Berburu Sunrise Terindah di Pantai Lovina

Pantai Lovina dikenal sebagai salah satu pantai yang sering dikunjungi lumba-lumba di Indonesia. Kebearadaan lumba-lumba inilah yang jadi salah satu daya tarik utama pantai ini.

Dulunya, Pantai Lovina lebih dikenal dikalangan wisatawan asing. Karena suasana-nya yang menenangkan, turis asing semaking betah untuk berkunjung ke Pantai Lovina ini. Pada akhirnya, Pantai Lovina ini berkembang menjadi objek wisata di bagian utara Bali yang dapat dikunjungi semua kalangan.

Sebelum berkunjung ke Pantai Lovina, ada baiknya nih kamu ketahui dulu apa aja yang ada di Pantai ini.

Lokasi dan Rute Menuju Ke Pantai Lovina

Ini yang paling penting, tentunya kamu harus tahu dulu lokasi Pantai Lovina berada. Pantai Lovina ini berada di desa Kalibukbuk, kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Pantai Lovina ini berjarak sekitar 10 kilometer dari kota Singaraja atau sekitar 20 menit perjalanan. Jika kamu berangkat dari Kuta, akan menempuh waktu 2 jam 53 menit atau sekitar 89 kilometer.

Selain itu, dari Denpasar ke Pantai Lovina akan menempuh waktu 2 jam 31 menit atau sekitar 81 kilometer.

Untuk rutenya, jika kamu berangkat dari Singaraja, kamu bisa mengambil Jl. Ahmad Yani menuju Jl. Singaraja lalu ke Seririt. Setelah itu kamu akan menemukan papan jalan yang bertuliskan Pantai Lovina.

Baca Juga: Pemandian Air Panas Cisolok, Keindahan Alami dari Sukabumi

Harga Tiket Masuk Pantai Lovina

Bagi kamu yang ingin menikmati pesona dari objek wisata ini, tidak harus membayar harga tiket masuk. Hanya cukup membayar biaya parkirnya saja untuk mobil sebesar 10 ribu rupiah dan motor sebesar 5 ribu rupiah.

Tetapi, bagi yang ingin menikmati sajian utama dari objek wisata ini maka, kamu wajib merogoh kocek sebesar 150 ribu hingga 200 ribu rupiah.

Baca juga:  7 Rujak Buah Terenak di Jogja, Sudah Pernah Kemana?

Fasilitas yang di dapat pun cukup mumpuni yaitu perahu dan pengemudi yang akan membawa kamu menuju ke objek wisata. Kemudian, sarapan pagi, jaket, dan pelampung. Bila kamu tidak menginginkan sarapan pagi maka hanya perlu membayar 110 ribu rupiah hingga 150 ribu rupiah saja.

Waktu terbaik untuk melihat lumba-lumba adalah pada pagi hari yaitu pukul 6 pagi hingga pukul 7.30 pagi. Sehingga diharapkan pada pukul 5 pagi kamu sudah sampai di pantai untuk breafing.

Daya Tarik Pantai Lovina Bali

Berikut hal yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke sini:

1. Melihat Atraksi Lumba-Lumba

pantai lovina
Sumber: Topwisata

Daya Tarik utama dari Pantai Lovina Bali adalah atraksi lumba-lumba yang benar-benar terlihat sangat mengesankan dan hanya ada di sini saja.

Menariknya lagi, hewan yang memiliki tingkat kecerdasan tingkat tinggi ini dilindungi oleh pemerintah. Sehingga, tidak ada satu pun yang berani untuk mengambilnya atau membunuhnya.

Letak melihat lumba-lumba berada di tengah laut. Jangan lupa untuk membawa kamera agar kamu bisa mengabadikan mereka ke dalam foto dan juga gambar. Waktu terbaik yang disarankan bagi kamu adalah musim kemarau atau sekitar bulan april hingga oktober.

