Daya Tarik 8+ Pantai Laut Selatan Jawa yang Perlu Kamu Tahu!

Apa yang kamu pikirkan jika mendengar kata Laut Selatan? Betul, Laut Selatan identik dengan mitos atau legenda Nyi Roror Kidul, sang penguasa Laut Selatan. Meskipun begitu, pantai-pantai di Laut Selatan menawarkan daya tarik tersendiri bagi siapapun yang ingin mengunjunginya. Beberapa mitos yang beredar di masyarakat antara lain tidak boleh memakai pakaian berwarna hijau dan lainnya.

Perlu kamu ketahui, pantai-pantai yang ada di bagian selatan Pulau Jawa meliputi berbagai daerah. Mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga Jawa Timur. Kondisi pantainya pun beragam, mulai dari pasir putih hingga pasir hitam. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai 10 pantai di Laut Selatan Jawa, simak informasinya berikut ini, ya!

pantai laut selatan, pantai ngrenehan, yogyakarta
Sumber: Pinterest

10 Pantai Laut Selatan Jawa dan Daya Tariknya

Berikut informasi mengenai 10 pantai yang ada di bagian selatan Pulau Jawa, mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur.

Jawa Barat

1. Pelabuhan Ratu

pantai laut selatan, pantai pelabuhan ratu sukabumi
Sumber: Pinterest

Pantai ini terletak di Kabupaten Sukabumi. Untuk menjangkau destinasi ini, kamu perlu menempuh jarak sekitar 60 kilometer atau 2 jam dari pusat kota Sukabumi. Pesona alamnya sungguh indah dan mempesona! Ombaknya cukup tinggi, sehingga sering digunakan untuk berselancar. Ada berbagai titik foto Instagramable di sini. Tebing karang yang terkenal maupun panorama langit jingga di sore hari bisa dijadikan latar belakang fotomu agar semakin kece!

2. Santolo

pantai laut selatan, pantai santolo garut
Sumber: Pinterest

Pantai Santolo terletak di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Destinasi ini cukup populer di kalangan masyarakat setempat dan sekitarnya. Bagaimana tidak, Pantai Santolo menyajikan panorama laut lepas yang memukau, ditemani dengan suara deburan ombak, angin semilir lautan dan pasir putih yang membentang luas. Sangat cocok jika kamu mengunjungi tempat ini bersama dengan keluargamaupun teman-teman.

Baca juga:  8 Oleh-Oleh Khas Bali Terfavorit dan Terjangkau

Jawa Tengah

3. Sembukan

pantai laut selatan, pantai sembukan
Sumber: Pinterest

Pantai Sembukan terletak di Dusun Sembukan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Suara deburan ombaknya akan terdengar jelas saat kamu memasuki wilayah pantai ini. Bukit karang yang ada juga menambah spot foto bagi berbagai wisatawan, baik lokal maupun internasional. Saat mampir ke Pantai Sembukan, kamu tidak boleh lupa mengabadikan momenmu! Destinasi wisata satu ini akan membuat teman-temanmu iri dan ingin mampir juga!

4. Menganti

pantai laut selatan, pantai menganti kebumen
Sumber: Pinterest

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Jarak tempuh pantai ini sekitar 40 km dari kecamatan Gombong ke arah selatan. Bentang alam berbukitan berupa tebing karst membuat pantai yang memiliki pasir putih ini semakin menyejukkan mata kita. Di samping kejernihan air lautnya dan pasir putih yang dimiliki, mata kita juga disuguhkan pemandangan di atas tebing yang menawan dan juga dapat menikmati spot sunrise dan sunset ditambah dengan fasilitas lainnya seperti jembatan merah yang sangat menarik bagi yang suka berfoto.

Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Glagah

pantai laut selatan, pantai glagah kulonprogo
Sumber: Pinterest

Lokasi Pantai Glagah berada di Kecamatan Temon, Kulon Progo kira-kira 10 Km dari kota Wates dan kurang lebih 2 km dari jalan raya Lintas Selatan Jawa. Untuk retribusi wisata ini, pengunjung dikenai biaya Rp. 6.000,- per orang. Di pantai ini terdapat tetrapod yang merupakan pemecah ombak, kawasan gumuk pasir dengan rumput grinting, dan laguna Glagah yang sangat luas terhampar untuk aktivitas perahu wisata, olah raga kano, kayak, berenang atau memancing. Selain itu juga ada agrowisata buah naga, melon, semangka dan cabai yang dikelola oleh masyarakat. Pantai Glagah menjadi Muara Sungai Serang yang sekaligus pintu masuk ke Pelabuhan Ikan Tanjung Adi Karta.

