Ada 6 Pilihan, Yuk Berkunjung ke Pantai Ujung Genteng!

Pantai memang menjadi salah satu destinasi liburan paling favorit para wisatawan. Apalagi di Indonesia begitu banyak pilihan pantai-pantai yang indah dan eksotis untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Ujung Genteng. Pantai Ujung Genteng yang berhadapan secara langsung dengan Samudera Hindia sungguh memesona. Penasaran kan, apa saja daya pikatnya?

Kamu harus tahu nih, Pantai Ujung Genteng memiliki pasir putih yang terbentang luas sejauh mata memandang. Ditambah dengan birunya laut, dan langit cerah tentunya membuat suasana menjadi sangat menyenangkan. Kamu bisa mengambil banyak foto dari beberapa spot yang sangat menarik di pantai satu ini. Selanjutnya, kamu pun bisa berburu sunset di Pantai Ujung Genteng. Nuansa romantis dan indahnya pemandangan saat sore hari tentunya akan terasa di tempat ini. Tak jarang, para pecinta fotografi menanti momen matahari terbenam.

Tidak hanya suasana pantainya saja yang bisa kamu nikmati, tapi di sana kamu juga bisa melihat penangkaran penyu, di mana satwa yang satu ini terancam populasinya dan hampir punah. Jika beruntung, bahkan kamu bisa menyaksikan pelepasan tukik atau bayi penyu yang dibiarkan berenang ke lautan, lho!

Lalu setelah puas menyaksikan sunset, foto-foto di pasir putih, dan melihat penangkaran penyu, selanjutnya kamu bisa menikmati kuliner khas di kawasan Pantai Ujung Genteng. Ada banyak sekali olahan laut yang bisa dinikmati, seperti beleum layur (ikan layur dibakar), tumis gurita, hingga mata lembu yang merupakan sejenis siput yang ditemukan menempel di bebatuan karang.

Pilihan Pantai di Ujung Genteng

Ada beberapa pilihan pantai di Ujung Genteng yang memiliki keindahan serta layak untuk kamu kunjungi. Jadi, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini, yuk!

1. Pantai Ujung Genteng

pantai ujung genteng
Sumber: idola.id

Sesuai dengan namanya, pantai ini berada di Ujung Genteng. Jika kamu ingin berkunjung ke lokasi ini menggunakan kendaraan pribadi, maka kamu bisa memulai perjalanan dari Kota Sukabumi selama 3-4 jam. Pantai dengan hamparan pasir putihnya yang memukau ini mampu memanjakan mata siapa saja yang berkunjung ke sana..

Baca juga:  Kenali 5 Fungsi Dry Bag, Tips Memilih, dan Cara Merawatnya

Selama perjalanan ke pantai ini, kamu akan selalu ditemani dengan pemandangan alam yang indah, hamparan hijau mempesona berada di kiri dan kanan jalan, ditambah dengan sensasi jalanan berkelok-kelok yang menyenangkan. Di sana kamu juga bisa menyewa villa yang nyaman, sehingga waktu liburan akan semakin seru!

2. Pantai Pangumbahan

pantai ujung genteng
Sumber: pantaipedia.com

Kalau kamu ingin mencari kondisi pantai yang sepi, maka Pantai Pangumbahan bisa menjadi tujuan. Pantai yang bersih dan memiliki pasirnya yang lembut tentunya akan menjadi penghilang rasa penat. Di pantai ini, kamu tidak akan menemukan batu karang.

Hal yang menarik di pantai ini adalah kamu bisa melihat induk-induk penyu bertelur secara langsung, dengan jumlah telur yang tak tanggung-tanggung yaitu antara 80-200 butir telur. Ada banyak jenis penyu yang dapat dilihat di pantai ini, mulai dari penyu hijau, penyu lekang, penyu sisik, penyu pipih, penyu tempayan, penyu belimbing. Untuk melihat para penyu-penyu tersebut disarankan supaya kamu untuk datang antara bulan Agustus sampai dengan Maret, karena di momen tersebut kamu akan akan melihat penyu-penyu bertelur.

