Ide Outfit Naik Gunung Wanita Hijab dan 3 Tips Memilihnya

outfit naik gunung wanita hijabSumber: Instagram/khansa_summiters

Tidak hanya kalangan pria, para wanita juga banyak yang melakukan kegiatan naik gunung. Meskipun terbilang cukup menantang, namun kenyataannya memang banyak wanita hebat yang bisa mendaki hingga ke puncak-puncak gunung di Indonesia. Bagi wanita hijab, naik gunung merupakan sebuah tantangan terbesar, sehingga diperlukan outfit naik gunung wanita hijab yang benar-benar nyaman supaya bisa sampai di puncak tanpa kendala. 

Butuh inspirasi outfit naik gunung untuk wanita hijab? Sebenarnya, outfit naik gunung wanita sama saja dengan pria, di mana yang paling penting adalah celana dan jaket gunung. Sedangkan untuk alas kaki, utamakan pakai sepatu dan sebaiknya hindari sandal saat naik gunung. Kenapa? Sebab, penggunaan sepatu gunung terbukti akan memberikan perlindungan yang lebih dalam pendakian ketimbang sandal gunung. Jangan lupa untuk memilih sepatu yang desainnya khusus untuk naik gunung, ya!

Selanjutnya, tinggal lengkapi outfit naik gunung wanita hijab dengan jilbab yang nyaman, topi, hingga sarung tangan dan kacamata, deh. Jadi, kegiatan naik gunung akan terasa semakin nyaman dan tentunya juga aman. Untuk mengetahui inspirasi dan tips memilih outfit naik gunung wanita hijab selengkapnya, yuk cek ulasan di bawah ini!

Inspirasi Outfit Naik Gunung Wanita Hijab

outfit naik gunung wanita hijab
Sumber: Instagram/khansa_summiters

Berikut ini ada beberapa inspirasi outfit naik gunung wanita hijab yang bisa kamu contek. 

  • Pilih jaket windbreaker yang tahan air agar jaket tidak lembap di dataran tinggi. Selain itu, memilih windbreaker yang memiliki lapisan lagi di dalamnya juga penting, sehingga dapat memberikan efek hangat ketika kamu menggunakannya. Sebab, beberapa windbreaker memiliki lapisan yang tipis hanya sekadar anti-air, tapi tidak ada lapisan di dalamnya yang memberikan rasa hangat. Windbreaker dengan lapisan dalam ini juga bisa menjadi jaket yang stylish juga untuk kamu gunakan. 
  • Kemeja flanel juga bisa jadi outfit yang simple tapi terlihat trendi. Kemeja flanel yang cukup tebal, hangat, tapi tidak akan membuatmu kegerahan ini akan jadi pilihan tepat digunakan di siang hari. Ketebalannya akan membuat tubuh tidak cepat kedinginan, sekaligus melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang cukup terik di gunung saat siang hari. Cukup bawa satu buah kemeja flanel untuk digunakan sebagai luaran di pagi hari, ya
  • Atasan turtleneck juga bisa jadi pilihan, karena model ini mampu menghangatkan bagian leher. Pilih turtleneck berwarna gelap sebagai dalaman untuk menjaga tubuh tetap hangat. Kemudian, kamu juga bisa melapisinya lagi dengan sweater jika dibutuhkan. 
  • Hindari menggunakan celana jeans ketika mendaki, tapi sebaiknya gunakan celana yang longgar. 
  • Track pants yang stylish juga bisa jadi pilihan, daripada menggunakan legging yang akan memperlihatkan lekuk kaki. Jenis celana ini juga tidak kaku sehingga akan lebih mudah mengikuti gerakan kaki, dan bahannya juga lebih tebal dibandingkan legging untuk mencegahmu kedinginan. Celana ini juga sangat nyaman digunakan untuk tidur, karena bagian pinggangnya menggunakan karet bukan kancing yang akan membuat kamu lebih bebas bergerak.
  • Pilih jilbab yang paling nyaman supaya kamu tidak terganggu ketika naik gunung. Supaya lebih praktis, kamu bisa pilih jilbab instan. 
Baca juga:  Tips dan Trik Padu Padan Fashion Korea yang Bisa Dipakai di Indonesia

