padu padan warna
Padu padan warna pakaian (Sumber: Pinterest)

Pemilihan Padu Padan Warna untuk Outfit Jalan-jalanmu!

Banyak orang memilih warna hitam, putih, abu-abu atau warna netral lainnya untuk padu padan warna busana mereka. Alasannya karena menyukai warna soft dan netral, tidak percaya diri menggunakan warna cerah, hingga tidak tahu cara memadukan berbagai warna agar tidak terkesan norak. Warna-warna gelap dan netral memang memberi kesan tersendiri dalam penampilan, namun tidak ada salahnya untuk sesekali berpakaian dengan warna cerah.

Jangan takut salah kostum atau tidak percaya diri. Ada cara untuk padu padan tiap warna untuk memberi kesan segar, energik dan menarik pada busanamu. Mau tahu caranya? Simak tips dan trik memilih warna untuk outfit berikut ini!

padu padan warna
Sumber: Pinterest

7 Tips Padu Padan Warna Outfit Jalan-Jalan

1. Monokromatik

padu padan warna
Sumber: Pinterest

Jika pencampuran warna membuatmu khawatir dan tidak percaya diri, mulailah dengan menggunakan satu warna pada busanamu. Gaya monokrom ini adalah cara termudah untuk tampil fresh dengan warna cerah atau pastel. Kamu bisa gunakan baju one-set atau padukan atasan dan bawahanmu dengan warna yang senada. Misalnya seperti memadukan warna peach, salmon dan coral atau warna lain dengan tone warna yang mirip.

Baca juga:  Serba-serbi Makanan Sehat yang Menjadi Tren di Kota Besar

2. Warna Netral, Namun Bukan Warna Dasar

padu padan warna
Sumber: Pinterest

Kebanyakan orang menganggap warna krem, cokelat, hitam, dan abu-abu adalah warna netral. Namun ternyata banyak warna lain yang termasuk ke dalam kelompok warna netral seperti warna perak atau logam. Mengenakan warna emas, perak, dan warna logam lainnya akan membuat pakaian lebih menyenangkan. Kamu bisa padukan pakaian mengkilapmu dengan warna pop untuk penampilan berani.

3. Warna Primer

padu padan warna
Sumber: Pinterest

Jika ingin mencoba mencampurkan warna pada pakaian, mulailah dari warna primer terlebih dahulu seperti biru, merah, dan kuning. Kamu bisa gunakan satu warna primer untuk tampilan monokrom atau memadukan 2 atau 3 dari warna pilihan dua warna tersebut.

4. Warna Analog

padu padan warna
Sumber: Pinterest

Nuansa warna hampir senada atau serupa adalah arti dari campuran warna analog. Secara umum warna analog akan tampak cocok dan seperti saling melengkapi saat dipadukan bersama. Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan paduan warna ungu dan pink, jingga dan kuning, jingga dan merah, atau merah dan pink.

5. Warna Kontras

padu padan warna
Sumber: Pinterest

Warna kontras adalah warna yang berseberangan. Perpaduan warna ini mungkin lebih berani dari paduan warna lainnya. Namun tak perlu khawatir, bila merasa kurang percaya diri mengenakan warna kontras yang cerah maka kamu bisa menggantinya dengan warna pastel yang kontras. Warna cerah namun dalam tampilan yang lebih lebih bisa jadi solusi untukmu yang ingin mencoba berani dalam pencampuran warna pada outfit.

6. Triadic (Tiga Warna)

padu padan warna
Sumber: Pinterest

Jika dilihat dalam roda warna, skema triadic ini akan membentuk segitiga sama sisi yang membentuk perpaduan warna kontras. Ide penggabungan tiga warna dalam mix and match cocok untuk kamu yang menginginkan tema colourful.

Baca juga:  8 Tips Bersosialisasi untuk Kamu yang Introvert!

7. Tetradic (Empat Warna)

padu padan warna
Sumber: Pinterest

Jika kamu ingin lebih banyak warna, cobalah untuk menggunakan skema tetradic! Skema ini menggabungkan dua warna complementary yang menghasilkan perpaduan empat warna. Kamu akan terlihat ceria jika menerapkan skema ini dalam outfit kamu.

Itulah teori skema warna yang bisa kamu jadikan referensi dalam mix and match outfit kamu sehari-hari. Outfit yang berwarna cerah dapat memberi penampilan dengan kesan energik, asik, dan segar. Mulailah mencoba memadukan outfit-mu dengan warna yang bukan golongan warna netral atau dasar untuk tampil berani. Tips warna manakah yang cocok untuk keseharianmu?

Mia Atika

Add comment

Share