outfit jalan jalan

5 Ide Outfit Jalan-Jalan Simple dan Stylish, Kamu Harus Coba!

Siapa yang saat ini sedang prepare for holiday karena sudah banyak kawasan wisata lokal maupun mancanegara yang dibuka? Eits, tunggu dulu! Jangan lupa menyiapkan outfit jalan jalan yang tepat supaya kamu bisa tampil stylish dan tidak salah kostum, ya. Sebab, ada perbedaan outfit saat kamu berlibur ke pantai, gunung, objek wisata keluarga, dan lainnya. Baik itu lokasi maupun aktivitasnya, tentunya perlu pakaian yang tepat sehingga beraktivitas sepanjang hari tetap nyaman.

Misalnya untuk liburan ke pantai, pakaian yang paling penting adalah sederhana, bisa leluasa bergerak, dan melakukan berbagai aktivitas di pantai tanpa masalah. Bagi wanita, bisa memilih long dress yang berbahan satin atau kaos yang dipadukan dengan sepatu dan topi straw hat dari anyaman jerami. Lain halnya jika kamu berniat naik gunung. Tentu outfit-nya adalah pakaian gunung, seperti sweater dan celana gunung memiliki banyak kantong.

Bahkan jika kondisinya sangat dingin, maka bisa ditambahkan jaket tebal supaya kamu tidak mengalami hipotermia saat berada di puncak gunung. Jika hanya menginap di area pegunungan yang terbilang dingin, maka kamu harus memperbanyak membawa pakaian tebal, baik itu sweater, hoodie, atau baju kaos dengan bahan tebal, termasuk juga baju rajut. Sedangkan untuk celana, sebaiknya kamu memilih produk berbahan tebal juga seperti jeans, atau chino yang nyaman dan tidak terlalu ketat. Untuk lebih jelasnya, langsung saja intip ulasan selengkapnya di bawah ini, yuk!

Sebelum Memilih Outfit Jalan Jalan, Perhatikan 3 Hal Ini!

outfit jalan jalan

Berikut ini ada beberapa tips memilih outfit jalan jalan yang tak boleh dilewatkan. Simak dulu, sebelum nantinya bisa diimplementasikan agar bisa tampil stylish saat jalan jalan.

1. Pastikan Kamu Memilih Outfit yang Sesuai dengan Cuaca

Hal pertama yang wajib dipahami adalah, outfit yang cocok untuk pergi jalan jalan haruslah sesuai dengan cuaca. Kenapa? Sebab, menyesuaikan outfit dengan cuaca bertujuan untuk memastikan kamu tidak kerepotan dan bisa tetap nyaman. Misalnya, kamu memutuskan untuk jalan jalan saat musim hujan di area perkotaan, maka kamu perlu memakai baju yang hangat dengan bahan yang tidak mudah tembus air. 

Baca juga:  Fakta Unik Bucket Hat dan 4 Tips Mix and Match Outfit-nya

2. Sesuaikan dengan Tujuan Jalan Jalan

Tips selanjutnya, pemilihan outfit jalan jalan juga harus disesuaikan dengan tujuan. Hal ini penting, sebab salah memakai outfit bisa menciptakan bencana tersendiri untuk acara jalan jalanmu. So, memilih outfit memang harus tepat, perlu direncanakan dengan matang, dan tentunya wajib memerhatikan tujuan wisata atau lokasi jalan jalan. Jangan sampai, kamu justru menjadi pusat perhatian hanya gara-gara salah kostum, ya!

3. Perhatikan Kenyamanan Outfit Jalan Jalan

Kalau sudah disesuaikan dengan cuaca dan tujuan, maka tips selanjutnya adalah memilih outfit yang nyaman dan praktis. Outfit yang nyaman akan membuatmu menjadi lebih percaya diri. Pilih outfit yang memiliki desain kekinian dan simple, dan sesuaikan dengan gaya yang akan dipilih. Pilih baju, sepatu, hingga aksesoris yang memang akan membuat kamu merasa nyaman, ya. Sebaiknya hindari membawa aksesoris yang terlalu berlebihan. Selain lebih praktis dibawa, tujuannya juga agar outfit kamu terlihat lebih simple dan keren!

5 Inspirasi Mix and Match Outfit Jalan Jalan 

outfit jalan jalan

Kalau sudah tahu bagaimana tips memilih outfit jalan jalan, kamu pasti penasaran kan bagaimana cara mix and match outfit tersebut? Tenang, di bawah ini ada beberapa inspirasi outfit jalan jalan yang bisa kamu jadikan sebagai rekomendasi terbaik. Check this out

1. Outfit Serba Putih Cocok untuk Pria dan Wanita

outfit jalan jalan
Sumber: Pinterest/Ploykkk

Warna putih menjadi warna fenomenal dalam pemilihan outfit yang cocok untuk pria maupun wanita. Kamu bisa memilih atasan apa saja dengan warna putih, kemudian dipadukan dengan jeans warna putih juga. Untuk menambah kesan keren, kamu juga bisa menambahkan sepatu converse, topi, serta tas untuk menunjang gaya berpakaian menjadi lebih maksimal. 

