Mindfulness: Pengertian dan Manfaatnya bagi Kesehatan Holistik

Sebenarnya, konsep mindfulness telah banyak dibicarakan dalam beberapa tahun belakangan ini. Meskipun demikian, konsep ini bukanlah hal yang baru karena konsep ini telah lama berkembang di sejumlah negara maju. Bagi kamu yang belum tahu, mindfulness merupakan suatu kondisi di mana pikiran, perasaan, dan tubuh kita berada pada saat ini, tidak mengembara ke masa lalu maupun masa depan. Di Indonesia sendiri, konsep ini salah satunya diperkenalkan oleh Praktisi Kesehatan Holistik, yaitu Reza Gunawan.

Manfaat Melakukan Mindfulness

Melakukan latihan mindfulness secara sederhana selama beberapa menit, diduga cukup efektif untuk merawat dan meningkatkan kesehatan mental harian kita, lho. Singkat kata, latihan ini dapat mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan. Menurut ahli di SANE Australia, mindfulness sendiri sudah ada lebih dari 2.500 tahun silam. Namun, baru pada tahun 1970-an teknik ini menjadi bagian dari Terapi Psikologi. Lantas, apa saja manfaat mindfulness bagi kesehatan tubuh dan pikiran? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

1. Dapat Meningkatkan Kesejahteraan Hidup

mindfulness

Melakukan latihan mindfulness akan membantu kita lebih fokus dan menikmati setiap momen yang sedang terjadi secara penuh. Fokus pada hal-hal atau aktivitas yang sedang dilakukan, akan membuat lebih mudah menikmati momen tersebut. Dengan begitu, kamu juga akan lebih mudah berkonsentrasi dalam menghadapi permasalah diri. Dengan berfokus pada saat ini, maka banyak orang yang mempraktikkan konsep ini menemukan bahwa mereka cenderung tidak terjebak dalam kekhawatiran tentang masa depan atau penyesalan di masa lalu. Selain itu, mereka juga tidak dihantui dengan kekhawatiran tentang kesuksesan dan harga diri. Dan mereka juga memiliki kemampuan untuk membentuk hubungan yang lebih berkualitas orang lain. Sehingga dapat dikatakan bahwa konsep ini sangat bermanfaat dan berkontribusi pada kepuasan kehidupan.

Baca juga:  Waspada, Ini Efek Samping Minuman Kolagen bagi Tubuh!

2. Akan Meningkatkan Kesehatan Mental dan Fisik

mindfulness

Dalam beberapa tahun terakhir ini, psikoterapis telah menggunakan terapi mindfulness sebagai elemen yang cukup penting dalam pengobatan sejumlah masalah mental. Manfaatnya disebut-sebut dapat mengatasi depresi, kecanduan dan penyalahgunaan zat, gangguan makan, konflik pasangan, gangguan kecemasan, hingga gangguan obsesif-kompulsif. Selain itu, manfaat lainnya juga dapat meningkatkan kesehatan fisik seseorang. Teknik mindfulness ini akan memberikan manfaat pada kesehatan fisik dalam berbagai cara, seperti membantu meredakan stres, mengobati penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, mengurangi nyeri kronis, memperbaiki kualitas tidur, hingga meringankan kesulitan saluran cerna.

Selain itu, mindfulness juga dapat membantu meningkatkan kreativitas, meningkatkan perhatian, memori dan konsentrasi, serta memperkuat hubungan. Di samping itu, mindfulness juga dapat membantu mengelola kecemasan, nyeri kronis, keinginan bunuh diri, bahkan pemulihan untuk mengatasi kecanduan. Hal yang perlu ditegaskan adalah, meskipun memiliki beragam manfaat, ada baiknya bertanyalah pada pakar mengenai manfaat, teknik melakukan, dan hal-hal penting lainnya mengenai mindfulness ini, ya

Tips Melakukan Mindfulness

mindfulness

Sebenarnya ada banyak cara sederhana untuk melatih mindfulness. Langkah-langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari, adalah sebagai berikut ini:

  • Fokus, dan luangkan waktu untuk mengamati atau menikmati keadaan di sekitarmu dengan semua indra tubuh. Contohnya, ketika menyantap makanan favorit, cobalah untuk mulai dengan mencium aromanya, dan cicipilah dengan perlahan, hingga dirimu benar-benar menikmatinya.
  • Menikmati hidup. Cobalah untuk terbuka, menerima, dan bijak dalam setiap perbuatan yang kamu lakukan. Temukan kebahagiaan meskipun dalam hal-hal kecil.
  • Terima dan hargai diri sendiri, dengan cara memperlakukan diri sendiri seperti kamu memperlakukan sahabat yang baik.
  • Saat kamu memiliki pikiran negatif, coba duduk, lalu tarik napas dalam-dalam, dan tutup mata. Fokuslah pada pernapasan, yaitu ketika napas masuk dan keluar dari tubuh. Duduk dan bernapas meskipun hanya satu menit dapat membantu menenangkan pikiran, lho
  • Tenang dan kendalikan diri pada saat mengemudi. Faktanya, kemacetan lalu lintas yang paling parah dapat memberikan kesempatan yang sangat baik untuk membangun mindfulness, meningkatkan rasa empati kepada orang lain, serta mengembalikan keseimbangan dan perspektif.
Baca juga:  Tubuh Lemah Saat Pancaroba? 7+ Minuman Herbal ini Solusinya

Mindfulness membutuhkan banyak latihan dan usaha. Jadi, jangan lupa juga untuk selalu bersabar karena ini adalah proses yang membutuhkan waktu. Tanpa mencobanya, kamu tidak akan pernah bisa berhasil. Selamat mencoba! 

Mindfulness Dapat Membuatmu Lebih Bersyukur

Sebuah penerimaan dapat terjadi jika kamu bisa menyadari hal-hal yang sedang kamu alami secara penuh dan tanpa melabeli diri sendiri. Biarkan semuanya terjadi seperti apa adanya tanpa kamu menaruh ekspektasi yang tinggi. Hal tersebut bukan berarti kamu menyerah pada keadaan, namun dengan menerima kamu bisa menjadi lebih bersyukur pada kehidupan yang sedang kamu jalani sekarang. 

Istilah mindfulness kini memang tengah naik daun. Itulah mengapa banyak yang mulai mencari informasi tentang konsep ini. Bahkan sudah ada banyak orang yang mempelajari metode ini untuk meredakan stres hingga gangguan kecemasan. Meskipun demikian, nyatanya tidak semua orang tahu sebenarnya apa itu mindfulness. Oleh karena itu, penjelasan di atas diharapkan dapat menambah wawasan kamu seputar mindfulness.