Mau Tahu Perbedaan Toner dan Micellar Water? Simak di Sini!

Para beauty enthusiast pasti sudah tahu produk skincare mana saja yang perlu digunakan untuk merawat kesehatan kulit. Bicara soal produk perawatan kulit, toner dan micellar water adalah dua produk yang penting diaplikasikan ke wajah meski tak jarang cukup membingungkan. Perbedaan toner dan micel water perlu dipahami agar kamu bisa mengaplikasikan dan mendapat manfaat baiknya untuk kulit.

Apa bedanya toner dan micellar water dari segi manfaat dan cara penggunaannya? Untuk mengetahuinya lebih jauh, mari simak ulasan tentang perbedaan toner dan micellar water yang dirangkum dari laman Be Beautiful.

Perbedaan Toner dan Micellar Water dari Manfaatnya

Kegunaan Toner Wajah

Biasanya setelah mencuci wajah memakai face wash dan mengeringkan kulit, kamu memerlukan toner untuk melembabkan kulit. Toner sendiri dibuat dari komposisi air dan ingredients yang bagus untuk merawat kulit, seperti gliserin, niacinamide, acids dan antioksidan. 

Manfaat dan kegunaan toner wajah ini adalah menjaga tingkat pH kulit agar tetap seimbang, mengecilkan pori-pori yang besar, mengangkat selsel kulit mati, dan meningkatkan hidrasi pada kulit. Cairan toner yang ringan dan meresap juga bekerja membersihkan bagian wajah secara menyeluruh. Formulanya yang cair dan ringan dari toner juga membantu mengontrol minyak berlebih, menghaluskan kulit, dan tampilan kulit jadi lebih plumpy.

perbedaan toner dan micellar water

Micellar Water Manfaatnya untuk?

Seperti yang telah kita pahami, micellar water familier manfaatnya sebagai penghapus makeup dan kotoran di wajah. Pada dasarnya, micel water terdiri dari minyak dan air yang dikombinasikan bersama misel atau tetesan minyak kecil yang dicampurkan secara kimia ke dalam air. 

Baca juga:  7 Urutan Skincare untuk Remaja, Bikin Kulit Glowing dan Sehat

Formula luar biasa dalam micellar water ini bagus untuk mengangkat sisa makeup, minyak, dan kotoran dari wajah serta membuatnya bersih dan terhidrasi. Produk face cleanser ini, di samping membersihkan sekaligus melembabkan wajah, tujuan utamanya adalah mengangkat minyak, kotoran, dan sisa makeup yang sulit dihapus. 

Tidak hanya itu, penggunaan produk micellar water secara konsisten dapat meningkatkan permeabilitas kulit. Apa artinya? Produk skincare yang kamu aplikasikan setelah micel water, formulanya dapat meresap lebih dalam ke kulit dan merasakan perbedaan nyata pada kulit. 

Micel water adalah pilihan terbaik untuk semua jenis kulit, terutama pemilik kulit kering dan sensitif. Kata kuncinya, produk cleanser ini komposisi alaminya menghidrasi dan membuat wajah bersih.

Urutan Aplikasi Toner dan Micellar Water

perbedaan toner dan micellar water

Pertama kali gunakan micellar water untuk membersihkan makeup sebelum kamu mengaplikasikan night skincare routine. Ini adalah step pertama dalam metode double cleansing untuk bersihkan kulit wajah. 

Cara aplikasinya dengan menuang sedikit micellar water pada kapas, usapkan dengan lembut ke wajah untuk membersihkannya. Kamu tidak perlu membilas pakai air karena formulanya ringan.

Cuci muka dengan face wash, keringkan dengan handuk lembut, lalu aplikasikan toner sesuai jenis kulit. Manfaat aplikasi toner ini untuk menutup pori-pori dan mengembalikan kelembaban kulit yang sempat hilang saat mencuci wajah. Toner juga sekaligus membuat wajah makin bersinar dan sehat. Setelah selesai, lanjutkan dengan pelembab.

Cara Aplikasi Toner dan Micellar Water untuk Wajah

Mari pahami perbedaan toner dan micellar water dalam aplikasinya. Micel water adalah formula cleanser yang sangat lembut untuk menghapus sisa riasan, kotoran, dan minyak. Sedangkan toner digunakan setelah face wash yang tujuannya untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit. Memakai campuran bahan yang tepat, manfaat toner juga bisa menghidrasi dan mengencangkan kulit.

Baca juga:  Sama-Sama Wangi, Ini Beda Body Mist, Body Spray, dan Cologne

Perlu selalu diingat bahwa aplikasi toner tidak untuk menghapus makeup dan kotoran wajah. Tujuan toner adalah mempersiapkan kulit agar mampu menyerap serum dan pelembab lebih dalam dan lebih cepat. 

Nah, sekarang kamu telah paham jika toner dan micellar water berbeda dari cara aplikasinya. Micel water dipakai sebelum face wash, sedangkan toner dipakai setelah cuci muka dan kulit dikeringkan.

Salah satu keunggulan toner dibanding micel water adalah pada jenis kulit yang diaplikasikan. Micellar water cenderung tidak bagus untuk kulit berminyak atau berjerawat. Toner, di sisi lain, telah dibuat dalam variasi yang luas untuk hampir semua masalah kulit.

Rekomendasi Produk Toner dan Micellar Water Terbaik

Garnier Micellar Cleansing Water Pink

perbedaan toner dan micellar water
Sumber: www.garnier.co.id

Produk ini cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit sensitif. Tidaklah berlebihan micel cleansing water serbaguna dari Garnier ini perlu kamu miliki. Pilihan produk ini sangat ideal untuk membersihkan kotoran dan makeup sehari-hari. Serta formula Glycerin yang ada dalam komposisinya, dapat melembabkan kulit wajah. Aplikasikan dengan lembut memakai kapas dan dapatkan hasil kulit bersih, segar, bercahaya dan cerah alami. 

Nuface Nu Glow Hydra Lock & Youthful Skin Toner

perbedaan toner dan micellar water
Sumber: shopee.co.id/nufaceid via IDN Times

Salah satu best face toner dari Nuface ini bisa kamu coba. Toner wajah dengan bahan niacinamide, ekstrak licorice, dan vitamin C sangat bagus untuk mencerahkan wajah. Formula menenangkannya berasal dari allantoin dan ekstrak chamomile. 

Cocok dipakai untuk semua jenis kulit dengan teknologi advanced hyaluronate yang melembabkan dan menjaga kulit tetap elastis. Gunakan toner ini bersama produk skincare lainnya yang dapat membuat wajah makin glowing!

Baca juga: 5 Manfaat Lactic Acid untuk Kulit Wajah Makin Glowing

Kini kamu telah memahami kegunaan serta perbedaan toner dan micellar water untuk hasilkan kulit wajah bersih, lembab, dan sehat. Selalu pakai rangkaian micellar water sebagai langkah awal membersihkan wajah, kemudian oleskan toner setelah mencuci wajah. Pastikan kamu selalu gunakan produk toner dan micellar water yang bagus dari berbagai brand kecantikan favoritmu.