Pemandian Air Panas Cisolok, Keindahan Alami dari Sukabumi

Sukabumi memang memiliki cukup banyak tempat wisata unik, dan alami. Maka tak heran jika Sukabumi selalu menjadi tujuan para wisatawan yang datang dari dalam maupun luar negeri. Pemandian air panas Cisolok merupakan salah satu tempat wisata di Sukabumi, tepatnya di Kecamatan Cisolok, yang menyajikan pemandangan akan keajaiban alam yang hanya ada di dua tempat saja di dunia ini. Tidak heran jika orang yang berkunjung ke Sukabumi biasanya selalu menyempatkan untuk mengunjungi tempat yang indah ini.

Ingin tahu apa saja keunikan dan keindahan pemandian air panas Cisolok? Yuk, kepoin di bawah ini.

Keindahan Air Panas Cisolok

pemandian air panas Cisolok

Konon pemandian air panas ini ditemukan oleh orang Belanda yang tinggal di Sukabumi. Tak hanya itu, sumber air panas ini juga merupakan tempat favorit para warga Belanda pada masa itu.

Keunikan Air Panas Cisolok yang membedakannya dengan pemandian air panas lainnya adalah letaknya yang berada di daerah pantai. Tidak berada di pegunungan seperti kebanyakan pemandian air panas lainnya. Di sini pengunjung dapat melihat secara langsung air panas yang menyembur dari celah bebatuan di tengah sungai.

Wisata alam pemandian air panas ini berasal dari geyser atau air panas yang melewati kerak bumi dimana tekanan dari dalam perut bumi sangatlah besar. Sehingga menyebabkan air tanah bersuhu tinggi dan air panas tersebut menyembur keluar. Karena sumber mata airnya berasal dari geyser, maka pemandian air panas ini tidak mengandung belerang. Ditambah lagi kandungan mineral yang tinggi dalam air panas ini mampu menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal dan rematik.

Baca juga:  Syarat Perjalanan dari Indonesia ke Jepang, Bebas Visa!

Di Air Panas Cisolok ini ada tiga titik sumber air panas dengan suhu sekitar 80 derajat celcius. Para pengunjung dilarang untuk bermain dekat dengan semburan air panas ini karena panasnya yang cukup berbahaya. Jadi cukup bermain dengan cara berendam di aliran sungai saja yang tidak kalah serunya.

Pemandian air panas ini terbagi menjadi dua 2 kategori pengunjung. Pertama pengunjung yang ingin menikmati air yang menyembur dapat menceburkan diri di sungai. Sedangkan kategori kedua adalah pengunjung yang ingin lebih privat dan santai dapat memilih ke wilayah kolam yang telah disediakan. Di kolam yang sudah disediakan oleh pihak pengelola ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan khas yang berada di Pelabuhan Ratu.

Baca Juga: Bosan Traveling Biasa? Coba Kunjungi 7 Kawah Gunung Terindah

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Air Panas Cisolok

pemandian air panas cisolok
Sumber: Pixabay

Pemandian air panas ini dibuka mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore hari. Harga tiket masuk pemandian air panas ini sebesar Rp 30.000. Sedangkan harga tiket masuk kendaraannya bervariasi tergantung jenis kendaraan. Dari mulai Rp 1.000, Rp 3.000, Rp 8.000, Rp 13.000 dan Ro 25.000.

Untuk fasilitasnnya dikenakan biaya sebesar Rp 1.000 saja. Sementara kolam renang yang dapat dipakai per orangan biayanya sebesar Rp 5.000 per jam. Selain itu untuk mandi berendam di kamar mandi tertutup dikenakan biaya sebesar Rp 15.000. Untuk mengikuti terapi air panas oleh tenaga ahli dikenakan biaya Rp 35.000 dengan harga yang bisa berubah sewaktu-waktu.

Daya Tarik Sumber Air Panas Cisolok Sukabumi

Geyser Cisolok Sukabumi merupakan tempat pemandian air panas alami yang menjadi salah satu lokasi favorit para wisatawan. Dengan memiliki beberapa daya tarik seperti:

1. Sumber Air Panas Alami

Geyser Cisolok memiliki beberapa semburan dengan lokasi yang cukup berdekatan, meski tekanan semburannya berbeda-beda. Lokasinya berada di aliran sungai dengan air yang sangat jernih juga bersih.

Baca juga:  Intip Hal Menarik Apa Saja yang Ada di Kota Lama Semarang

Banyak pengunjung yang berendam di aliran sungai tersebut, hanya saja mereka dilarang untuk berada lebih dekat dari sumber air panasnya. Karena suhunya dapat mencapai 100 derajat celsius.

Maka jangan heran jika kamu melihat banyak pengunjung yang duduk-duduk di sekitar geysernya. Aliran airnya dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit, khususnya penyakit kulit. Bahkan ada pula yang meyakini dapat menangkal virus covid-19 loh. Kegiatan lain yang dapat kamu lakukan ketika berada di sekitar aliran sungainya ialah merebus telur, di aliran air panas yang berada di samping sungai.

2. Kolam Renang

Selain air sungai yang berdekatan dengan geysernya, di sekitar kawasan wisata tersebut juga terdapat dua buah kolam renang yang memiliki kedalaman yang berbeda.

Untuk kamu yang menginginkan suasana lebih pribadi, dapat memilih untuk berendam di kamar-kamar khusus. Dengan tentu saja harus membayar biaya tambahan terlebih dahulu.

Tak hanya itu, di sini juga dapat ditemukan pula fasilitas kamar terapi pengobatan dari kepala hingga kaki. Sistem pengobatannya yaitu para pengunjung yang berminat akan disemprot dengan air panas dengan suhu di bawah 40 derajat celcius. Jangan khawatir, karena pengobatan ini dilakukan oleh petugas yang sudah ahli.

Baca Juga: Pulau Derawan, Surga Wisata Kuliner dan Keindahan Bawah Laut

Tips Wisata di Pemandian Air Panas Cisolok

pemandian air panas cisolok
Sumber: Pixabay
  • Jaga dan awasi selalu anak-anak, karena Geyser Cisolok selalu ramai pengunjung apalagi jika akhir pekan.
  • Simpan barang bawaan kamu ditempat yang aman.
  • Jaga selalu kebersihan di sekitar aliran sungai ataupun di seluruh kawasan Geyser Cisolok.
  • Buang sampah pada tempatnya, atau bawalah dulu sampahmu hingga menemukan tempat sampah.
  • Patuhi aturan yang telah ditetapkan pengelola.

Geyser Cisolok Sukabumi merupakan kebanggan bagi warga Sukabumi pada khususnya dan Indonesia pada umumnya, oleh karena itu kita semua harus ikut menjaga dan melestarikannya.

Jika kamu sedang berjalan –jalan ke Sukabumi, Jangan lupa mampir pemandian air panas Cisolok yha!