8 Rekomendasi Sumber Passive Income dengan Modal Kecil

Kebutuhan yang semakin meningkat dan harga barang yang semakin tinggi membuat sebagian orang mencari pemasukan tambahan dari passive income dan kerja sampingan. Sebenarnya banyak cara untuk mendapatkan passive income dengan modal kecil. Namun, tak sedikit pula yang bingung untuk membedakan antara passive income dengan kerja sampingan. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui pengertian, manfaat, dan tips memiliki passive income agar semakin mudah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Passive income merupakan jenis pemasukan yang dihasilkan secara tidak langsung dengan melakukan aktivitas yang minim atau tidak berkelanjutan. Secara sederhana, dengan memiliki passive income, Anda tetap memiliki penghasilan tambahan meski sedang tidak bekerja. Dengan kata lain, passive income termasuk solusi yang tepat bagi kamu yang memiliki pekerjaan utama untuk tetap bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus mengganggu dan meninggalkan pekerjaan utama tersebut.

passive income modal kecil
Sumber: iStockPhoto

Manfaat Mencari Passive Income

1. Finansial Jadi Lebih Stabil

Memiliki pekerjaan tetap belum menjamin kondisi finansialmu aman. Apalagi jika situasi politik dan ekonomi negara sedang terguncang. Sebab, kamu hanya bergantung pada satu sumber pendapatan saja. Memiliki passive income berarti kamu memiliki berbagai sumber pendapatan tambahan. Ini akan membantumu dalam situasi yang tak terduga, seperti kehilangan pekerjaan atau ada kebutuhan mendadak. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan pendapatan pasif untuk berinvestasi di bidang lain, seperti memulai bisnis baru atau berinvestasi di pasar saham dengan potensi keuntungan yang lebih tinggi.

2. Memenuhi Berbagai Kebutuhan dan Tujuan Lainnya

Passive income juga membantu kamu mencapai tujuan finansial jangka panjang. Misalnya, untuk membeli rumah, hingga merencanakan pensiun yang nyaman. Jika kamu hanya memiliki satu sumber pendapatan, maka tujuan jangka panjang yang kamu inginkan akan tercapai lebih lama dari yang seharusnya.

Baca juga:  9 Cara Menghemat Uang Paling Ampuh Agar Kamu Cepat Kaya

3. Bisa Dapat Uang dari Hobi

Hobi bisa jadi cara mendapatkan passive income yang menyenangkan. Namun, hobi atau keahlian khususmu harus berguna untuk banyak kalangan atau segmen pasar tertentu. Misalnya, jika kamu suka fotografi, kamu bisa menjual foto-fotomu di platform online. Atau, kalau kamu gemar membuat kerajinan tangan, kamu bisa menjual karya-karyamu di media sosial atau situs marketplace.

Rekomendasi Sumber Passive Income Modal Kecil

passive income modal kecil
Sumber: iStockPhoto

Ada banyak sumber mendapatkan passive income modal kecil yang menjanjikan, bahkan bisa dilakukan dengan mudah secara daring. Seperti menjadi pembuat konten (content creator) dan mengikuti program afiliasi. Selengkapnya, sumber passive income modal kecil adalah sebagai berikut:

1. Content Creator

Sumber passive income modal kecil yang sedang diminati oleh banyak orang adalah content creator. Kamu harus bisa membuat konten kreatif dan bermanfaat melalui berbagai macam platform, seperti YouTube, Instagram, hingga podcast. Beberapa kunci utama agar sukses menjadi content creator adalah konten harus memiliki keunikan tersendiri, mengunggah postingan secara konsisten, dan selalu update dengan trending terkini.

Kamu pun bisa membuat konten yang mengusung konsep hal-hal yang kamu sukai. Seperti konten yang membagikan resep masakan, hingga konten kehidupan sehari-hari seperti aktivitas membersihkan rumah yang disertakan tips and tricks-nya. Nantinya, pendapatan pasif akan mengalir dengan sendirinya seiring bertambahnya audiens yang menonton atau menikmati konten yang kamu unggah.

