Mengintip Gurihnya Peluang Bisnis Coworking Space Terkini

Bisnis di bidang coworking space kini semakin besar peluangnya di Indonesia. Apasih sebenernya bisnis penyediaan ruang kerja bersma ini? Para milenial pasti tau dong. Ya! Coworking space adalah ruang kerja bersama dimana pengguna bekerja dengan orang-orang lain dari perusahaan maupun organisasi yang berbeda di satu tempat.

Kata Coworking space ini berasal dari bahasa Inggris yang berarti ruang yang digunakan untuk bekerja, menghasilkan karya secara bekerja sama baik antar individu maupun perusahaan yang memiliki latar usaha berbeda.

Coworking space mengedepankan konsep open space, jadi kamu bisa lebih aktif berinteraksi di sini. Dalam satu ruangan terdapat berbagai individu, komunitas, maupun perusahaan dan biasanya ada satu ruangan terbuka yang dapat digunakan bersama. Terdapat juga ruangan-ruangan kecil juga yang bisa disewa per individu atau per komunitas atau perusahaan.

Bagaimana Peluang Bisnis Coworking Space?

Mengingat biaya operasional gedung yang terus meningkat, bagi perusahaan yang memiliki biaya terbatas dan belum bisa menyewa ruang kantor pribadi, maka tersedianya ruang kerja bersama merupakan solusi alternatif yang bisa diambil.  

Karena kantor sudah disediakan oleh penyedia coworking space, maka pengusaha tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra untuk menyewa gedung dan membeli furniture seperti kursi dan meja. Inilah yang membuat peluang bisnis coworking space berpotensi tinggi sebagai solusi alternatif bagi pebisnis. Pengguna bisa langsung bekerja dan fokus melakukan bisnis tanpa biaya ekstra.

Bisnis penyediaan ruang kerja bersama ini pun mengalami pertumbuhan pesat di kota-kota besar. Namun , walaupun pertumbuhannya pesat, tetapi penyebaran bisnis ini belum merata di Indonesia. Padahal permintaan pasar terus meningkat dari tahun ke tahun. Faktor inilah yang juga membuat bisnis ini menjadi salah satu usaha yang peluangnya sangat besar.

Apa Aja sih Keunggulan Bisnis Coworking Space?

Selama ini banyak orang yang terbiasa bekerja dari kantor dengan konsep bangunan dan lingkungan kerja yang kaku. Namun coworking space memberikan variasi yang berbeda nih, karena konsep ruang kerja ini lebih fleksibel. Bekerja di coworking space menjadi salah satu jawaban buat situasi yang kondusif seperti di kantor namun tetap nyaman seperti di rumah. Lalu apa aja sih keunggulan lainnya dari bisnis ini? Baca di bawah ya.

Baca juga:  Ingin Utang yang Aman? Ketahui Pinjaman Online OJK

Keunggulan Bisnis Coworking Space

keuntungan membuka coworking space
sumber : www.investordaily.com

1. Peluang Usaha Masih Cukup Besar

Seperti yang telah disebutkan di atas, meskipun konsep ruang kerja bersama ini cukup populer, namun keberadaannya tidak terlalu banyak di Indonesia. Hal ini tentunya meningkatkan nilai peluang usaha dari bisnis tersebut. Dengan tingkat persaingan yang tidak terlalu tinggi, diharapkan peluang bisnis dan keuntungan yang akan didapat juga cukup tinggi.

Mengingat semakin populer dan canggihnya ruang-ruang kerja hari ini, para pekerja menghargai fasilitas yang ditawarkan kepada mereka yang mungkin tidak mereka dapatkan di perusahaan seperti ruang istirahat, ruang konferensi untuk pertemuan dengan klien, dan sebagainya.

 2. Membangun Peluang Networking

Networking atau jaringan adalah komponen penting dari kerja bersama. Banyak orang memilih ruang kerja yang fleksibel ini buat berinteraksi dan bertukar pengalaman dengan para profesional dan pengusaha di bidangnya, serta untuk mencari klien baru juga.

Kamu sebagai pengusaha, akan dikelilingi oleh para profesional yang sangat berbakat dan berpengalaman dalam berbagai bidang. Hal inilah yang memungkinkan kamu untuk membangun koneksi bisnis yang lebih besar sehingga mendatangkan peluang untuk menjadi pebisnis yang sukses di kemudian hari.

3. Mudah Menemukan Investor

Dalam bisnis ini peluang kamu untuk menemukan investor sangatlah besar. Hal Ini bisa terjadi karena belum banyak pesaing di industri tersebut. Berinvestasi di perusahaan yang belum banyak memiliki pesaing akan memberi orang kesempatan untuk tertarik membeli saham yang kamu tawarkan. Tentunya ini akan memudahkan kamu untuk memperbesar usahamu.