3. Pantai Amanda Ratu

pantai ujung genteng
Sumber: sapta.id

Pantai ini cukup berbeda dengan pantai-pantai lain yang ada di Ujung Genteng, di mana perbedaan yang paling signifikan adalah adanya fasilitas hotel yang bisa dibilang sedikit menguras kantong. Banyak yang beranggapan bahwa Pantai Amanda Ratu ini adalah Tanah Lotnya Pulau Jawa. Yang membuat banyak orang beranggapan kalau pantai ini adalah Tanah Lotnya Pulau Jawa karena adanya kemiripan antara kedua tempat yang cantik tersebut, yaitu sama-sama terdapat pulau kecil yang letaknya tidak jauh dari bibir pantai.

Selain itu, pantai ini juga memiliki tebing karang, menatap langsung deburan ombak memecah karang memberi sensasi wisata yang berbeda dengan lokasi lainnya.

Baca juga:  Intip Keindahan Pantai Pasut di Tabanan, Bali!

4. Pantai Ombak Tujuh

pantai ujung genteng
Sumber: bandoeng.co.id

Pantai Ombak Tujuh ini cukup terkenal dikalangan para peselancar atau surfer. Tentunya bagi kamu yang suka dengan olahraga selancar, jangan lewatkan untuk berkunjung ke sana! Hal yang membuat pantai ini menarik adalah dengan kondisi ombaknya yang besar dan datang bergulung-gulung selalu berurutan sebanyak tujuh kali. Inilah sebabnya pantai ini dinamai dengan Pantai Ombak Tujuh.

5. Pantai Cipanarikan

pantai ujung genteng
Sumber: bandoeng.co.id

Pilihan pantai indah di Ujung Genteng yang berikutnya adalah Pantai Cipanarikan yang merupakan tempat bertemunya aliran Sungai Cipanarikan dengan air laut. Di pantai ini, kamu juga bisa menjumpai hamparan pasir putih membentang, serta gurun pasir dengan pasirnya yang halus sekali.

Selain itu, di pantai ini juga ada hutan lindung yang masih alami. Melihat matahari terbenam di pantai ini juga bisa menjadi alternatif aktivitas seru yang bisa kamu lakukan. Pemandangan yang menyejukkan tentunya akan menjadi akhir yang indah di petang hari.

6. Pantai Tenda Biru

pantai ujung genteng
Sumber: rayadventure.com

Selanjutnya, ada Pantai Tenda Biru yang merupakan pantai berpasir putih dengan batu karang. Uniknya lagi, pantai ini masuk ke dalam kawasan hutan lindung yang dipantau oleh TNI AU, lho. Kalau airnya surut, kamu bisa berjalan-jalan hingga 300 meter ke tengah pantai.

Tips Berkunjung ke Pantai

pantai ujung genteng
Sumber: Freepik (Gambar Hanya Ilustrasi)

Supaya liburan kamu di pantai semakin seru dan mengasyikkan, berikut ini ada beberapa tips berkunjung ke pantai  yang patut kamu coba.

  • Jangan lupa untuk memakai sunblock SPF tinggi agar kulit kamu tidak terbakar dan tetap terlindungi.
  • Pastikan kamu memakai outfit yang keren sekaligus nyaman.
  • Kacamata hitam jangan ketinggalan, ya!
  • Kalau pantai yang sedang kamu kunjungi memiliki pasir yang putih, bisa tuh kamu berjemur di atas lautan pasir.
  • Minum kelapa muda utuh, lalu minumnya di pinggir pantai juga sayang jika dilewatkan!
  • Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen selama berkunjung ke pantai.
  • Jangan ragu untuk mencoba wahana watersport seperti jetski, parasailing, flyboard, seawalker, banana boat, atau sekadar snorkeling untuk menikmati terumbu karang yang menawan.
  • Floating di laut sambil menatap langit juga pasti seru! 

Membayangkannya saja, sudah menyenangkan, bukan? Yuk, segera bulatkan rencana liburanmu ke Pantai Ujung Genteng dan ukir kenangan tak terlupakan di sana!