7 Hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui tentang Pantai Wediombo

Selain Pantai Parangtritis, Baron, dan Sundak, banyak sekali pantai-pantai yang berada di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta. Berlokasi di Gunungkidul, Pantai Wediombo menyajikan berbagai macam pemandangan laut yang bisa menjadi alternatif untuk melepas penat. Jika kamu membayangkan pantai yang luas dipenuhi dengan hamparan pasir putih disetiap jengkalnya, kamu salah besar. Ya, pantai ini memang tak seperti namanya yaitu wedi ombo yang dalam bahasa jawa dapat diartikan sebagai pasir yang luas.

Namun, kamu tak perlu kecewa karena pantai ini menyimpan berbagai pemandangan alam yang luar biasa cantiknya. Wisatawan yang pernah mengunjungi tempat wisata ini bahkan tak ragu menyebutkan bahwa pantai ini merupakan pantai terindah di Jogja. Kira-kira apa saja ya daya tarik yang ada di pantai ini? Yuk, simak 7 hal yang perlu kamu ketahui tentang Pantai Wediombo!

pantai wediombo
Sumber: Pinterest

7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Pantai Wediombo

1. Lokasi dan Jam Operasional Pantai Wediombo

Pantai ini terletak di Desa Jepitu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan jarak tempuh sekitar 90 kilometer dan waktu tempuh sekitar 2 jam, kamu akan menemukan destinasi wisata air yang terindah di Jogja ini. Jam operasionalnya pun tidak terbatas, alias 24 jam. Jadi, kamu bisa mengunjungi tempat ini kapan saja.

2. Akses Menuju Lokasi

Untuk mencapai Pantai Wediombo, kamu bisa melewati rute Bukit Patuk menuju Wonosari. Sesampainya di perempatan Semanu, belok kanan menuju Desa Jepitu. Ikuti papan jalan menuju arah Kompleks Pantai di Gunungkidul, seperti Baron, Siung, Sundak, dan Wediombo. Sesampainya di lokasi parkir, kamu harus berjalan sekitar 3-5 menit menuju kawasan pantai.

3. Biaya Akomodasi

Akomodasi yang ada di kawasan pantai ini termasuk harga tiket masuk kawasan pantai, yaitu sekitar Rp 5.000 per orang. Biaya parkir untuk kendaraan yaitu Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Jika kamu ingin menggunakan fasilitas surfing, kamu bisa menyewa perlengkapannya dengan biaya sekitar Rp 100.000. Namun itu belum termasuk jasa pelatih jika kamu masih belum terbiasa, ya.

4. Daya Tarik Pantai

pantai wediombo
Sumber: Pinterest

Yang menarik dari Pantai di daerah Gunungkidul ini adalah Sebagian besar kawasan pantainya dipenuhi dengan bebatuan karang, meskipun masih terdapat bagian pantai yang memiliki pasir putih walaupun tak begitu luas. Karakteristik air laut yang ada di Pantai Wediombo termasuk jernih. Tempat wisata ini juga sering digunakan untuk aktivitas snorkling karena memiliki keindahan alam bawah laut yang menakjubkan. Pantai ini juga dikenal memiliki karakteristik ombak yang cukup baik untuk melakukan olahraga surfing.

Sebagian besar dari pantai ini dipenuhi dengan bebatuan karang. Konon bebatuan tersebut diakibatkan letusan lahar gunung berapi yang terjadi jutaan tahun lalu. Fenomena alam tersebut membentuk bebatuan cantik yang seakan menghiasi bibir pantai. Salah satu hal yang paling menarik di Pantai Wediombo adalah wisatawan dapat melihat sunset yang indah ketika petang menjelang. Kondisi pantai yang menghadap ke barat menjadi faktor utama yang menjadikan sunset di tempat wisata satu ini terasa spesial.

Baca juga:  Pulau Komodo Terletak di Bagian Mana? Ini 6 Faktanya

5. Fasilitas Pantai Wediombo

Fasilitas yang terdapat pada pantai ini tergolong cukup lengkap. Ada kamar mandi untuk membilas badan setelah bermain air, mushola, dan tempat parkir yang cukup luas. Selain itu, banyak pula warung-warung disekitar pantai yang menyediakan minuman dan makanan. Sayangnya masih minim ditemukan hotel atau penginapan terdekat dari lokasi. Jika ingin menginap, kamu dapat menyewa tenda yang telah disediakan oleh warga setempat dengan harga yang bervariasi.

6. Aktivitas Menarik

Berbagai macam aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan, seperti:

1. Menikmati Keindahan Pantai

Pantai yang tak jauh dari Pantai Siung ini menawarkan berbagai pesona alam yang sayang untuk dilewatkan. Jika kamu pecinta wisata pantai dan berencana berlibur ke Jogja, maka mampirlah ke pantai ini. Meskipun jaraknya cukup jauh dari pusat Kota Jogja, kamu akan disajikan keindahan pantai yang luar biasa indahnya.

