perkembangan bayi 4 bulan

Ketahui Stimulasi Tepat untuk Perkembangan Bayi 4 Bulan

Banyak orang tua yang menganggap bahwa usia 4 bulan adalah masa keemasan bayi. Itulah mengapa perkembangan bayi 4 bulan menjadi suatu hal yang menarik untuk diketahui. Nah, berikut ini adalah ringkasan perkembangan bayi 4 bulan yang bisa dicocokan dengan bagaimana bayi di rumah.

Perkembangan Motorik Bayi 4 Bulan

perkembangan bayi 4 bulan

Jika sesuai perkembangan bayi usia 4 bulan, maka biasanya bayi mulai dapat mengangkat lengannya ketika diletakkan dengan posisi tengkurap. Bahkan ia juga bisa menjaga kepalanya ketika disandarkan dalam posisi duduk dan juga bisa berguling dengan cepat, atau bekerja keras untuk mencoba meraih sesuatu.

Dikutip dari Raising Children, bayi usia 4 bulan akan menunjukkan lebih banyak emosi. Jadi, jangan kaget apabila seorang bayi mulai bereaksi tidak senang apabila orang lain telah mengambil mainan favoritnya. Tidak hanya senang memasukan sesuatu yang diraihnya ke dalam mulut, bayi 4 bulan juga dapat menendang dan mendorong dengan kakinya. Menjelang bayi menginjak usia 4 bulan, sebagai orang tua kamu dan pasangan harus menikmati tidur malam yang nyenyak. Karena pada usia ini, seorang bayi biasanya bisa tidur tujuh hingga delapan jam berturut-turut, serta dua jam tidur siang tambahan.

Selama tiga bulan pertama, seorang bayi akan memiliki banyak kesulitan membedakan kontras warna, itulah sebabnya ia lebih suka warna-warna cerah dan benda yang berwarna hitam dan putih. Sekarang pada perkembangan bayi 4 bulan, penglihatannya semakin tajam dan menjadi sekitar 50 persen. Sehingga ia dapat memilih kontras warna yang lebih halus, seperti kancing merah di baju warna merah. Bayi juga dapat melihat objek di kejauhan, meskipun mereka masih lebih suka melihat orang dari dekat.

Baca juga:  4 Kegiatan Saat Induksi Persalinan Agar Terhindar dari Stress

Perkembangan bayi 4 bulan yang mulai aktif, tidak berarti bahwa ia membutuhkan makanan pendamping sebelum waktunya. Seorang bayi berusia 4 bulan idealnya masih hanya membutuhkan ASI. Beberapa orang tua ada yang memilih untuk memulai makanan padat saat usia bayi 4 bulan. Akan tetapi, kebanyakan dokter merekomendasikan untuk menunggu sampai bayi berusia 6 bulan untuk memulai MPASI.

Pentingnya Stimulasi Perkembangan Bayi

perkembangan bayi 4 bulan

Mengutip Kids Health, bayi berusia 4 bulan telah belajar mengenali orang-orang yang sering berada di dekatnya. Dan ia mulai fokus dalam memperhatikan berbagai hal. Jadi, sebagai orang tua, kamu dan pasangan bisa memberikan bentuk stimulasi untuk terus mendorong proses pembelajaran dengan melibatkan, merespons, dan mendorong eksplorasi bayi di usia ini. Bayi usia 4 bulan akan tertarik pada warna, pola, dan bentuk berbagai benda dan mainan. Dengan menjangkau berbagai hal, maka bayi akan belajar tentang sentuhan, bentuk, dan tekstur.

Bentuk Stimulasi Bayi 4 Bulan

perkembangan bayi 4 bulan

Mengutip dari First Cry Parenting, berikut ini adalah beberapa bentuk stimulasi bayi 4 bulan yang bisa dilakukan:

  • Membaca, adalah kegiatan yang menyenangkan dan terbukti dapat meningkatkan imajinasi dan kosa kata bayi. Stimulasi perkembangan bayi 4 bulan dengan cara membaca bersama ini dapat mengembangkan keterampilan kognitif.
  • Berbicara dengan bayi, adalah salah satu cara terbaik untuk membantunya mempelajari nuansa bahasa dan menguasai cara mengoceh yang lebih baik. Otak bayi yang sedang berkembang akan menyerap suara, nada, dan bahasa yang akan digunakan ketika mengucapkan kata-kata pertamanya. Oleh karena itu, setiap orang tua punya peran penting dalam mengajak bayi berbicara.
  • Biarkan bayi bermain dengan mainan yang berwarna-warni di atas matras untuk memperkenalkannya pada ragam tekstur. Stimulasi perkembangan bayi di usia 4 bulan ini akan memberikan pengembangan sensorik dan pemahaman sebab dan akibat.
  • Melihat dirinya sendiri dengan menatap cermin memiliki pesona dan kesenangan tersendiri bagi bayi. Stimulasi ini akan mengembangkan keterampilan sosial dan motorik bayi berusia 4 bulan. Jadi, berikan bayi waktu untuk mengamati ekspresi dan gerakan wajahnya di cermin, ya.
  • Lakukan gerakan olahraga sederhana sebagai bentuk stimulasi untuk perkembangan bayi 4 bulan. Kegiatan ini adalah salah satu bentuk pengembangan keterampilan kognitif dan motorik. Mulailah dengan mengangkat bayi ke atas dan ke bawah, lalu dorong bayi untuk menggerakkan lengan dan kakinya di udara. Kemudian tempatkan bayi dengan lembut di lantai.
  • Bernyanyi, adalah cara yang luar biasa yang bisa meningkatkan keterampilan kognitif dan sosial bayi di usia 4 bulan. Anak-anak memang akan lebih mudah terhubung dengan musik daripada bahasa. Oleh karena itu, kegiatan stimulasi perkembangan bayi ini pasti akan menarik perhatian bayi dan menanamkan rasa ikatan atau bonding antara orang tua dan bayi.
Baca juga:  10+ Contoh Cerita Fabel yang Penuh dengan Pesan Moral

Itulah perkembangan bayi 4 bulan serta bentuk stimulasi apa saja yang bisa dilakukan. Jadi, kamu bisa segera mempraktikkannya, ya.

Rishna Maulina

Share