Dehidrasi Bisa Bikin Bibir Kering? Segera Atasi dengan Cara Alami

Kenapa bibir bisa kering? Pertanyaan semacam ini memang masih sering dilontarkan baik wanita maupun pria. Bibir kering dan pecah-pecah merupakan sebuah kondisi yang umum terjadi. Orang dari segala usia dan jenis kelamin bisa saja mengalami bibir pecah-pecah, terutama jika kamu memiliki jenis kulit kering. Bibir kering ini sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor dan tergolong mudah untuk diobati dengan perawatan sederhana. Dan ternyata, salah satu penyebab bibir menjadi kering dan pecah-pecah adalah dehidrasi. Kok bisa? 

Dehidrasi dapat mengacaukan keseimbangan mineral alami dalam tubuh, menyebabkan kerusakan tidak hanya sistem organ dalam tubuh, tetapi juga berdampak negatif pada kulit. Dehidrasi juga menimbulkan gejala seperti pusing, sembelit, penurunan produksi urine, mulut dan bibir kering, hingga sakit kepala. Jadi, untuk menghindari dehidrasi, pastikan kamu minum 8-12 gelas air setiap hari. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari bibir kering. 

Penyebab Bibir Kering

bibir kering

Ternyata, penyebab bibir menjadi kering tidak hanya dehidrasi saja. Ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebabnya, yaitu:

1. Terus Menerus Menjilat Bibir

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan sebagian besar orang adalah terus menerus dan tanpa sadar, saat bibir terasa kering adalah menjilati bibir. Walaupun menjilat bibir bisa memberikan kelembapan sementara, namun ternyata air liur yang berpindah dari mulut ke bibir malah akan menggerogoti lapisan kulit bibir yang tipis dan menghilangkan kelembapan alaminya. Solusinya adalah, sebisa mungkin hentikan kebiasaan menjilat bibir saat kamu merasa bibir mulai mengering. 

Baca juga:  Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) yang Harus Dikuasai saat Darurat

2. Sering Menggigit Bibir

Pada umumnya, kebiasaan menggigit bibir bisa disebabkan oleh rasa gugup dan cemas, sedang memusatkan konsentrasi pada hal tertentu, atau bisa juga hanya untuk melawan rasa bosan. Sama halnya dengan menjilat bibir, kebiasaan menggigit bibir ini juga bisa mengancam kesehatan bibir kamu. Saat kamu menggigit bibir, maka gigi akan mengiritasi bibir dan membuat lapisannya terkoyak dan retak, bahkan hingga berdarah.

3. Banyak Konsumsi Makanan Asin atau Pedas

Jika kamu termasuk orang yang mudah mengalami bibir kering dan pecah-pecah, maka sebaiknya kamu mulai mengurangi konsumsi makanan asin. Karena garam yang terkandung dalam makanan asin bisa mengiritasi lapisan kulit bibir dan menyebabkan peradangan. Begitu juga dengan makanan pedas. Solusinya adalah perbanyak konsumsi buah dan sayur yang bisa mengembalikan keseimbangan pH tubuh.

4. Terekspos Matahari Berlebihan

Paparan sinar matahari juga menjadi penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah, bahkan ketika cuaca berawan dan mendung. Jadi, kamu bisa mengoleskan lipbalm yang mengandung minimal SPF 15 setiap kali akan beraktivitas di luar ruangan. Pilihlah lipbalm yang mengandung titanium dioxide, zinc oxide, atau avobenzone sebagai properti pelindung UVA.

Tips Atasi Bibir Kering Secara Alami

bibir kering

Bibir kering pada umumnya akan ditandai dengan adanya celah-celah atau sel-sel kulit mengelupas di sekitar bibir. Walaupun seringnya membuat kulit terasa kasar, namun hal ini juga bisa terasa menyakitkan dan bahkan bisa sampai berdarah kalau kondisinya sudah parah. Jadi, jangan tunggu sampai bibir berdarah, baru mencari pengobatannya. Berikut ini ada berbagai cara sederhana untuk mengatasi bibir pecah-pecah yang bisa dilakukan sendiri di rumah secara alami:

Baca juga:  Awas! Efek Samping Paracetamol Ini Bisa Berbahaya

1. Madu

Kamu bisa menggunakan bahan alami seperti madu untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Madu dapat berfungsi sebagai pelembab alami yang juga memiliki sifat anti bakteri. Caranya adalah, oleskan madu murni pada bibir beberapa kali sehari dan lihatlah perubahannya. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Mentimun

Mentimun tidak hanya ampuh untuk menyegarkan tenggorokan saja, tetapi juga berkhasiat dalam mengobati bibir pecah-pecah. Selain itu, mentimun juga dapat mengurangi bercak-bercak hitam pada bibir, sehingga bibir kamu akan tampak lebih cerah, lembap, dan cantik alami. Caranya, iris mentimun dan gosokkan dengan lembut pada bibir. Diamkan selama 15 menit, lalu cuci dengan air biasa dan lihatlah perubahan pada bibir kamu. 

3. Gula pasir

Menggosok bibir menggunakan scrub bertujuan untuk membuat sel-sel kulit mati terkelupas. Setelah terkelupas, maka warna alami bibir akan semakin terlihat dan digantikan oleh sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Ada banyak bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membuat ramuan scrub bibir, salah satunya dengan gula pasir yang ditambah dengan beberapa tetes minyak zaitun. Kamu juga bisa menambahkan ½ sdt madu, lalu aduk hingga rata. Dan scrub siap untuk diaplikasikan pada bibir. 

4. Lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya mengandung bahan alami yang sangat bermanfaat untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Cara pemakaiannya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada bibir sebelum tidur secara teratur. Dengan begitu, bibir kamu seketika akan terasa dingin dan segar.

Kalau masalah bibir kering dan pecah-pecah kamu tidak kunjung teratasi dengan cara alami seperti tang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera hubungi dokter. Karena pada kasus yang jarang, bibir pecah-pecah juga dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, lho. Jadi kamu tetap harus waspada, ya!