2. Atasan Polos atau Motif, Keduanya Sama-Sama keren!

outfit jalan jalan
Sumber: Pinterest/Fashion Jackson

Inspirasi mix and match outfit jalan jalan yang satu ini juga patut dicoba. Atasan polos atau motif bisa dipilih dan disesuaikan dengan selera masing-masing. Atasan polos warna hitam bisa dipadukan dengan celana jeans. Jangan lupa tambahkan kacamata untuk meningkatkan rasa percaya diri. Bagi yang suka pakai rok, perpaduan antara atasan motif dengan rok plisket juga bisa jadi pilihan. Kamu bisa memilih warna rok yang lebih terang, atau bisa juga yang senada dengan warna atasan.

Sedangkan untuk pria, bisa memakai kemeja motif yang dipadukan dengan celana pendek warna senada atau netral. Dijamin, penampilan akan terlihat lebih santai tapi tetap keren maksimal. Selain itu, bisa juga memakai kaos lengan panjang, lalu dikombinasikan dengan celana cargo pendek, ditambah sneakers. Pasti cool, deh!

3. Tampil Simple dengan Outfit Monokrom 

outfit jalan jalan
Sumber: Pinterest/Emma Hill

Bagi kamu yang menyukai outfit jalan jalan simple, outfit monokrom akan menjadi pilihan yang paling tepat. Meskipun simple, tapi pilihan outfit yang satu ini akan membuat kamu terlihat modis. Nuansa monokrom ini biasanya identik dengan warna hitam, putih, atau abu-abu. Sebagai contoh, kamu bisa memilih rok warna hitam untuk dikombinasikan dengan kemeja putih, lalu pilih sepatu sneakers dengan warna yang kamu inginkan. Dijamin, outfit ini akan membuat penampilanmu menjadi lebih trendy. Tidak hanya itu, aksesoris seperti kacamata hitam, leather handbag warna netral, juga bisa ditambahkan untuk menunjang gaya kerenmu!

Baca juga:  Parfum Wanita Terbaik: Jenis Aroma yang Paling Disukai Pria

Outfit ini sangat cocok untuk dipakai saat jalan jalan ke mall atau sekadar meet up dengan teman-teman. Selain untuk wanita, outfit monokrom ini juga sangat cocok untuk pria. Dengan menggunakan outfit yang simple ini, rasa percaya diri otomatis meningkat!

4. Long Dress untuk Kaum Hawa

outfit jalan jalan
Sumber: Pinterest/zahrahrose

Kalau kamu suka tampil feminin, coba deh pakai outfit simple berupa long dress. Outfit jalan jalan yang satu ini cocok digunakan untuk wanita berhijab. Selain tampilannya yang modis, kebanyakan long dress juga hadir dengan warna soft. Ini akan membuat kamu terkesan lebih feminim, natural, dan kalem saat memakainya. Ditambah dengan penggunaan aksesoris tidak mencolok seperti kacamata, topi, dan sling bag, maka akan membuat kamu terlihat semakin menawan. 

Tapi, pastikan kamu memilih long dress yang sesuai ukuran tubuh, jangan terlalu mengikuti lekuk tubuh karena bisa membuatmu merasa tidak nyaman saat beraktivitas. Selain itu, pilihlah bahan yang menyerap keringat seperti katun supaya tidak membuat kamu cepat gerah, meskipun digunakan seharian. Long dress juga bisa dipadukan dengan sepatu sneakers untuk tampilan yang lebih stylish.

5. Tampil Santai dengan Sweater Favorit

outfit jalan jalan
Sumber: Pinterest/Fashion Jackson

Sweater yang menjadi andalan anak muda karena memiliki kesan yang santai ini juga bisa jadi pilihan yang tepat sebagai outfit jalan jalan. Tinggal padukan saja dengan kaos berkerah atau kemeja. Kalau kamu suka jalan-jalan ke puncak atau tempat dingin lainnya, tepat sekali jika memilih sweater sebagai outfit liburan. Sweater sangat mudah dipadukan dengan berbagai macam atau model bawahan, seperti celana berwarna cokelat atau hitam untuk memberikan kesan netral dan natural.

Menggunakan sweater saat beraktivitas di luar rumah juga akan memberikan kesan cool, meskipun gaya berpakain ini terbilang sederhana. Sejenis sweater yang bisa digunakan adalah jaket atau cardigan, yang tentunya bisa disesuaikan dengan kenyamanan dan selera masing-masing.

Bagaimana, inspirasi mix and match outfit jalan jalan di atas cukup mudah dipahami, bukan? Selamat membongkar isi lemari, dan ciptakan outfit yang super keren versi kamu! Dengan outfit yang tepat, dijamin momen liburan atau jalan jalan akan lebih seru dan berkesan.

Rishna Maulina

Share