perawatan wajah pria
Ilustrasi pria yang membersihkan wajah (Sumber: Freepik)

Perawatan Wajah Pria: Skincare Routine dan Manfaatnya

Perawatan wajah bukanlah hanya urusan wanita saja. Saat ini, semakin banyak pria yang mulai sadar akan pentingnya perawatan wajah agar tampil lebih segar, sehat, dan menarik. Salah satu hal yang dapat membantu para pria dalam merawat wajah mereka adalah dengan menggunakan produk perawatan wajah untuk pria. Aktivitas ini tentu kudu bersamaan dengan kebiasaan-kebiasaan baik pula.

Kulit wajah merupakan area yang cukup sensitif daripada kulit lainnya. Wajah mudah terpapar debu dan iritan sehingga kulit mudah kusam dan teriritasi. Dengan merawat wajah, para pria bisa terbebas dari rasa tidak nyaman atau masalah kulit yang mengganggu, seperti gatal, perih, atau jerawat. Jika kamu baru memulai perawatan wajah, kamu bisa menyimak manfaat dan langkah-langkahnya.

perawatan wajah pria
Sumber: iStockPhoto

5 Manfaat Skincare Routine untuk Pria

Jangan salah, pria juga membutuhkan perawatan agar kulit tetap sehat dan selalu terlindungi. Selain itu, banyak dampak positif yang ditimbulkan. Ini dia 5 alasan pria juga butuh perawatan.

  1. Mencegah komedo atau bruntusan. Komedo yang tidak diatasi dengan benar bisa menjadi  penyebab munculnya jerawat.
  2. Mencegah munculnya jerawat. Sama dengan komedo, jerawat bisa tumbuh diseluruh tubuh seperti wajah, hidung, leher, hingga punggung.
  3. Mencegah kulit kering dan kusam. Kurangnya cairan pada lapisan kulit adalah salah satu penyebab kulit kering dan kusam.
  4. Mencegah munculnya garis halus dan kerutan. Pria dengan perokok aktif, konsumsi alkohol dan sering mengalami stress cenderung akan memiliki kerutan dan garis halus lebih cepat.
  5. Mencegah kulit kendur. Jarang berolahraga dan sering begadang, mengonsumsi makanan manis dan gaya hidup tidak sehat lainnya tanpa disadari membuat kulit kendur.

Langkah-Langkah Perawatan Wajah untuk Pria

Pria memiliki pori-pori wajah yang lebih besar daripada wanita sehingga produksi sebumnya pun cenderung lebih banyak. Untuk mengatasi hal tersebut, terdapat sejumlah cara perawatan wajah pria yang bisa dilakukan secara rutin, di antaranya adalah:

1. Mengenali Jenis Kulit

Cara perawatan wajah pria yang pertama adalah dengan mengenali tipe atau jenis kulit wajah terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menentukan metode perawatan dan jenis produk skincare yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Pada dasarnya, jenis kulit wajah pria dapat dibedakan menjadi beberapa tipe, yaitu:

  • Kulit sensitif: Lebih rentan mengalami iritasi kulit, seperti munculnya sensasi perih dan kemerahan setelah menggunakan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan atau bahan kimia yang bersifat iritatif (alkohol, parfum, dan lain sebagainya).
  • Kulit normal: Secara umum, tipe kulit ini memiliki tingkat kelembapan yang baik.
  • Kulit kering: Kulit tidak terhidrasi dengan baik sehingga menyebabkan kulit terasa kasar dan bersisik.
  • Kulit berminyak: Ditandai dengan pori-pori kulit wajah yang besar sehingga produksi minyak alaminya cenderung lebih banyak.
  • Kulit kombinasi: Area tertentu dari kulit wajah terasa berminyak dan area kulit lainnya terasa kering.
Baca juga:  Mau Tahu Perbedaan Toner dan Micellar Water? Simak di Sini!

2. Memilih Produk Skincare yang Tepat

perawatan wajah pria
Sumber: iStockPhoto

Setelah mengetahui jenis kulit yang dimiliki, cara perawatan wajah pria berikutnya adalah memilih produk skincare yang tepat. Misalnya, jika kulit wajah cenderung berminyak dan mudah berjerawat, pilihlah produk skincare yang bersifat non-comedogenic (tidak menyumbat pori-pori) dan berbasis asam, seperti asam salisilat atau asam glikolat guna membantu mempercepat pemulihan jerawat.

Di sisi lain, jika memiliki kulit wajah yang kering dan sensitif, disarankan untuk menghindari produk skincare yang mengandung alkohol, parfum, dan bahan pewarna karena berisiko menyebabkan iritasi kulit. Pria dengan kulit wajah sensitif juga direkomendasikan untuk memilih produk skincare yang memiliki label hypoallergenic (berisiko lebih kecil dalam menimbulkan reaksi alergi).

3. Menggunakan Tabir Surya pada Siang Hari

Penting pula untuk menggunakan tabir surya pada siang hari guna melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sebab, sinar matahari terdiri dari sinar ultraviolet (UVA dan UVB) yang dapat mempercepat efek penuaan dini, menyebabkan kulit terasa terbakar, hingga meningkatkan risiko kanker kulit. Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara optimal, pilihlah tabir surya yang memiliki SPF minimal 30 dan tahan air. Aplikasikan tabir surya tersebut pada kulit wajah 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan dan jangan lupa untuk mengaplikasikannya secara berulang setiap 2 jam sekali.

