5 Manfaat Peptide untuk Dapatkan Kulit Sehat dan Awet Muda

Peptide adalah salah satu bahan skincare terbaru yang terkenal manfaat anti-penuaannya. Kini kamu dapat menemukan kandungan peptide yang terdapat pada pelembap, serum, sheet mask, eye cream, dan produk skincare lainnya. Baca terus artikel ini untuk mengetahui arti peptide adalah, manfaat, serta bagaimana efek sampingnya saat diaplikasikan ke kulit wajah. Simak ulasan selengkapnya! 

Arti Peptide adalah..

Sebelum lebih lanjut memahami apa itu peptide, mari kita mulai dari penjelasan awalnya. Tahu kan, salah satu komponen penting untuk kulit adalah protein yang terdiri dari kolagen, elastin, dan keratin. Ketiga jenis protein ini memiliki fungsinya masing-masing untuk menjaga kulit tetap halus dan kenyal. 

Kali ini kita akan mengulas khususnya terkait fungsi kolagen yang menjadi bagian kokoh untuk menahan lapisan atas kulit serta menghasilkan kulit kenyal. Tubuh secara alami mengganti dan memperbarui kolagen, namun proses ini dapat melambat seiring bertambahnya usia. Dampak yang paling terlihat adalah munculnya garis-garis halus dan kerutan di kulit akibat menurunnya kolagen.

DI sinilah masuk peran produk skincare yang mengandung bahan aktif untuk merangsang peningkatan produksi kolagen, salah satunya peptide. Istilah mudahnya, peptide adalah protein dalam ukuran kecil yang berasal dari asam amino, bekerja menembus kulit untuk memperkuat protein kulit yang ada, salah satunya kolagen. 

Baca juga:  Potongan Wolf Cut: Cara Perawatan dan Tips Stylingnya

Karena memberi manfaat anti penuaan, peptide membantu menghaluskan kulit dari kerutan, memperbaiki kulit yang rusak, hingga mencerahkan kulit.

peptide adalah

Jenis-Jenis Peptida untuk Kulit

Produk skincare dengan formula peptide biasanya mengandung salah satu jenis peptida berikut:

  • Signal peptides: Peptida ini bekerja memberi sinyal pada sel kulit untuk memproduksi kolagen, elastin, dan bentuk protein lain yang dapat membantu kulit terlihat lebih muda.
  • Carrier peptides: Tugasnya membantu menstabilkan dan mengantarkan copper ke enzim tertentu di tubuh. Jenis peptide ini membantu meningkatkan fungsi kolagen dan elastin, serta menyembuhkan luka.
  • Enzyme-inhibitor peptides: Jenis peptida ini meminimalkan aktivitas enzim yang memperlambat penurunan kolagen, pada akhirnya membuat kulit tampak lebih muda.

Manfaat Produk yang Mengandung Peptide untuk Kulit

Manfaat peptide adalah membantu merangsang produksi kolagen yang bagus untuk meningkatkan kekencangan kulit. Ada banyak manfaat yang kamu peroleh dari penggunaan produk peptide seperti berikut ini:

1. Mengurangi Munculnya Garis-Garis Halus

Dengan manfaatnya merangsang produksi kolagen, peptida dapat meningkatkan tampilan kulit yang lebih montok. Peptida membantu membangun kembali kolagen dan menjaga penampilan kulit semakin awet muda.

2. Memperkuat Skin Barrier

Selain bekerja untuk memperkuat sel-sel kulit, peptide juga dapat membantu memperkuat fungsi skin barrier yang melindungi kulit. Saat skin barrier kuat, kelembapan akan bertahan secara efektif. Kulit akan lebih tahan dengan paparan lingkungan serta tampak lebih halus dan awet muda.

Baca juga:  Jenis Parfum Tahan Lama yang Menempel di Tubuh, Langsung Jatuh Cinta! 

3. Membantu Meningkatkan Produksi Kolagen

Peptide mengirimkan sinyal ke sel-sel kulit untuk mendorong produksi kolagen secara alami yang menurun seiring usia bertambah. Setiap tahunnya produksi kolagen menurun, yang menyebabkan kulit muncul kerutan, dehidrasi, berubah warna, kendur, hingga tampilan kulit kusam. Di sinilah peran peptide yang mendorong pembaruan lebih banyak kolagen, sebagai elemen penting dari struktur kulit yang sehat. 

peptide adalah

4. Mengunci Hidrasi dan Elastisitas Kulit

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen menurun yang juga memicu kulit rentan terkena dehidrasi yang menyebabkan kulit kusam, kering, dan garis-garis halus. Berkat kemampuannya untuk mendorong produksi kolagen dalam tubuh, secara bersamaan, peptide membantu meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit.

5. Memiliki Sifat Anti-Inflamasi

Antioksidan yang terkandung dalam peptida membantu menenangkan dan menyejukkan kulit meradang berkat sifat anti-inflamasi di dalamnya.

Cara Penggunaan Produk Peptide untuk Kulit

Umumnya, produk skincare yang memiliki formula peptida di dalamnya, aman digunakan untuk semua jenis kulit. Dalam mencapai keefektifan produk yang maksimal, peptida dapat diterapkan ke dalam rutinitas skincare pagi dan malam hari. 

Hasil kulit terbaik didapatkan setelah kamu melakukan eksfoliasi mingguan, karena produk peptide akan menembus kulit lebih dalam. Catatan penting, hindari pemakaian produk AHA secara bersamaan yang dapat menurunkan efektivitas produk peptida. 

Kamu bisa menggunakan produk peptide bersama dengan hyaluronic acid, vitamin C, dan niacinamide. Menambahkan peptide adalah langkah terbaik untuk mendapat hasil kulit yang halus, awet muda, dan bebas masalah kulit.

Baca juga: 6+ Manfaat Aloe Vera untuk Wajah Lembab dan Glowing

Peptide adalah formula terbaik dalam produk perawatan kulit yang bisa kamu jadikan pilihan tepat untuk merawat wajah semakin awet muda. Pastikan penggunaan produk peptida untuk kulit wajah sudah sesuai dengan rekomendasi dari dokter agar hasil kulit wajah yang sehat dan ternutrisi semakin nyata!