Intip Keindahan Pantai Pasut di Tabanan, Bali!

Banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di Bali. Pemandangan alamnya yang sungguh eksotis dan menawan, menarik banyak wisatawan lokal dan mancanegara. Salah satu pantai yang pantas kamu kunjungi adalah Pantai Pasut. Lokasinya berada di Kabupaten Tabanan, Bali.

Jika kamu ingin mencari pantai dengan suasana yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan, pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi. Perpaduan lautnya yang indah beserta dengan pohon-pohon kelapa yang ada dibelakangnya membuat suasana semakin alami. Bukan hanya itu saja, pantai ini juga mampu menawarkan beberapa aktivitas menarik, lho. Penasaran, kan? Yuk, cek beberapa informasinya di bawah ini!

pantai pasut
Sumber: Info wisata Tabanan

Keindahan Alam Pantai Pasut

Berada di Pantai Pasut ini, kamu akan disuguhkan pemandangan menawan dari perpaduan suasana alam segar dengan pasir hitam yang lembut. Pada sisi-sisi pantai ini juga tidak terdapat perbukitan, sehingga kamu dapat menikmati pemandangan pantai dengan lebih luas. Selain memiliki banyak pohon kelapa yang asri, pantai ini juga memiliki air laut yang bersih dan jernih. Hal ini pastinya akan semakin membuatmu merasa nyaman saat sedang bermain-main air atau berenang di kawasan pantai.

Pantai ini memiliki Pura Segara yang berada di sekitaran kawasan pantai, sehingga menjadi daya tarik khusus yang ada di kawasan pantai. Ada pula sebuah muara Sungai Yeh Po yang seringkali dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk menjadi tempat perlombaan perahu tradisional atau sampan. Muara sungai ini juga memiliki panorama alam yang begitu asri.

Informasi Wisata

1. Rute Menuju Lokasi

Pantai Pasut berada di Desa Tibubiyu, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali. Pantai ini dapat ditempuh dari Kota Tabanan kurang lebih 14 km. Jika kamu pergi dari Bandara Internasional Ngurah Rai, kamu bisa menempuh perjalanan dengan kendaraan roda empat kurang lebih 1,5 jam. Kira-kira berjarak 34 km dari Kota Denpasar.

Baca juga:  6 Ide Aktivitas Seru Menuju Puncak Mega yang Eksotis

2. Harga Tiket Masuk

Obyek wisata bahari ini belum memberlakukan retribusi atau biaya masuk bagi penunjung. Tempat wisata ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata Bali yang ramah di kantong. Ketika berlibur ke pantai ini Anda hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan sekitar Rp 2.000,- sampai Rp 5.000,-

3. Fasilitas

pantai pasut
Sumber: iStockPhoto

Untuk menunjang sarana dan prasarana pariwisata di Pantai Pasut, warga setempat dan pemerintah daerah setempat melengkapi segala fasilitas yang ada di pantai ini. Meskipun masih cukup sepi pengunjung, namun Pantai Pasut menyediakan fasilitas yang lengkap. Beberapa fasilitas lengkap yang ada di pantai ini antara lain kamar mandi, toilet, tempat penyewaan alat pancing dan snorkeling, hingga lahan parkir yang luas.

Jika kamu berencana menginap di pantai ini, di sekitaran pantai ada banyak sekali lokasi penginapan yang bisa dipilih. Di kawasan pantai ini terdapat warung warung makanan yang menawarkan berbagai macam hidangan nusantara. Menu makanan yang sering diburu oleh para pengunjung pantai ini ialah olahan makanan seafood yang rasanya tidak kalah dengan menu menu pada restoran seafood terkenal. 

Rekomendasi Aktivitas

1. Menikmati Suasana Pantai

Menyajikan suasana alam yang begitu tenang, membuat pantai ini cocok untuk bersantai dan menjauhkan diri dari kebisingan. Menikmati keindahan alam dari tepi pantai dapat menjadi pilihan kegiatan yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke objek pantai indah ini. Suasana yang disuguhkan pasti bisa membuat pikiranmu lebih tenang.

