Jenis Permainan Outbound dan 10+ Tempat Terbaiknya di Jogja

outbound adalahSumber: Freepik

Kegiatan outbound sering diadakan oleh perusahaan sebagai bentuk refreshing para karyawan, yang biasanya dilakukan pada akhir atau awal tahun atau bersamaan dengan acara tahunan perusahaan. Outbound memang memiliki banyak sekali manfaat. Outbound adalah kegiatan di luar ruangan yang menggunakan metode experiential learning (belajar dari pengalaman) bermedia permainan. Dengan berbagai permainan yang akan dimainkan, maka semua peserta akan belajar memahami karakter antar individu dalam kondisi apapun.

Bisa dikatakan, outbound adalah metode pengembangan diri yang menarik dan menyenangkan. Mengapa demikian?

Bagi setiap perusahaan atau instansi yang melakukan kegiatan outbound pastinya memiliki tujuan masing-masing. Pada umumnya, tujuan outbound adalah sebagai terapi bagi peserta yang tidak punya kemampuan banyak bicara, minder, dan kurang percaya diri.

Outbound selalu mengedepankan permainan-permainan yang mampu menumbuhkan motivasi pada diri pesertanya. Pola permainan yang diadakan biasanya akan melibatkan kerja sama antar team ataupun masing-masing individu itu sendiri guna melatih pikiran dan aktivitas fisik yang memiliki nilai positif.

Jenis dan Contoh Permainan Outbound

outbound adalah
Sumber: Freepik

Permainan outbound dibedakan dalam beberapa jenis, di antaranya adalah permainan kekompakan, permainan konsentrasi, dan permainan ketangkasan. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya:

  1. Permainan kekompakan: Akan dibuat beberapa kelompok, lalu dirumuskan satu permainan atau tantangan yang bisa diselesaikan dengan kerja sama tim.
  2. Permainan konsentrasi: Tujuan dari permainan ini adalah untuk menyegarkan otak para peserta, di mana permainan dapat dilakukan di mana saja, tidak harus di alam terbuka.
  3. Permainan ketangkasan: Permainan ini biasanya akan lebih menyenangkan jika dilakukan di luar ruangan dan di tempat yang cukup luas. Misalnya, permainan yang melatih kecepatan dalam melakukan sesuatu, kekuatan, atau ketangkasan lainnya.

Berikut ini ada beberapa contoh permainan outbound yang bisa dijadikan sebagai referensi:

1. Putri Salju

Permainan Wajan Berair ini dilakukan secara berkelompok. Pada saat bermain, setiap kelompok akan diminta untuk membuat satu banjar dengan jumlah anggota masing-masing kelompoknya sama. Setiap orang akan diberikan alat yang sama, bisa wajan, piring, atau wadah-wadah lainnya seperti baskom, gelas, dan lain sebagainya.

Sebetulnya, prinsip dari permainan ini adalah untuk menguji ketangkasan dan menguji ketenangan para peserta, di mana mereka akan diminta untuk mengoper barang yang telah ditentukan dari yang paling depan sampai ke belakang.

Baca juga:  Fort Rotterdam, Situs Sejarah dan Budaya Tersohor di Makassar

Misalnya, orang yang ada di paling depan barisan akan diberikan tepung untuk selanjutnya diberikan secara berantai ke teman belakangnya. Ketika peserta tidak tenang dan hati-hati selama bermain, makan peserta akan banyak yang berlumur tepung. Itulah kenapa permainan outbound ini dinamai Putri Salju.

2. Blind Walk

Contoh berikutnya dari permainan outbound adalah Blind Walk yang juga dilakukan secara berkelompok. Setiap kelompok akan diuji kekompakannya, di mana mereka akan berbaris atau membuat banjar, dengan ketua kelompok yang ada di paling belakang. Nantinya akan ada aba-aba dari ketua yang mengarahkan peserta lainnya menggunakan kata-kata yang umum, seperti arah kanan dan kiri. Atau bisa juga dengan istilah lain yang memiliki arti tertentu. 

3. Pipa Bocor

Setiap kelompok akan diberikan pipa yang telah dilubangi, atau dengan kata lain diberikan pipa bocor yang di dalamnya disediakan bola plastik. Yang menjadi tantangannya adalah, membuat bola plastik itu bisa keluar dengan dorongan air. Jadi, setiap kelompok harus mengisi pipa dengan air hingga penuh, sehingga bisa membuat bola keluar. Setiap peserta juga dituntut untuk cekatan, cepat mengambil keputusan dan mengatur strategi, serta kompak untuk dapat menutup lubang-lubang yang ada. Dengan begitu, mereka mampu mengisi air hingga bolanya tampak di permukaan pipa.