Dimana, lumba-lumba ini akan berenang kesana-kemari. Seperti sebuah perlombaan dan dijadikan sebagai sajian yang memang selalu bisa memikat hati para penontonnya. Loncatannya yang indah juga menjadikan hiburan tersendiri yang tidak pernah membosankan.

2. Snorkeling

pantai lovina
Sumber:Pixabay

Selain bisa menikmati lumba-lumba yang bisa diibaratkan berlari-larian kesana-kemari. Ada spot lain yang juga bisa dijadikan alternatif bila kamu kesiangan bangun. Di mana, Lokasi wisata Pantai Lovina alam bawah laut pantai Lovina ini memang menggoda untuk dijelajahi.

Ada berbagai macam terumbu karang yang bisa kamu nikmati beserta dengan ikan-ikan hias yang lucu nan menggemaskan. Karangnya cukup banyak dan beragam sehingga, kamu akan betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Baca juga:  Daya Tarik 8+ Pantai Laut Selatan Jawa yang Perlu Kamu Tahu!

Bagi yang ingin menikmati spot snorkeling ini bisa menyewa peralatannya kurang lebih 60 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah. Harga ini sudah lengkap dengan berbagai peralatan yang mumpuni seperti pelampung, jaket, kacamata. dan sepatu yang nyaman untuk menyelam.

Selain itu, kamu juga akan dipinjami kamera bawah laut dengan kualitas tinggi sehingga, tidak akan kehilangan momen indah saat menyelam di sini.

3. Sunrise Terbaik di Pulau Dewata

pantai lovina
Sumber: grid.id

Apa yang selalu kamu nanti saat berkunjung ke pantai? Pastinya adalah senja tenggelam dengan nuansa berbeda dan menghadirkan keindahan yang nyata. Tetapi, saat berkunjung ke objek wisata ini kamu akan disuguhkan dengan sajian sang fajar yang benar-benar mempesona.

Untuk mendapatkan momen tersebut kamu bisa berkunjung pada pukul 5 pagi hingga pukul 6 pagi. Pada waktu yang bersamaan kamu juga bisa menikmati pesona lumba-lumba sehingga makin sempurna keindahan yang bisa kamu rasakan karena saat momen sunrise kamu bisa berada di kapal tradisional nelayan di tengah samudra.

Bila kamu beruntung lagi, kamu bisa menikmati indahnya lumba-lumba yang sedang bermain saat fajar benar-benar sedang naik dan memberikan warna emasnya nan menawan hati. Sungguh, sebuah penalaman yang akan sulit dilupakan.

4. Mencari Ikan di Tengah Laut

pantai lovina
Sumber: BP guide

Memancing di tengah laut memang sangat menyenangkan. Apalagi, bila memancing di temani dengan nelayan dan menggunakan perahu tradisional mereka. Kamu bisa menyewa sebuah perahu dengan harga 70 ribu rupiah hingga 150 ribu rupiah untuk 4 hingga 5 orang.

Rasakan sensasi memancing di tengah laut mendapatkan ikan yang berukuran kecil hingga yang sangat besar. Tinggal bagaimana kesabaran kamu menunggu kedatangan ikan ini.

5. Melihat Pertunjukan Musik

pantai lovina
Sumber:Pixabay

Terakhir yang bisa kamu nikmati di Pantai Lovina adalah melihat pertunjukkan musik yang tersedia di berbagai macam cafĂ© yang ada di sekitar pantai tersebut. Selain bisa menikmati alunan musik yang menggugah selera, kamu juga bisa menikmati berbagai macam menu makanan dan minuman terutama kopinya yang siapa pun pasti tahu bila Bali mempunyai cita rasa kopi yang nikmatnya sudah mendunia. Harganya pun tidak terlalu mahal dan ramah di kantong. 

Bagimana? Sudah siap berpetualang di Pantai Lovina? Jangan lupa untuk tetap mematuhi prosedur kesehatan ya.