6. Parangtritis

pantai laut selatan, pantai parangtritis bantul
Sumber: Pinterest

Lokasi wisata ini berada di Kabupaten Bantul. Kamu bisa mencapai pantai ini dengan menempuh jarak sekitar 27 kilometer dari Kota Yogyakarta. Panorama pasir pantai yang membentang luas akan memanjakan matamu. Pantai ini banyak dikunjungi wisatawan lho. Tak hanya lokal, tapi juga wisatawan internasional. Kamu pun bisa bermain air sembari menunggu sunset dari horizon laut lepas. Selain itu, kamu juga bisa menikmati makanan boga bahari yang tersedia di warung-warung dalam pantai.

Baca juga:  Kawah Ratu, Potongan Surga di Kaki Gunung Salak

7. Timang

pantai laut selatan, pantai timang gunungkidul
Sumber: Pinterest

Jika kamu pecinta reality show Running Man asal Korea Selatan, ada salah satu episode dimana para anggota tim mengunjungi salah satu pantai di Indonesia. Yup, pantai itu terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Di pantai ini, kamu bisa menantang adrenalinmu dengan naik kereta gantungnya yang ikonik. Kereta gantung itu akan mengantarmu ke batu karang di tengah laut. Tarif naik kereta gantung ini terbilang cukup mahal, yakni Rp150 ribu untuk perjalanan pulang pergi. Namun, setidaknya kamu punya pengalaman itu sekali seumur hidup kan?

Jawa Timur

8. Papuma

pantai laut selatan, pantai papuma
Sumber: Pinterest

Pantai Papuma berada di Kecamatan Ambulu, Jember, Jawa Timur. Namanya cukup dikenal masyarakat Jawa Timur karena keindahannya bikin betah liburan. Ombaknya cukup besar, tetapi tidak untuk berselancar. Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba menaiki perahu nelayan untuk merasakan pengalaman diombang-ambingkan ombak laut. Beberapa batu karang yang khas turut mempercantik pantai ini.

9. Pulau Merah

pantai laut selatan, pantai pulau merah
Sumber: Pinterest

Pantai ini berlokasi di Desa Sumberagung, Pesanggrahan, Kabupaten Banyuwangi. Kamu dapat menuju pantai ini dengan berkendara selama kurang lebih 2,5 jam dari pusat kota. Awalnya, pantai ini dikenal dengan nama Ringin Pitu. Kemudian, penduduk setempat menamainya Pulau Merah karena warna kemerahan pada tanah dan pasirnya. Pada tahun 2013 silam, terdapat sebuah kejuaraan selancar dunia yang diikuti oleh peselancar dari 20 negara yang diadakan di pantai ini. Terbayang kan, kualitas ombaknya seperti apa?

10. Klayar

pantai laut selatan, pantai klayar
Sumber: Pinterest

Pantai Klayar berjarak 45 kilometer di barat Pacitan, Jawa Timur. Laguna jelita yang diapit bukit karang tersebut memiliki batu karang yang berbentuk seperti sphinx di Mesir. Wisatawan bisa naik ke atasnya untuk menikmati pemandangan sekitar. Ombak yang datang bergulung-gulung ke bibir pantai akan menimbulkan bunyi seperti siulan dan sesekali menyembur ke udara dengan ketinggian 10 meter. Inilah yang disebut sebagai air mancur Pantai Klayar yang diyakini masyarakat sebagai obat awet muda.

Walau menyimpan cerita mistis, tapi daya tarik pantai Laut Selatan sangat indah sehingga menarik banyak pelancong dari berbagai daerah di Indonesia ataupun mancanegara. Sangat indah, bukan? Kamu akan menikmati liburan sambil memandang panorama laut lepas yang oke punya.