5. Membawa Bola

Satu permainan yang juga bisa diaplikasikan untuk mengasah kerja sama, kekompakan, dan konsentrasi adalah permainan bola, yang merupakan satu dari sekian banyak permainan outbound yang ada. Setiap peserta akan dibagi menjadi kelompok, lalu akan diberikan seutas tali yang akan dipegang satu orang di setiap sisinya. Para peserta akan diminta untuk membuat lingkaran dan menumpuk tali mereka, dan di bagian tengah tumpukan tali akan diletakkan bola plastik. Lalu mereka harus berusaha untuk membawanya sampai garis finish yang telah ditentukan. Jika ada salah seorang yang tidak menarik talinya, maka sangat mungkin bola akan jatuh.

4. Oper Karet

Contoh permainan outbound lainnya yang bisa dicoba adalah oper karet, lebih tepatnya karet gelang yang dioper menggunakan alat, yaitu sedotan yang digigit oleh peserta. Setiap kelompok akan membuat banjar dan mereka akan mengoper karet satu per satu. Kelompok yang berhasil mengoper karet paling banyak akan menjadi pemenangnya.

Rekomendasi Tempat Outbound di Jogja

outbound adalah
Sumber: Freepik

Ada banyak sekali tempat outbound yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Khusus di Jogja, berikut ini rekomendasi terbaiknya:

Baca juga:  Wajib Tahu! 8 Fakta dan Hal Menarik Seputar Gunung Kembang

1. Ledok Sambi Outbound Kaliurang

Ledok Sambi menawarkan fasilitas outbound yang seru dan menantang. Setiap peserta bisa bermain flying fox, meniti jembatan tali, dan masih banyak lagi kegiatan seru lainnya. Berada di lereng Merapi, udara sejuk akan dirasakan di sana. Jadi, kamu bisa melepaskan penat dengan outbound dan menikmati sejuknya lereng Gunung Merapi!

2. Kali Boyong Camp

Kali Boyong Camp menyajikan tempat yang cocok untuk outbound bersama dengan keluarga, rekan kerja, atau rombongan sekolah. Tempat ini telah dirancang sebagai wahana outbound dengan jalur yang dinamis. Berlokasi di Sleman, Kali Boyong Camp ini menyuguhkan pemandangan sungai Mboyong dengan berlatar belakang Gunung Merapi yang memukau. Udara yang sejuk dan alam yang masih asri, sehingga akan memberikan ketenangan dan kenyamanan.

3. Pindul Adventure Park

Goa Pindul juga memiliki spot wisata yang bisa dijadikan sebagai tempat outbound dengan pemandangan yang indah dan eksotis. Setiap peserta bisa melakukan susur goa menggunakan ban karet. Kegiatan ini memang akan sangat menyenangkan ketika dilakukan oleh satu grup, cocok untuk kamu yang ingin outbound bersama rekan kerja, sahabat, atau keluarga.

4. Jogja Bay Pirates Adventure Park

Jogja Bay adalah waterpark terbesar di Indonesia, yang dilengkapi dengan 19 wahana bermain yang seru. Lokasi outbound di Jogja Bay dirancang khusus dengan konsep Amazing Race ala bajak laut. Jogja Bay Adventure Park ini beralamat di Jalan Utara Stadion Maguwoharjo, Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

5. Pantai Goa Cemara

Pantai tidak hanya terkenal dengan pasir dan indahnya laut saja, karena di Pantai Goa Cemara, kamu bisa melakukan kegiatan outbound yang menyenangkan. Menariknya, Pantai Goa Cemara ditumbuhi dengan tanaman cemara yang berbentuk lorong, sehingga kegiatan outbound di sini bisa dilakukan dengan banyak cara, berkemah, dan membuat permainan yang seru dan menyenangkan. 

Masih ada sederet tempat outbound yang bisa kamu pilih, beberapa di antaranya adalah:

6. Kaliboyong Camp Outbound, Pakem

7. Karangasri Outbound

8. Kalisuci Cave Tubing

9. Hutan Pinus Dlingo

10. Candi Prambanan

11. Pantai Sundak, Gunung Kidul

12. Kalikuning Park

13. Puncak Becici, Imogiri

14. Griya Persada Resort, Kaliurang

15. Sambi Resort & Spa, Kaliurang

16. Dolandeso Boro, Kulonprogo

Tidak bisa di pungkiri, outbound adalah pilihan tepat bagi semua kalangan dalam pengembangan diri yang fun, menarik, dan menyenangkan. Sedangkan tujuan penerapan metode outbound dalam pembelajaran ini adalah membentuk kelompok dalam permainan yang bisa memberikan peserta sebuah pengalaman baru.

Tags: , ,

Berita Terbaru