Perkembangan Bayi 5 Bulan yang Harus Dipahami Orang Tua

Setiap bulan, seorang bayi akan mengalami perkembangan yang cukup cepat. Ketika bayi menginjak usia 5 bulan, ini adalah masa transisi yang besar baik bagi bayi maupun orang tuanya. Terdapat beberapa indikator yang perlu diperhatikan untuk melihat perkembangan bayi 5 bulan.

Rata-rata, perkembangan bayi 5 bulan menunjukkan bahwa seorang bayi mulai banyak berinteraksi dan bergerak. Yuk, cari tahu apa saja perkembangan bayi 5 bulan dan bagaimana cara yang tepat untuk memberikan stimulasi.

Perkembangan Bayi 5 Bulan

Pada usia 5 bulan, pada umumnya berat badan bayi akan meningkat dua kali lipat dari berat badannya ketika dilahirkan. Setiap bayi memang tidak berkembang dengan sama, namun rata-rata bayi 5 bulan berat badannya akan bertambah 1 sampai dengan 2 kg, sementara tingginya akan naik 2 cm.

Sementara itu, bayi yang lahir prematur atau bayi yang berkebutuhan khusus mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menaikkan berat badannya. Nah, dalam perkembangan bayi 5 bulan ini, akan ada berbagai hal baru yang mungkin terjadi, di antaranya adalah:

1. Bayi Bisa Duduk Tegak

perkembangan bayi 5 bulan

Sebagian bayi berusia 5 bulan mungkin masih perlu ditopang dengan bantal atau penyangga lainnya. Namun sebagian lainnya sudah bisa duduk tanpa penyangga selama beberapa detik. Dalam membantu bayi untuk duduk tegak, luruskan kedua kakinya ke depan. Hal ini akan membantu keseimbangan bayi saat duduk, dan mengurangi risiko terguling. Ketika bayi sudah berada di posisi duduk, letakkan pula beberapa mainan di depannya untuk dimainkan.

Baca juga:  Hati-Hati, Ini 8 Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil!

Selain itu, kelilingi juga bayi dengan bantal agar terlindungi jika ia jatuh. Melakukan tummy time atau tengkurap juga akan membantu bayi memperkuat otot lehernya dan mengembangkan kontrol kepala yang dibutuhkan bayi untuk duduk tegak. Selain itu, setiap orang tua juga dapat membantu bayi untuk memperkuat kakinya dengan menggendongnya berdiri di paha, lalu angkat ke atas atau ke bawah berulang kali.

2. Bayi Dapat Menggenggam Kuat

Di usia 5 bulan ini, genggaman bayi juga akan menjadi semakin kuat. Seorang bayi 5 bulan bisa menarik benda dan menggenggamnya, kemudian memindahkan benda tersebut dari satu tangan ke tangan yang lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa tangan bayi sudah kuat dan tangkas. Selain itu, bayi juga secara aktif akan berusaha menjangkau benda apa saja yang ada di sekitarnya.

Benda apa saja yang berada dalam genggamannya juga akan dimasukkan ke dalam mulut. Saking kuatnya genggaman bayi, maka terkadang akan cukup sulit untuk melepaskannya.

3. Penglihatan Bayi Semakin Tajam

perkembangan bayi 5 bulan

Penglihatan bayi berusia 5 bulan juga akan berkembang dan semakin tajam. Bayi dapat melihat dengan baik pada jarak yang berbeda, dan kedua mata bayi dapat secara bersamaan fokus tanpa berlainan. Di usia ini, kemampuan bayi dalam melihat warna juga telah menajam, di mana ia dapat membedakan warna yang terlihat mirip. Namun, bayi juga masih lebih menyukai warna-warna primer, seperti merah, kuning, atau biru.

4. Bayi Dapat Mengoceh dengan Jelas

Di usia 5 bulan, ocehan-ocehan yang dikeluarkan bayi mulai terdengar seperti kata-kata yang jelas dan nyata. Bayi dapat menyatukan suara konsonan dan vokal, seperti ba-ba, ma-ma atau da-da, dan lainnya. Namun, pada usia ini bayi belum bisa memaknai kata-kata. Sehingga ketika ia mengucap ma-ma mungkin itu bukan diarahkan untuk kamu sebagai Ibunya. Akan tetapi, bayi akan mencoba untuk menirukan bahasa yang kamu katakan meskipun hanya terdengar berceloteh.

Baca juga:  Perkembangan Bayi 2 Bulan: Apa Saja Jenis Kemampuan yang Dimiliki?

Selain itu, meskipun bayi belum mampu memahami kata-kata, ia juga akan memalingkan kepala ketika mendengar namanya disebut, atau ketika kamu mengatakan tidak kepadanya saat memasukkan mainan ke dalam mulutnya.

5. Bayi Dapat Mengekspresikan Perasaan

Bayi berusia 5 bulan mulai dapat mengekspresikan cinta, kasih sayang, bahkan lelucon. Ia akan menunjukkan perasaannya kepada orang yang ada di sekitarnya dengan cara mengangkat tangannya ketika ingin digendong, dan menangis ketika ia merasa ditinggalkan sendiri di ruangan. Bayi juga mungkin mulai dapat mencium atau memeluk orang tuanya.

Selain itu, ia juga mulai dapat membuat lelucon dengan membuat ekspresi lucu atau menertawakan ekspresi lucu orang lain. Menariknya lagi, bayi akan tersenyum pada orang dan mengenali wajah yang dikenalnya. Bayi juga sangat menikmati saat-saat bermainnya, ia biasanya akan tertawa bahagia.

Tips Stimulasi Bayi 5 Bulan

perkembangan bayi 5 bulan
  • Sebagai orang tua, kamu bisa memberikan bayi 5 bulan mainan sederhana dan berwarna-warni, misalnya mainan lunak untuk dimainkan.
  • Ketika sedang membacakan atau bermain bersama bayi, sebaiknya berikan nama untuk membantu mengajarkan bayi kata-kata baru.
  • Karena seorang bayi 5 bulan mulai belajar merangkak, pastikan untuk segera menutupi semua saklar listrik, tempatkan pembersih rumah tangga dan bahan berbahaya lainnya di dalam lemari yang terkunci. Dan jangan lupa untuk menyingkirkan semua benda berbahaya. Hati-hati juga saat meninggalkan secangkir kopi atau benda-benda panas lainnya, yang mungkin dapat membahayakan bayi.
  • Untuk menunjang perkembangan bayi 5 bulan, bisa juga didengarkan musik lembut atau murottal untuk menunjang stimulasi otaknya.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui saat perkembangan bayi 5 bulan. Perhatikanlah selalu, berbagai hal yang terjadi dalam perkembangan bayi. Pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhannya agar perkembangan bayi apat terus berjalan dengan lancar.