4. Membersihkan Wajah secara Rutin

Cara merawat wajah pria agar tidak kusam berikutnya adalah membersihkan wajah secara rutin, yaitu sebanyak dua kali sehari. Waktu cuci muka yang disarankan adalah pada pagi hari untuk membersihkan kotoran yang menempel selama tidur dan malam hari sebelum tidur untuk membersihkan kotoran setelah beraktivitas seharian penuh. Selain itu, penting pula untuk segera mencuci wajah saat kulit berkeringat karena hal tersebut dapat memicu iritasi yang menyebabkan masalah kulit. Adapun langkah-langkah untuk membersihkan wajah yang tepat adalah sebagai berikut.

  • Membasuh wajah dengan air bersih.
  • Mengusapkan produk facial wash pada wajah dengan gerakan melingkar dan secara perlahan.
  • Membasuh wajah dengan air bersih kembali untuk membersihkan sisa-sisa sabun.
  • Mengeringkan kulit wajah dengan tisu atau handuk bersih. Namun, hindari menggosok wajah terlalu keras saat mengeringkan wajah untuk mencegah iritasi kulit.

5. Menggunakan Toner dan Pelembap

Toner merupakan produk perawatan kulit wajah yang berfungsi untuk membersihkan pori-pori kulit, mengembalikan pH kulit, dan menghidrasi kulit setelah mencuci wajah. Terdapat dua jenis toner yang umum digunakan, yaitu hydrating toner dan exfoliating toner. Jika memiliki kulit wajah yang kering, hydrating toner bisa menjadi pilihan untuk menjaga dan meningkatkan kelembapan kulit wajah. Sementara itu, bagi pria yang memiliki kulit wajah berminyak dan berjerawat dapat memilih exfoliating toner untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati serta sisa kotoran di wajah.

Baca juga:  10 Skincare Lokal yang Tidak Kalah dengan Skincare Luar

Setelah selesai mengaplikasikan toner, kemudian dapat dilanjutkan dengan menggunakan pelembap pada kulit wajah secara merata untuk menghidrasi kulit secara optimal. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembapan kulit sehingga membuat kulit tampak sehat dan kenyal, serta mengurangi risiko penuaan dini. Apabila terdapat kerutan-kerutan halus di dahi atau bagian ujung mata, disarankan untuk menggunakan krim khusus anti-aging guna membantu menyamarkan kerutan-kerutan halus  tersebut.

6. Melakukan Eksfoliasi Wajah

Melakukan eksfoliasi wajah juga menjadi salah satu cara perawatan wajah pria yang tak kalah penting. Eksfoliasi merupakan metode perawatan wajah yang dilakukan untuk mengangkat sisa-sisa kotoran dan sel-sel kulit mati yang menempel di permukaan kulit. Dengan melakukan eksfoliasi wajah secara rutin, kulit wajah akan terlihat lebih cerah, bersih, dan terhindar dari jerawat. Eksfoliasi wajah cukup dilakukan 2-3 kali seminggu, karena jika dilakukan terlalu sering dapat mengakibatkan iritasi pada kulit.

7. Menggunakan Pisau Cukur yang Tepat

Saat merawat kulit wajah pria, mencukur kumis dan jenggot tentu menjadi hal yang penting untuk diperhatikan guna menjaga kebersihan kulit wajah secara menyeluruh. Namun, cara perawatan wajah pria ini perlu dilakukan dengan tepat, seperti memilih pisau cukur yang sesuai, mengoleskan krim cukur, dan mencukur searah pertumbuhan rambut. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit. Selain itu, pisau cukur juga perlu diganti setelah digunakan sebanyak 5–7 kali untuk menghindari risiko infeksi yang disebabkan oleh sarang bakteri yang bertumbuh pada pisau cukur tersebut.

8. Menjaga Gaya Hidup Sehat

Cara perawatan wajah pria yang penting untuk dilakukan adalah menjaga gaya hidup sehat sebaik mungkin. Pasalnya, gaya hidup tidak sehat berisiko merusak kulit wajah serta membuat wajah terlihat lebih kusam dan tidak sehat. Adapun sejumlah gaya hidup sehat yang perlu diterapkan untuk merawat kulit wajah pria adalah:

  • Tidak merokok.
  • Membatasi konsumsi minuman alkohol.
  • Mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang.
  • Minum air putih yang cukup, kurang lebih 2 liter/hari.
  • Mencukupi waktu tidur, yaitu sekitar 8–9 jam setiap malam.
  • Mengelola stres dengan baik.
  • Rajin berolahraga.

9. Berkonsultasi dengan Dokter secara Rutin

perawatan wajah pria
Sumber: iStockPhoto

Selain melakukan perawatan wajah sehari-hari, penting pula bagi setiap pria untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis dermatologi secara rutin, terutama jika memiliki masalah kulit tertentu, seperti dermatitis atopik atau eksim. Dengan begitu, dokter dapat menentukan metode pengobatan dan perawatan yang tepat untuk menangani masalah kulit tersebut. Selain itu, apabila menemukan benjolan, bercak kehitaman, atau tahi lalat pada wajah yang tidak biasa, jangan ragu untuk mengunjungi dokter sesegera mungkin. Sebab, hal tersebut bisa menjadi tanda atau gejala awal dari kanker kulit yang berbahaya.

Demikian sejumlah cara perawatan wajah pria yang perlu diperhatikan agar memiliki kulit yang bersih dan sehat. Apabila ingin mengetahui tips perawatan wajah pria yang tepat, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit guna memperoleh saran terbaik dari dokter spesialis kulit yang berpengalaman.

Mia Atika

Add comment

Share