2. Wisata Budaya

Kamu bisa melihat kehidupan dan kegiatan nelayan yang berada tidak jauh dari pantai. Para nelayan ini ialah masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan pantai, mereka memanfaatkan kekayaan alam yang ada dengan bekerja sebagai nelayan. Selain itu, kamu juga bisa menikmati wisata religi di Pura Segara yang masih masuk dalam area pantai.

3. Bermain Air

Kamu bisa melakukan aktivitas air di sini, seperti berenang dan menikmati indahnya pemandangan bawah laut dengan melakukan kegiatan menyelam atau snorkeling. Untuk melakukan snorkeling, kamu tidak perlu repot-repot membawa peralatannya. Sudah terdapat layanan penyewaan peralatan snorkeling yang bisa kamu manfaatkan. Selain itu, kamu bisa melakukan balap perahu tradisional di muara Sungai Yeh Po.

Baca juga:  Naik Gunung Perlu Simaksi, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Pantai ini memiliki berbagai jenis ikan yang bisa kamu tangkap. Untuk peralatan dan perlengkapan memancing, kamu juga tidak perlu khawatir sebab sudah terdapat layanan penyewaan alat memancing dengan tarif yang bersahabat di pantai ini.

4. Menonton Drag Bike

Kamu bisa menonton aksi rider motor yang berlomba cepat atau balapan pada waktu-waktu tertentu. Beradu kecepatan di atas pasir licin akan menjadi tantangan tersendiri bagi rider. Penggemar olahraga balap dan otomotif pastinya akan senang dengan kegiatan ini.

5. Menikmati Keindahan Sunset

Menikmati matahari sore atau sunset di Pantai Pasut tidak boleh ketinggalan dalam daftar kegiatan berliburmu. Pantai ini menyuguhkan pesona pemandangan alam yang begitu eksotis saat menjelang matahari tenggelam. Kamu bisa duduk-duduk santai di atas pasir sembari menikmati momen indah matahari tenggelam di pantai.

Penginapan Dekat Pantai

pantai pasut
Sumber: Superlive.id

Jika kamu membutuhkan tempat penginapan untuk beristirahat setelah bermain di pantai, berikut beberapa rekomendasi penginapan yang bisa kamu pesan melalui aplikasi.

1. Amarta Beach Retreat by Nakula

Penginapan ini terletak di antara persawahan dengan memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas penginapan ini diantaranya adalah restoran dan kolam renang outdoor. Penginapan ini juga memiliki desain bangunan cantik khas Bali. Terdapat pula balkon yang memberikan pemandangan taman dan pantai pasir hitam yang sangat cantik.

2. Villa The Cloud

Penginapan dekat Pantai Pasut Tabanan selanjutnya yaitu Villa The Cloud. Sesuai dengan Namanya, villa ini bagaikan awan putih yang mengambang. Bagian interior villa ini terbuat dari berbagai jenis batu marmer alam dan kayu mahal. Memiliki desain arsitektur kelas atas membuat villa ini terlihat mewah dan elegan.

3. Most Exotic Beachfront Villa Keong

Villa ini berada di sekitar pantai, jadi kamu tak perlu jauh-jauh untuk mencari penginapan jika ingin berlibur ke pantai ini. Fasilitas yang tersedia di villa ini tersedia dengan sangat baik sehingga akan menambah kenyamanan pengunjung. Semua unit villa yang ada memiliki dekorasi yang berbeda dengan menawarkan wi-fi gratis dan patio atau balkon.

Nah, itulah beberapa daya tarik dan informasi mengenai Pantai Pasut. Pantai ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata Bali yang bisa Anda kunjungi dengan tanpa mengeluarkan biaya masuk. Sekalipun belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan dan tingkat keramaiannya masih terbilang kalah dengan Pantai Kuta, namun ada beberapa hal yang harus kamu ketahui saat berkunjung ke lokasi ini. Diantaranya tidak merusak keindahan alamnya dengan merusak fasilitas sekitar atau membuang sampah sembarangan.