Jerawat Punggung: Penyebab, Cara Mengatasi dan Mencegah

Selain di wajah, jerawat juga bisa muncul di bagian tubuh mana pun termasuk punggung. Jerawat punggung seringkali meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan. Untuk sebagian orang, hal ini terasa mengganggu terutama untuk penampilan. Penyebab jerawat punggung biasanya dikarenakan penumpukan minyak berlebih, kotoran, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Hal ini mengakibatkan berkumpulnya bakteri di bawah kulit.

Kemunculan jerawat punggung rasanya cukup mengganggu karena terkadang menimbulkan rasa gatal dan perih. Oleh karena itu, kita diharuskan menjaga kebersihan kulit supaya terhindar dari permasalahan tersebut. Membasmi permasalahan kulit tersebut bisa melalui dua solusi, yaitu menggunakan cara alami dan obat-obatan atau prosedur medis. Yuk, simak penyebab, cara mengatasi dan mencegah jerawat punggung ini!

penyebab jerawat punggung
Sumber: iStockPhoto

Penyebab Jerawat Punggung

Perlu diingat, penyebab munculnya jerawat di punggung tidak selalu sama antara satu orang dengan yang lain.

1. Hormon

Jerawat muncul saat produksi hormon tertentu mengalami peningkatan secara signifikan, seperti saat pubertas (usia 10–13 tahun), serta pada wanita saat menstruasi dan kehamilan. Selain itu, ketidakstabilan hormon pada penderita penyakit tertentu, misalnya ovarium polikistik atau PCOS, juga bisa memicu timbulnya jerawat. Pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak, kemunculan jerawat akibat ketidakstabilan hormon cenderung lebih banyak, termasuk di punggung.

2. Genetik

Faktor genetik juga dapat menyebabkan seseorang lebih mudah berjerawat. Bila orang tua kamu memiliki jenis kulit berminyak, misalnya, kamu pun akan memiliki jenis kulit yang sama dan kemungkinan lebih mudah berjerawat, termasuk di punggung.

3. Pakaian

Munculnya jerawat punggung terkadang bukan disebabkan fluktuasi hormon atau faktor genetik. Pemakaian pakaian yang ketat juga bisa menjadi penyebab jerawat di punggung. Pakaian ketat membuat kulit sulit bernapas dan menyebabkan penyumbatan keringat. Bila keringat tersumbat, maka akan memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Pakaian ketat tidak hanya memicu pertumbuhan jerawat di punggung, tetapi juga akan memperparah jerawat punggung yang sudah muncul.

Baca juga:  Penyebab Muncul Jerawat di Wajah, Ada 8 Spot Berbeda

4. Kebersihan Tempat Tidur

penyebab jerawat punggung
Sumber: iStockPhoto

Seprai, bantal, guling, serta kasur wajib dibersihkan secara rutin. Jika tidak dilakukan, tempat tidur bisa menjadi kotor, lembap, dan berminyak sehingga disukai bakteri untuk tinggal dan berkembang biak. Menjaga kebersihan tempat tidur merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya masalah kulit, termasuk jerawat punggung. Cuci seprai, sarung bantal dan guling setiap seminggu sekali untuk menjaga kebersihan tempat tidur.

5. Konsumsi Obat Tertentu

Beberapa jenis obat dan suplemen juga bisa memengaruhi produksi hormon yang pada akhirnya memicu pertumbuhan jerawat. Contoh obat yang dapat memicu timbulnya jerawat punggung adalah antidepresan, suplemen bubuk protein, suplemen yang mengandung hormon, atau pil KB dengan efek samping menimbulkan jerawat.

6. Stres

Selain kelima penyebab di atas, hal yang dapat mengakibatkan munculnya jerawat di punggung adalah stres. Kondisi ini bukan penyebab langsung, namun bisa menjadi faktor pemicu.

Cara Mengatasi Jerawat Punggung

Penyebab jerawat punggung terjadi karena adanya kelenjar minyak dan folikel rambut. Dalam kebanyakan kasus, kamu dapat menghilangkan jerawat dengan melakukan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan. Berikut adalah beberapa cara mengatasi jerawat punggung dengan perubahan gaya hidup: 

1. Eksfoliasi

Gunakan scrub dari asam salisilat (salicylic acid) untuk menghilangkan kotoran dan minyak ekstra dari kulit. Cara ini juga dapat membantu mengurangi jumlah kulit mati yang berisiko menyumbat pori-pori. Cara ini mendorong peremajaan kulit, sehingga menghaluskan dan memperbaiki tekstur permukaannya. Melakukannya secara rutin dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.