4. Membuka Peluang Bekerja

Membuka coworking space memungkinkan kamu memberi orang lain kesempatan untuk bekerja di lingkungan yang mempromosikan keseimbangan kerja ataupun kehidupan yang sehat. Orang-orang biasanya lebih senang bekerja di ruang kerja bersama ini karena mereka bekerja sebanyak yang harus mereka lakukan. Sama halnya dengan kamu berusaha buat menyediakan lingkungan yang bersemangat dan merangsang interaksi dengan orang-orang yang berpikiran sama.

5. Mendapatkan Penghasilan yang Mengesankan

Coworking space adalah solusi bagi banyak startup dimana kamu memberi tempat yang fleksibel dan hemat biaya buat disewa. Sewa ruang kantor tradisional bisa menjadi solusi yang dibutuhkan, namun biasanya membutuhkan komitmen finansial jangka panjang. Untuk itulah bisnis ini bisa memberikan keuntungan buat kamu.

Baca juga:  3 Fungsi Utama Cost Control dalam Bisnis, Simak Penjelasannya!

Ditambah sifat bisnis yang fleksibel, kamu bisa mendapatkan banyak tambahan pemasukan dari sewa kantor bersama, maupun makanan dan minuman yang kamu sediakan.

Tips Berbisnis Coworking Space

suasana coworking space yang nyaman

Karena tergolong baru, tentunya kita harus cerdas dalam berbisnis coworking space ini. Nah, agar bisnis kamu berjalan lancar dan meraup untung simak dahulu tips berbisnis  berikut ini: 

Kenali Konsep Tempat dengan Baik

Tahukah kamu? Masih banyak yang salah dan menganggap bahwa coworking space hanyalah tempat nongkrong bagi beberapa anak muda. Sebenarnya ruang kerja bersama ini jauh lebih kaya maknanya dibanding tempat nongkrong semacam kedai kopi.

Coworking space hadir sebagai tempat yang memungkinkan para penyewanya untuk bekerja dan bertukar ide, berkolaborasi, dan menghasilkan ide-ide brilian.

Jadi, sebelum terjun ke bisnis ini kamu harus mengenal konsepnya dengan baik. Ciptakan sebuah tempat dimana komunitas dapat bertumbuh dan berkembang bukan sekedar tempat nongkrong yang perlu internet kencang atau suasananya nyaman. 

Memilih Lokasi yang Tepat

Setelah kamu mengenal dan memahami konsep bisnis coworking space ini dengan baik, maka langkah berikutnya yang perlu diperhatikan adalah pemilihan lokasi dan bangunan yang tepat. Pilih lokasi yang mendekati daerah bisnis. Sedangkan untuk bangunannya sendiri, kamu bisa memilih ruko atau bangunan kantor serta rumah dengan izin untuk bisnis.

Pilih Desain Interior yang Tepat

Meski tampak seperti kantor biasa, dimana pebisnis bisa mengaktifkan laptopnya dan bekerja, namun sudah banyak sekali coworking space yang menawarkan sebuah konsep ruang kerja yang berbeda.

Hal ini pastinya diusahakan atas pertimbangan bahwa ruang kerja seharusnya bisa memacu kreativitas dan produktivitas para pekerja di dalamnya. Kamu bisa menyediakan fasilitas menarik dengan tema-tema unik, sehingga membedakan ruang kerja bersama ini berbeda dengan kantor biasa.

Ketahui Profil dan Kebutuhan Penyewa

Dengan mengetahui profil dan kebutuhan konsumen tentu kamu akan dapat lebih mengerti dan melayani konsumen dengan baik. Selain itu, dalam konsep ruang kerja bersama  yang bernuansa kolaborasi dan membuka jaringan, dengan mengetahui profil dan kebutuhan para penyewa, kamu bisa mengarahkan dan menawarkan kepada beberapa pengguna yang ada untuk mendapatkan teman, mitra dan jaringan bisnis yang sesuai. Dan hal ini akan menambah kredibilitas coworking space kamu di mata konsumen.

Sebagai contohnya, beberapa coworking space menyediakan auditorium dan ruang rapat. Auditorium seperti ini bisa dipakai untuk aktivitas komunitas, seperti peluncuran produk, seminar, talk show, atau presentasi dengan investor.

Gimana nih? Apakah kamu sudah mulai tertarik buat memulai bisnis coworking space ini? Selamat mencoba, semoga informasi di atas bermanfaat.