasuk orang yang paling baik dalam hal memulai pekerjaannya, namun untuk membuatnya menyelesaikan sebuah pekerjaan, biasanya harus diberikan dorongan lebih. Ciri lain dari karyawan kantoran penuh semangat adalah sering melakukan hal-hal spontan, pemilik meja kerja yang berantakan, dan tipe orang yang mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan alias multitasking.

Inspirasi OOTD: kaos polos untuk dipakai ke kantor bisa terlihat keren dan profesional saat dipadukan dengan blazer. Perpaduan kaos dan blazer juga dapat memberikan kesan santai, namun tetap terlihat elegan. Kamu bisa menggunakan jeans hitam sebagai bawahan dan sneakers sebagai pelengkap. Outfit yang effortless satu ini sangat cocok bagi kamu yang suka gaya minimalis tapi tetap terlihat stand out di kantor.

2. Budak Korporat Si Sistematis

budak korporat
Sumber: Pinterest/Jean Wang

Konteksnya memang berbeda, namun tipe karyawan kerja kantoran sistematis kurang lebih memiliki cirri-ciri yang berlawanan dengan tipe penuh semangat. Tipe pekerja kantoran sistematis ini biasanya memiliki meja kerja yang rapi dan lebih suka terfokus pada satu pekerjaan saja sebelum melanjutkan ke pekerjaan yang selanjutnya.

Baca juga:  Ide Outfit Naik Gunung Wanita Hijab dan 3 Tips Memilihnya

Tipe karyawan kantoran sistematis juga cenderung lebih menyukai obrolan yang berfokus dan juga lebih suka untuk bekerja secara individu. Cara kerja seorang pekerja kantoran yang sistematis ini biasanya terlihat lebih rapi, tapi dalam hal pergaulan, seorang yang terlalu sistematis justru akan terlihat lebih kaku.

Inspirasi OOTD: model baju yang banyak dimiliki karyawan kantoran adalah blouse. Blouse kerap membuat penampilan terkesan serius, sehingga outfit yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang termasuk tipe sistematis. Supaya tidak terlihat terlalu kaku, coba padukan blouse berwarna netral dengan straight pants atau celana chino model lurus. Kalau kamu berhijab, bisa juga memadukannya dengan hijab berwarna senada supaya penampilan terlihat lebih menyatu.

3. Budak Korporat Si Antisosial

budak korporat
Sumber: Pinterest/streetcouture

Bagi seseorang yang suka bergaul, pasti akan heran ketika melihat orang yang antisosial dan berpikir bahwa mereka pasti merasa kesepian, padahal sebenarnya tidak sama sekali. Tipe karyawan yang satu ini memang lebih merasa puas menghabiskan waktu sendiri dan tidak akan kamu temui tipe yang satu ini di acara luar kantor.

Meskipun orang yang antisosial juga masih memiliki kemungkinan untuk bekerja dengan bagus, namun jelas karyawan kantoran yang satu ini akan sangat kesulitan dalam berkomunikasi dengan rekan kerja atau bekerja dalam tim.

Inspirasi OOTD: karyawan yang antisosial biasanya senang bergaya minimalis tanpa perlu ribet. Jika kamu termasuk salah satunya, kamu bisa mengenakan kemeja button-down warna putih dan celana jeans longgar. Kemudian, kamu juga bisa memadukannya dengan flat shoes berwarna gelap, lalu tinggal lengkapi penampilan yang minimalis dengan menggunakan tote bag berwarna coklat.

4. Budak Korporat Si Mikromanajer

budak korporat
Sumber: Pinterest/Fashion Closet

Apakah kamu adalah seorang pemimpin yang membawahi beberapa pekerja? Jangan-jangan, kamu termasuk dalam tipe mikromanajer. Mikromanajer adalah sebutan untuk para pemimpin yang mengawasi bawahannya dengan terlalu ketat. Seseorang yang berorientasi pada detail biasanya tanpa disadari akan sangat berpotensi menjadi seorang mikromananjer.

Tipe karyawan kantoran yang satu ini biasanya kurang disukai oleh orang-orang di sekitarnya. Jika kamu adalah seorang atasan, maka cobalah untuk bertanya pada bawahanmu tentang bagaimana mereka melihatmu, ya

Jika kamu terbukti sebagai seorang mikromanajer, maka sebaiknya mulai berubah dan berikan kepercayaan lebih dari sebelumnya pada bawahanmu.

Baca juga:  Inspirasi Gaya Fashion Vintage untuk Pria dan Wanita Muda Masa Kini

Inspirasi OOTD: kamu bisa mengedepankan tampilan easy dan sophisticated dengan menggunakan blouse yang ada aksen di bagian dada, dan celana high-waist. Tampilan ini akan membuat kamu tampak anggun dan elegan pada saat bekerja. Jangan lupa padukan dengan tas berwarna netral dengan brown sunglasses!

5. Budak Korporat Si Humoris

budak korporat
Sumber: Pinterest/coctail world

Tipe karyawan kantoran selanjutnya juga merupakan tipe orang yang pasti sudah sering kamu temui, atau bahkan kamu sendiri termasuk dalam tipe ini. Selalu ada saja orang yang dapat dengan mudah mencairkan suasana atau selalu bisa membuat candaan dari setiap hal ditemuinya.

Tipe pekerja humoris ini biasanya memiliki pribadi yang menyenangkan, tetapi tipe yang satu ini bisa sangat disukai atau bisa juga justru dibenci. Terkadang tipe karyawan kantoran humoris benar-benar lucu, tapi terkadang juga dapat ditemukan yang sebaliknya.

Inspirasi OOTD: kenakan setelan blazer-pants motif garis atau kotak-kotak untuk mengimbangi daya tarik sepatu casual. Untuk menghidupkan tampilan high-low, kamu bisa menggunakan sneakers yang berwarna terang dengan tas berwarna hitam untuk memberikan kesan keren dan anggun dalam sekali lirik. Kacamata jangan sampai ketinggalan, ya!

6. Budak Korporat Si Pemimpin

budak korporat
Sumber: Pinterest/d

Ada pula tipe karyawan kantoran yang sering disebut sebagai pemimpin. Biasanya, tipe yang satu ini sering ditemukan dalam sebuah kelompok. Seseorang yang memiliki jiwa pemimpin akan selalu menjadi pemimpin sekalipun untuk rekan kerja dengan posisi  yang sama.

Jika kamu termasuk tipe ini, artinya kamu merupakan pribadi yang selalu mendengarkan, mempercayai, mengagumi, dan menghormati. Karyawan kantoran tipe pemimpin ini juga selalu menganggap serius pekerjaannya dan bekerja dengan tekun. Antusiasme dalam bekerja kemudian akan menjadi inspirasi bagi rekan-rekan lainnya. Tipe pemimpin ini juga cenderung memiliki pemikiran yang dewasa dan bisa menjaga hidupnya selalu seimbang.

Inspirasi OOTD: untuk menciptakan office look yang lebih menarik dan tidak membosankan, kamu bisa memadukan kemeja, celana kulot, dan sneakers atau heels sebagai outfit ke kantor yang super stylish. Untuk menciptakan office look yang lebih elegan, coba padukan kemeja yang berwarna soft dengan celana motif garis warna monokrom sebagai bawahan. Lalu jangan lupa tambahkan pointed heels agar penampilan terlihat lebih classy

Bagaimana, kamu termasuk tipe budak korporat yang mana? Apa pun tipe karyawan yang kamu miliki, yang terpenting adalah tetap menjaga produktivitas ketika bekerja, ya!

Rishna Maulina

Add comment

Share