Kamu Harus Coba! Penguat Sinyal Wifi Ini Terbukti Ampuh

Di era teknologi seperti sekarang ini, WiFi dapat dikatakan sebagai kebutuhan pokok bagi sebagian besar orang. Terutama bagi kamu yang kesehariannya banyak berkutat dengan internet, mulai dari pekerja kantoran, orang-orang yang bermain saham, hingga mahasiswa, atau siswa sekolah. WiFi seolah-olah telah menjadi bagian yang sangat penting dan tidak bisa dipisahkan dari internet. Namun ternyata WiFi bukan barang yang sempurna, karena seringkali terjadi masalah-masalah yang ditemukan oleh pengguna WiFi seperti internet yang lambat, penerimaan sinyal WiFi yang buruk, hingga kekuatan sinyal yang tidak merata di ruangan yang berbeda. Lantas, apa yang dapat dilakukan untuk menguatkan sinyal WiFi? Adakah alat penguat sinyal WiFi? 

Menggunakan Router Teknologi Terbaru

penguat sinyal wifi

Penggunaan router teknologi terbaru merupakan solusi instan penguat sinyal WiFi. Hal utama yang perlu diketahui mengenai teknologi ini adalah wireless tipe A, B, G, dan N, serta AC.A/B/G/N/AC yang melambangkan generasi dari masing-masing piranti WiFi. Biasanya akan dilambangkan sebagai IEEE 802.11a, IEEE 802.11b hingga IEEE 802.11ac. Jadi, jika kamu penasaran dengan teknologi WiFi, kamu bisa mengeceknya. Jika kamu menemukan tulisan “ac” dari WiFi milikmu, percayalah bahwa WiFi tersebut merupakan generasi termutakhir.

Pada umumnya, perusahaan-perusahaan penyedia piranti keras router sudah mengeluarkan versi terbarunya. Namun bagi kamu yang sudah memasang router sejak lama, maka kamu bisa beralih ke router generasi terbaru sebagai penguat sinyal WiFi.

Baca juga:  Ingin Belajar Online Berjalan Lancar? Ikuti 5 Tips Berikut Ini

Menjauhkan Perangkat Lain yang Dapat Mengganggu Sinyal WiFi

Ada beberapa perangkat lain yang diketahui dapat mengganggu sinyal WiFi, lho. Beberapa peralatan tersebut misalnya telepon tanpa kabel, microwave, hingga alat monitor bayi. Apapun yang berjalan pada band 2,4GHz maka dapat mengganggu router 802.11g/n single band. Solusi dari permasalahan semacam ini adalah dengan menggunakan peralatan elektronik rumah tangga yang menggunakan saluran yang berbeda dengan router yang kamu miliki.

Mencari Kanal yang Tepat

penguat sinyal wifi

Bertetangga dengan orang yang memiliki WiFi juga dapat menjadi salah satu sumber masalah WiFi milikmu. Hal ini dikarenakan mungkin saja kamu dan tetangga menggunakan kanal router yang sama. Maka akibatnya kualitas sinyal router milikmu akan menurun. Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memanfaatkan tools yang sudah tersedia secara gratis, misalnya dengan inssider atau apps yang banyak tersedia di App Store maupun Google Play. Kemudian setelah menemukan kanal yang kosong, silahkan pilih kanal tersebut, atau setidaknya pilihlah kanal yang paling sedikit penggunanya agar gangguan sinyal dapat diminimalisasi.

Kontrol Bandwith

Kontrol bandwith sebagai penguat sinyal WiFi merupakan salah satu cara yang dapat kamu tempuh untuk menangani WiFi yang lambat. Hal ini biasanya terjadi jika orang lain di rumah/kantor kamu sering memanfaatkan internet untuk bermain game online, chatting video, mengunduh torrent, atau menonton video via Netflix atau layanan sejenis lainnya. Orang-orang inilah yang biasanya akan menyedot bandwith sehingga berakibat pada lambatnya jaringan. Solusi untuk permasalahan ini adalah dengan menggunakan QoS/Quality of Service untuk menentukan prioritas aplikasi di atas aplikasi yang lain dalam menyedot bandwith. Dengan kata lain, kamu membatasi penggunaan bandwith seenaknya sebagai cara untuk memperkuat sinyal WiFi.

Baca juga:  Strategi Inspiratif Jacinda Ardern Melawan COVID 19

Mencari Posisi Router yang Tepat

penguat sinyal wifi

Kesalahan pengguna WiFi rumahan adalah menyembunyikan router WiFi karena dianggap memiliki tampilan yang tidak menarik dan mengganggu kecantikan rumah. Padahal hal ini justru akan memperburuk kinerja router tersebut. Memindahkannya ke tempat yang terbuka bisa jadi merupakan cara yang tepat untuk memperkuat sinyal WiFi. Kamu bisa meletakkan router di meja, diletakkan di dinding, atau diletakkan di langit-langit. Dengan catatan, yang terbaik adalah kamu meletakkan router tepat di tengah-tengah rumah. Cara memperkuat sinyal WiFi yang lainnya adalah dengan memposisikan antena router secara tegak lurus. Hal ini diyakini menjadi salah satu metode penguat sinyal WiFi yang cukup ampuh.

Menggunakan WiFi Repeater

Kalau rumah kamu terlalu besar sehingga sinyal WiFi sulit sampai ke kamar-kamar yang letaknya jauh dari sumber WiFi. Maka repeater merupakan salah satu solusi yang dapat kamu pilih untuk memperkuat sinyal WiFi. Repeater akan bekerja dengan cara menerima sinyal WiFi untuk dipancarkan kembali dengan lebih kuat. Cara memperkuat sinyal WiFi lainnya dengan menggunakan prinsip yang serupa adalah dengan cara menghubungkan router yang satu dengan router yang lainnya via kabel Ethernet dan membuat access point lain di rumahmu. Selain itu, penting untuk diingat bahwa router dapat memiliki masalah jika digunakan secara terus menerus tanpa dimatikan. Oleh karena itu, sebaiknya reboot router secara berkala, ya.

Selain cara penguat sinyal WiFi seperti yang telah disebutkan di atas, tentunya ada banyak cara-cara lain yang mungkin lebih mudah atau lebih baik untuk dilakukan. Namun tidak ada salahnya kamu mencoba cara ini dulu. Semoga berhasil.