2. Gunakan Tea Tree Oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil telah dapat membantu mengobati berbagai masalah kulit, salah satunya jerawat. Kandungan tersebut bekerja dengan membunuh bakteri penyebabnya. Bahan alami ini bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat di badan atau punggung. Penggunaan produk minyak pohon teh mengurangi jumlah lesi pada pengidap jerawat ringan hingga sedang. 

3. Mandi Setelah Olahraga

penyebab jerawat punggung
Sumber: iStockPhoto

Membiarkan keringat dan kotoran menempel di kulit setelah berolahraga berisiko tinggi menyebabkan munculnya jerawat di punggung. Oleh karena itu, sebaiknya segeralah mandi setelah berolahraga.

4. Hindari jenis obat tertentu

Cara menghilangkan jerawat di badan atau punggung juga bisa dengan menghindari konsumsi obat-obatan tertentu. Contohnya termasuk androgen (hormon pria) dan lithium yang berisiko meningkatkan munculnya jerawat. Jika kamu menggunakan salah satunya, bicarakan dengan dokter tentang jenis obat lain yang memungkinkan.

Baca juga:  7+ Cara Menghilangkan Jerawat Punggung yang Ampuh Hasilnya!

5. Gunakan pembersih berbahan benzoil peroksida dan asam salisilat

Kamu juga dapat menggunakan pembersih tubuh yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida. Benzoil peroksida dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, sementara asam salisilat baik untuk benjolan dan komedo. Gunakan produk yang mengandung kedua bahan tersebut sampai jerawat hilang.

Mencegah Jerawat Punggung

Agar jerawat punggung tidak muncul lagi setelah diobati, ini beberapa cara untuk mencegah datangnya jerawat punggung.

1. Kenakan Pakaian Longgar

Kebiasaan olahraga dengan pakaian ketat dapat menjebak kotoran dan keringat, sehingga berisiko masuk ke dalam pori-pori dan memicu jerawat. Jadi, sebaiknya pilih pakaian yang longgar agar kulit dapat bernapas. Selain dengan cara alami, kamu juga bisa menggunakan obat-obatan yang terjual bebas di apotik.

2. Singkirkan Rambut dari Punggung

Rambut panjang akan menjebak minyak dan kotoran masuk ke dalam kulit punggung, sehingga menyebabkan jerawat. Jadi, pastikan keramas secara teratur dan ikat rambut saat berkeringat. Selain keramas, kamu juga tidak boleh membiarkan kondisioner atau sampo terkena kulit punggung. Pasalnya, bahan-bahan dalam produk dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

3. Pilih Tabir Surya yang Tepat

penyebab jerawat punggung
Sumber: iStockPhoto

Cara mengatasi jerawat punggung selanjutnya adalah menggunakan tabir surya. Apalagi saat kamu ingin berjemur di pantai atau berenang dengan menggunakan baju terbuka. Sebab, paparan sinar matahari dapat meningkatkan produksi minyak dan memicu penumpukan di permukaan kulit. Hal ini berpotensi menyebabkan munculnya jerawat punggung. Jadi, rutinlah menggunakan tabir surya sebagai cara menghilangkan jerawat di badan atau punggung. 

4. Konsumsi Makanan Sehat

Pola makan yang tidak sehat dapat memengaruhi tubuh dalam berbagai cara. Jika rentan berjerawat, makanan bisa menjadi pemicunya. Makanan tinggi indeks glikemik (GI), dapat memperburuk jerawat. Artinya, makanan tersebut menyebabkan gula darah naik dengan cepat. Makanan ini termasuk roti putih, pasta putih, dan nasi, serta ketan putih. Maka dari itu, penting untuk bijak dalam mempraktikkan konsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Caranya dengan konsumsi sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian utuh. 

5. Cuci Barang Pribadi Secara Rutin

Penting untuk selalu menggunakan handuk, sprei, dan sarung bantal bersih supaya bakteri tidak menumpuk. Pastikan untuk mengganti barang-barang tersebut secara berkala, setidaknya seminggu sekali.

6. Kenakan Pakaian Bersih

Pakaian kotor dapat menampung keringat, minyak, dan kotoran. Menggunakannya dua kali sebelum mencucinya meningkatkan risiko iritasi  kulit dan berkontribusi terhadap berkembangnya jerawat. Langkah sederhana ini bisa menjadi cara mencegah jerawat di badan atau punggung.

Nah, itulah hal-hal yang berkaitan dengan jerawat punggung. Tips agar jerawat punggung tidak semakin parah, jangan pernah memencetnya dan rajin mandi menggunakan sabun mandi untuk jerawat punggung. Selain itu, perbanyak konsumsi makanan sehat dan air putih. Hindari mengenakan pakaian ketat, rajin mengganti pakaian, dan bersihkan area tempat tidur.