Hamparan lautan luas yang membiru, berhiaskan gugusan karang rapi serta diapit bukit-bukit yang hijau oleh pepohonan akan memanjakan sejauh mata memandang. Lokasi yang terpencil dan jauh dari hiruk-pikuknya keramaian sangat cocok bagi kamu yang ingin berlibur serta merasakan keindahan alam yang masih terjaga kelestariannya.

2. Olahraga Air

pantai wediombo
Sumber: Pinterest

Bagi kamu yang memiliki hobi olahraga air seperti berenang, snorkeling, dan surfing, kamu wajib mengunjungi pantai ini. Karakteristik ombak di pantai ini cukup bagus, stabil serta tak terlalu besar. Banyak peselancar dari berbagai daerah hingga luar negeri yang ingin mencoba ombak di pantai ini.Untuk snorkeling, ada dua spot paling menarik yang menjadi andalan para wisatawan. Salah satunya terdapat pada sekitar pantai yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Jika tak puas, kamu juga bisa menyewa kapal lalu menuju ke lokasi snorkeling yang berada di tengah laut. 

Baca juga:  12 Wisata Pantai Jogja Paling Seru yang Wajib Kamu Kunjungi

Di pantai ini terdapat sebuah kolam renang yang tercipta secara alami di antara bebatuan karang. Kolam alami ini terletak di sebelah selatan Pantai Wediombo. Air yang tergenang di kolam ini cukup jernih, sehingga kamu dapat berenang atau bermain air dengan leluasa tanpa takut terseret gelombang ombak. Segar dan sejuk, itulah yang akan dirasakan jika berenang di kolam ini. Jika kamu tidak memiliki perlengkapan untuk olahraga air, tenang saja. Terdapat jasa persewaan perlengkapan surfing hingga snorkeling dengan harga yang bervariasi.

3. Memancing

Terdapat banyak spot memancing yang dipenuhi dengan ikan-ikan monster. Salah satunya adalah bukit karang yang berada di sisi pantai ini. Untuk menuju lokasi bukit karang, kamu harus berjalan menyusuri bebatuan karang ditepi pantai. Hati-hati, karena lokasi ini cukup ekstrim dan berbahaya. Meskipun begitu, rintangan tersebut tak menyurutkan niat para pemancing yang ingin mencari ikan di bukit karang tersebut. Ikan yang paling menjadi buruan adalah ikan cucut atau juga biasa dikenal dengan ikan panjo.

4. Hunting Foto

Jika kamu pecinta seni fotografi landscape, Pantai Wediombo bisa menjadi destinasi hunting-mu selanjutnya. Pantai yang berada pada pesisir selatan Jogja ini menawarkan berbagai objek mempesona yang dapat kamu abadikan dalam sebuah karya foto. Seperti memotret para peselancar, bukit-bukit karang, keindahan kolam alami dan juga indahnya sunset. Tak jarang banyak yang memanfaatkan pantai ini sebagai tempat untuk foto pre-wedding ataupun mengambil foto yang estetik untuk keperluan konten mereka.

5. Melihat Sunset

pantai wediombo
Sumber: Pinterest

Pantai Wediombo memang merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat matahari tenggelam di Jogja. Hamparan laut dengan latar belakang langit berwarna jingga, sangat sayang jika kamu lewatkan. Menikmati sunset di tepi pantai dengan pasangan atau teman-temanmu, seakan tercipta momen indah yang tak akan pernah terlupakan.

7. Tips Berwisata ke Pantai

Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika berada di Pantai Wediombo ini.

  1. Berhati-hatilah ketika menuju ke lokasi pantai dengan menggunakan kendaraan pribadi, karena jalanan yang berliku.
  2. Jika ingin melihat sunset yang indah, datanglah antara bulan Mei hingga November.
  3. Bawalah baju ganti jika kamu ingin berenang dan bermain air di pantai dan di kolam alami.
  4. Jika tak pandai berenang, jangan terlalu ke tengah saat berenang karena ombak di pantai ini cukup besar.
  5. Berhati-hatilah ketika ingin memancing di bukit karang, karena medan yang ekstrim dan berbahaya.
  6. Jangan terlalu malam ketika pulang dari pantai, karena jalan yang sepi dan berliku.
  7. Tetaplah jaga kebersihan dan kelestarian pantai.

Nah, itulah 7 hal penting yang perlu kamu ketahui saat berada di Pantai Wediombo ini. Dis waktu tertentu, kamu bisa melihat prosesi upacara adat Ngalangi yang digelar oleh penduduk setempat. Upacara ini digelar sekali setahun, mirip upacara labuhan besar. Tujuannya adalah mengungkapkan syukur pada Tuhan atas anugerah yang diberikan dan memohon rejeki lebih untuk masa mendatang.