Tips Memilih Outfit Naik Gunung untuk Wanita

outfit naik gunung wanita hijab
Sumber: Instagram/arafahrianti

Berikut ini ada beberapa tips memilih outfit naik gunung wanita hijab yang tidak boleh dilewatkan, supaya kamu bisa tampil stylish

1. Perhatikan Konsep Layering

Layering system adalah sistem lapisan pakaian yang digunakan pada saat berkegiatan di luar ruang, yang bertujuan untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat, nyaman, serta kering pada saat beraktifitas. Pada umumnya lapisan yang dibutuhkan terdiri dari tiga lapisan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Lapisan dasar (base layer): berfungsi untuk menjebak panas tubuh supaya tetap hangat dan untuk menyerap keringat namun cepat kering. Bahan yang digunakan biasanya adalah polyester (sintetis) atau morino wool (alami).
  • Lapisan tengah (mid layer): berfungsi sebagai penghangat, di mana bahan yang digunakan adalah fleece, lapisan penghangat sintetis (synthetic down), serta lapisan penghangat alami (organic down).
  • Lapisan luar (outer layer): berfungsi untuk melindungi dari cuaca seperti hujan (contohnya raincoat), berangin (windbreaker), dan di kondisi lainnya (jaket jenis hardshell dan jaket waterproof).

Pemakaian lapisan harus disesuaikan dengan kondisi cuaca dan suhu sekitar. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui kondisi cuaca dan suhu yang akan dituju, supaya perlengkapan yang dibawa tidak over atau under kapasitas.

2. Pilih Outfit dengan Perpaduan Warna Menarik

Perlu diketahui, bahwa sebenarnya tidak ada aturan untuk warna outfit naik gunung wanita hijab. Hanya saja, supaya penampilan terlihat semakin stylish dan menyatu dengan alam, kamu bisa memilih warna-warna tanah seperti warna hitam, cokelat, hijau army atau hijau emerald, hingga abu-abu. Selain itu, kamu juga bisa memilih warna yang bold tapi tetap kalem dan terkesan netral, seperti merah marun, biru dongker, atau oranye.

Baca juga:  Futuristik! Yuk Intip Eksterior dan Interior Mobil Tesla Model X

Kalau kamu tertarik dengan warna yang lebih terang lagi, tidak dilarang juga, kok! Tapi, akan lebih pas kalau kamu memilih warna basic, seperti merah, biru, hingga kuning, ya! Pasalnya, warna-warna tersebut meskipun cerah namun tidak terkesan berlebihan. Pemilihan warna yang mencolok juga tidak masalah juga, asalkan kamu pandai memadukannya.

Salah satu kelebihan penggunaan warna cerah sebagai outfit naik gunung wanita hijab adalah tidak mudah menyerap panas, berbeda dengan warna gelap yang cenderung menyerap panas secara lebih mudah. Jadi, jika kamu berada di gunung siang hari dan cuaca panas, baju berwarna cerah tidak akan terlalu membuat gerah. 

3. Pilih Outfit Naik Gunung dengan Aksesoris yang Tepat

Aksesoris untuk outfit naik gunung wanita hijab ada bermacam-macam. Namun, yang tidak boleh dilewatkan selain jilbab adalah topi atau beanie, kacamata, dan sarung tangan. Meskipun sudah mengenakan jilbab, namun aksesoris tambahan seperti topi akan melindungi kamu dari paparan sinar matahari, supaya sinarnya tidak langsung mengenai wajah. Sedangkan topi model beanie dengan desain yang dilengkapi dengan penutup telinga, tentunya bisa melindungi kamu dari udara dingin.

Sementara sarung tangan, fungsi utamanya adalah untuk melindungi kamu dari hawa dingin. Mengingat udara dingin mudah masuk ke dalam tubuh melalui telapak tangan, seperti ketika matahari terbenam atau pagi-pagi sekali di gunung, kamu memang perlu mengenakan sarung tangan supaya tangan tetap hangat. Selain itu, kamu pun bisa memakai bandana untuk dijadikan syal yang menutupi leher supaya tetap hangat. Selain itu, bandana juga bisa digunakan sebagai masker sehingga akan melindungi wajah dari debu sekaligus udara dingin. 

Bagaimana, sekarang sudah tidak bingung lagi dalam menentukan outfit naik gunung wanita hijab, bukan? Selamat membongkar isi lemari, dan mulai mix and match outfit naik gunung yang kamu banget! 

Tags: , , ,

Berita Terbaru