Simak 8 Tips Perawatan Wajah secara Alami sebelum Tidur

Masalah pada kulit wajah tidak selalu disebabkan oleh kesalahan dalam memilih produk perawatan wajah. Terkadang, kebiasaan sebelum tidur, seperti tidak melakukan perawatan wajah dengan benar dapat memicu permasalahan pada kulit wajah. Itulah sebabnya, perawatan wajah secara alami sebelum tidur penting untuk dilakukan.

Kamu perlu ingat, proses regenerasi sel kulit akan berlangsung lebih cepat ketika kamu sedang tidur daripada di siang hari. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk melakukan beberapa tips cara merawat wajah di malam hari sebelum tidur. Dengan membersihkan dan melakukan perawatan kulit wajah sebelum tidur, maka setiap produk perawatan yang kamu beli akan lebih terasa manfaatnya. Yuk, simak beberapa tips perawatan wajah sebelum tidur di bawah ini!

perawatan wajah secara alami sebelum tidur
Sumber: iStockPhoto

8 Tips Perawatan Wajah secara Alami sebelum Tidur

1. Membersihkan Wajah

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam perawatan wajah secara alami adalah membersihkan wajah sebelum tidur. Urutan membersihkan wajah sebelum tidur bisa dimulai dengan menghapus riasan wajah terlebih dahulu, lalu menggunakan produk face wash. Sisa makeup yang tidak dibersihkan dengan sempurna berisiko menyumbat pori-pori dan menjadi penyebab munculnya jerawat.

2. Menggunakan Masker Alami

Setelah membersihkan wajah, gunakan pula masker wajah dalam rangkaian perawatan wajah secara alami sebelum tidur. Pilihlah jenis masker yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit wajah. Untuk menggunakannya, oleskan masker ke seluruh wajah secara merata dan tunggu selama 15–30 menit. Kemudian, bilas wajah hingga bersih dengan air. Perlu diingat bahwa masker wajah ini tidak perlu digunakan setiap hari. Cukup gunakan masker ini secara rutin dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil perawatan wajah alami yang maksimal.

Baca juga:  8 Rekomendasi Serum untuk Bulu Mata yang Bervolume

3. Menggunakan Serum Sesuai Kondisi Kulit Wajah

Apabila diperlukan, kamu bisa menambahkan serum wajah ke dalam rangkaian perawatan wajah secara alami sebelum tidur. Salah satu jenis serum wajah yang bisa digunakan adalah serum vitamin C yang berfungsi mengatasi kerusakan dan meningkatkan penyembuhan di kulit wajah. Selain serum vitamin C, kamu juga bisa menggunakan retinol saat malam hari. Tak hanya membantu mencerahkan kulit, tetapi retinol juga membersihkan kotoran penyebab jerawat di kulit wajah. Hindari menggunakan retinol setiap hari agar tidak terjadi iritasi.

4. Menggunakan Krim Pelembap

perawatan wajah secara alami sebelum tidur
Sumber: iStockPhoto

Setelah menggunakan serum wajah, jangan lewatkan penggunaan krim pelembap untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Selain melembapkan, pelembap juga berfungsi menutrisi kulit dan memaksimalkan proses regenerasi sel-sel kulit wajah. Carilah krim pelembap dengan kandungan bahan yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajahmu.

5. Perawatan di Area Bawah Mata

Perlu diketahui bahwa area di bawah mata memiliki kulit yang lebih sensitif, sehingga memerlukan perhatian khusus dalam perawatannya. Kamu bisa menggunakan produk perawatan bawah mata yang kaya akan antioksidan untuk mengurangi munculnya lingkaran hitam, pembengkakan, keriput, dan tanda-tanda penuaan lainnya di wajah. Menerapkan perawatan wajah ini dengan rutin akan membuat wajah tampak lebih sehat dan segar di pagi hari.

6. Membersihkan Bantal

Selain menggunakan produk perawatan kulit, penting bagimu untuk memperhatikan kebersihan bantal tidur. Pasalnya, minyak pada rambut bisa menempel di bantal. Ketika bantal bersentuhan dengan kulit wajah, hal ini dapat memicu permasalahan kulit, seperti jerawat. Maka dari itu, usahakan mengganti sarung bantal setidaknya setiap dua minggu sekali.

Baca juga:  Manfaat Mugwort bagi Kecantikan, Ini Rekomendasi Produknya

7. Minum Air Putih sebelum Tidur

Perawatan wajah secara alami sebelum tidur yang tak kalah penting selanjutnya adalah mengonsumsi air putih. Memperbanyak konsumsi air putih akan memberikan tambahan cairan tubuh yang baik bagi kesehatan kulit. Seperti menjaga kulit wajah agar tetap terhidrasi. Dengan begitu, kulit wajah akan selalu sehat.

8. Tidur yang Cukup Setiap Malam

perawatan wajah secara alami sebelum tidur
Sumber: iStockPhoto

Waktu tidur yang cukup dapat membantu kulit menjadi lebih sehat, tampak segar, dan bebas dari kerutan. Jika kamu mengalami gangguan tidur, lakukan beberapa cara yang bisa membantu mengatasinya. Di antaranya rutin berolahraga, tidak merokok, menghindari kafein dan minuman beralkohol, serta makanan berlebih. Selain itu, hindari makan malam mendekati jam tidur, karena bisa membuat tubuh lebih aktif dan menambah berat badan. Usahakan tidur selama 7-8 jam dalam sehari agar kulit dan tubuh menjadi sehat, segar, dan terhindar dari berbagai penyakit.

Itulah 8 tips perawatan wajah alami sebelum tidur. Selain kebiasaan-kebiasaan diatas, lakukan perawatan kecantikan dari dalam tubuh seperti mengatur pola makan dan juga pikiran. Pikiran yang stres mempengaruhi kondisi kesehatan wajah dan kulit pula. Penting diingat, jika ingin mendapatkan kecantikan alami, maka hal yang harus dilakukan adalah menjaga kesehatannya.