2. Menjual Karya Seni secara Daring

Beberapa waktu ke belakang, banyak orang yang menjual lukisan di media sosial dan NFT marketplace dengan harga tinggi. Kamu pun bisa mencoba peluang ini. Tak hanya lukisan, kamu juga bisa mengunggah karya seni berupa musik di platform khusus, seperti SoundCloud dan Spotify, untuk mendapatkan passive income.

3. Mengikuti Program Afiliasi dan Referral

Salah satu sumber passive income modal kecil yang mudah dilakukan adalah dengan mengikuti program afiliasi. Kamu hanya perlu memasarkan produk atau layanan dari suatu pihak melalui blog maupun media sosial. Selain afiliasi, kamu juga bisa mengikuti program referral. Di sini, kamu hanya perlu mengajak orang-orang untuk mengunduh dan mendaftarkan diri di aplikasi tertentu supaya bisa mendapatkan hadiah. Semakin banyak yang bergabung, tentunya besaran passive income juga akan ikut meningkat.

Baca juga:  5 Jenis Maintenance yang Dilakukan Perusahaan, Beserta Contohnya

4. Menulis Buku

Meski tampak seperti membutuhkan modal yang besar, ternyata menulis buku bisa dilakukan dengan cara yang lebih sederhana, lho. Sekarang, buku bisa dikemas menjadi e-book, sehingga tidak perlu mengeluarkan dana untuk mencetaknya dalam jumlah yang banyak. Kamu pun dapat mengunggah e-book di situs jual beli daring atau platform distribusi khusus, seperti Google Play Books. Bahkan, kamu juga bisa menjualnya secara langsung di media sosial yang kamu miliki.

Untuk tema bukunya sendiri dapat kamu sesuaikan dengan keahlianmu. Contohnya, kamu sudah berpengalaman di dunia pemasaran digital selama 6 tahun. Kamu bisa membagikan ilmu yang kamu ketahui beserta referensi-referensi dari para ahli melalui e-book tersebut. Jangan lupa untuk memasukkan contoh-contoh kasus nyata yang pernah dihadapi selama menjadi digital marketer.

5. Menjual Hasil Fotografi di Platform Daring

passive income modal kecil
Sumber: iStockPhoto

Jika kamu memiliki hobi fotografi, maka ini bisa menjadi salah satu sumber untuk mendapatkan passive income dengan modal kecil. Saat ini, banyak platform daring yang menawarkan jual beli stok foto, seperti Shutterstock dan Pexels. Nantinya, foto-foto yang diunggah akan dibeli oleh siapapun untuk kebutuhan konten visual tambahan, dan dari situlah kamu bisa mendapatkan passive income.

6. Monetisasi Blog

Memonetisasi blog pribadi, seperti di WordPress atau Blogger, termasuk sumber passive income modal kecil yang menjanjikan. Pertama, kamu bisa membuat blog tanpa dipungut biaya apapun dan menarik sejumlah pengunjung dengan mengunggah konten secara konsisten. Jika jumlah pengunjung sudah sesuai target dan stabil, kamu bisa mendapatkan passive income melalui berbagai cara, seperti Google AdSense dan penawaran afiliasi.

7. Bisnis Dropshipper

Contoh passive income modal kecil yang bisa dilakukan secara daring adalah menjalani bisnis dropshipper. Dengan cara ini, kamu hanya perlu memasarkan produk atau layanan di media sosial, situs pribadi, dan e-commerce. Jika ada yang ingin membeli, maka kamu bisa langsung menghubungi supplier untuk menyiapkan dan mengirimkan pesanan.

8. Investasi

Terakhir, sumber passive income modal kecil adalah investasi. Investasi termasuk sumber passive income karena melibatkan penanaman modal dan aset yang nilainya bisa tumbuh seiring berjalannya waktu, sehingga menghasilkan keuntungan.

Nah, itulah beberapa fakta mengenai passive income modal kecil. Kamu bisa mencobanya dengan mudah dan hasilnya pun menjanjikan. Passive income dapat meningkatkan kondisi keuangan sehingga kamu bisa membangun masa depan yang lebih cerah dan tenang.