Ingin Sukses dalam Bekerja? Kuasai Hard Skill Terlebih Dahulu

Hard skill atau kemampuan teknis adalah kemampuan yang dapat diasah dan dipelajari melalui latihan dan pendidikan. Di dalam dunia kerja, ada banyak kemampuan yang bisa kamu pelajari sesuai dengan minat dan bidang yang dituju.

Dalam dunia kerja, perusahaan biasanya mencantumkan beberapa persyaratan hard skill apa saja yang harus dikuasai. Tidak jarang pada saat interview kamu akan diminta untuk menunjukan kemampuan tersebut. Dengan memiliki kemampuan tekniks tambahan yang sesuai permintaan perusahaan, maka kamu bisa mengerjakan tugas di kantor dengan baik.

Perbedaan Hard Skill dan Soft Skill

perbedaan hard skill dan soft skill
sumber : kampusyuk

Di sisi lain, soft skill adalah kepribadian, atribut personal, serta kemampuan komunikasi yang dibutuhkan untuk sukses dalam sebuah pekerjaan. Baiknya soft skill yang kamu miliki memperlihatkan bagaimana kamu berinteraksi dengan lingkungan di sekitarmu.

Soft skill merupakan atribut ‘bawaan’ kita sebagai individu. Hal ini mungkin bisa dipelajari, namun tidak dengan cara belajar layaknya mengenyam bangku kuliah, namun dengan lebih banyak berinteraksi dengan orang lain serta melatih kepekaan terhadap lingkungan.

Contoh Hard Skill

kemampuan hard skill

Sesuai dengan definisinya, hard skill merupakan kemampuan spesifik yang harus dimiliki untuk sebuah pekerjaan tertentu. Contohnya, desain web, menulis, programming komputer, akuntansi, menerjemahkan bahasa asing, dan masih banyak sekali hard skill yang lainnya.

Biasanya, hard skill juga diukur dari seberapa baik kamu dalam objek yang kamu kuasai. Seperti contohnya, tingkat kefasihan bahasa asing, seberapa mahir mengoperasikan mesin, seberapa baik dalam mendesain, seberapa cepat dalam mengetik, dan lain sebagainya.

Baca juga:  9 Soft Skill Penting untuk Calon Pengusaha Sukses

Biasanya, deretan kemampuan teknis yang kamu miliki akan kamu catat di Curriculum Vitae dan juga di surat lamaran agar perekrut bisa mendapat pertimbangan.

Cara Meningkatkan Hard Skill

cara meningkatkan hard skill
sumber : AME.com

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan supaya dapat meningkatkan keahlian ini. berikut cara-caranya:

1. Praktikkan Secara Teratur

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keahlian ini adalah dengan mempratikkannya secara teratur dan konsisten. Semakin berlatih dengan keras, maka keahlianmu akan semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Sebagai contoh, misalkan kamu mempunyai keahlian dalam mengoperasikan Microsoft Word. Lakukan latihan secara rutin supaya semakin mahir dalam mengoperasikannya. Jangan lupa untuk membuat jadwal latihan khusus agar semakin teratur.

2. Minta Kritik dan Saran

Jangan sungkan untuk meminta kritik dan saran kepada orang-orang yang mahir di bidangnya, entah itu teman, rekan kerja, atau bahkan keluarga sekalipun. Dengan begitu, kamu akan tahu letak kekuranganmu sehingga ke depannya dapat diperbaiki secara profesional.

Selain meminta kritik dan saran, kamu juga bisa meminta rekomendasi terkait bagaimana cara yang paling efektif dalam meningkatkan hard skill. Secara perlahan-lahan, kamu akan menguasainya dengan baik apabila melakukan cara ini dengan konsisten.

3. Ikut Kursus Online

Penting untuk terus belajar dan memperdalam hard skill sehingga tidak berhenti di situ-situ saja. Ikuti kursus/kelas online yang ada saat ini. Seperti yang diketahui, banyak kursus online yang bertebaran di mana-mana.

Kursus ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengasah kemampuan teknis. Sebab, dengan terus belajar maka wawasanmu akan semakin bertambah. Misalkan kamu sedang ingin mengasah skill finance, maka kamu bisa ikut kursus online yang menjelaskan tentang bagaimana cara mengelola keuangan, accounting, dan lain-lain.

Baca juga:  Ticketing System dalam Layanan Pelanggan, Efektif dan Efisien!

4. Mengejar Pendidikan Tinggi

Cara lain untuk meningkatkan kemampuan ini adalah dengan menempuh gelar yang kamu minati sampai ke pendidikan tinggi.

Sebagai contoh, kamu ingin menjadi seseorang yang ahli di bidang komputer. Maka, kamu bisa menempuh pendidikan di dalam bidang ilmu komputer hingga S2 atau bahkan S3 sekalipun.

Pasalnya, sebagian besar pendidikan di universitas akan memberikan keterampilan yang kamu butuhkan sesuai dengan bidang yang ingin dikuasai.

Fungsi Hard Skill bagi Pengembangan Bisnis

Untuk mengembangkan sebuah bisnis tentu sangat diperlukan kemampuan hard skill. Sebagai seorang pemilik bisnis atau perusahaan tentu harus memilih karyawan yang memliki hard skill yang baik. Hal ini ditujukan agar perusahaan menjadi berkembang lebih baik dan juga mendapatkan income perusahaan yang banyak.

Bisnis akan berjalan jika didalam bisnis tersebut terdapat orang-orang yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidang bisnis yang dikembangkan. Tanpa adanya kemampuan teknis yang baik yang dimiliki oleh karyawan maka bisnis akan menjadi kurang sehat. Bisa jadi hasil produksi yang kurang baik, atau dalam bidang pemasaran yang menjadikan bisnis tidak berkembang.

Menurut Alison Doyle, seorang pakar di bidang karier dan pencarian kerja, menyebut bahwa kemampuan teknis adalah kemampuan yang bisa dipelajari, dievaluasi, dan diukur. Doyle menyebut bahwa hard skill adalah aspek yang dilihat pertama kali oleh perekrut pada proses interview, untuk membandingkan antara satu pelamar dan pelamar lain.

Doyle juga menggarisbawahi bahwa hard skill adalah senjata utama seorang kandidat untuk menjajaki dunia kerja. Bahkan untuk mencari kandidat karyawan dengan kemampuan teknis paling mumpuni, korporasi maupun perusahaan berani menggelar ujian masuk yang sangat ketat.

Itu dia serba-serbi mengenai hard skill yang perlu kamu ketahui. Penting untuk mengasah kemampuan ini, baik ketika kamu sedang mencari kerja atau sudah bekerja. Sudah siap untuk menguasai hard skill dengan baik? Yuk mulai mempelajarinya dari sekarang.