7 Manfaat Memilih Personal Color yang Tepat Untuk Gayamu

Akhir-akhir ini, tren personal color menjamur di seantero dunia. Melalui sosial media, kamu bisa menggunakan filter yang dapat menunjukkan beberapa warna yang cocok untukmu. Sebenarnya apa sih itu? Personal color adalah warna yang ada di dirimu sejak lahir. Hal ini dapat mempengaruhi gaya dan penampilanmu, lho! Salah warna sedikit saja, kulitmu akan terlihat lebih gelap.

Untuk mengetahui warna pribadimu, kamu harus mengetahui tipe warna kulit tubuh, warna mata, dan warna rambutmu. Hasil dari perpaduan ketiga hal ini akan menentukan warna apa yang cocok kamu gunakan agar tampilan kamu semakin menarik. Dan kamu tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Korea Selatan ataupun Jepang, karena sudah ada beberapa daftar konsultan untuk menentukan warna personalmu. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

personal color
Sumber: Pinterest

7 Manfaat Memilih Personal Color

Ada 9 keuntungan atau manfaat memilih warna yang cocok untuk kepribadianmu.

1. Tidak Salah Memilih Warna Pakaian

Apakah kamu yakin warna kesukaanmu bisa membuat penampilanmu terlihat semakin tua atau malah awet muda? Dengan melakukan analisis warna personal, kamu bisa mengetahui warna apa saja yang tepat untuk membuat tampilanmu terlihat muda. Warna terbaikmu akan membuatmu semakin cerah.

Baca juga:  Salicylic Acid Adalah: Rekomendasi Produk untuk Skincare

2. Dapat Memilih Warna Riasan yang Tepat

Setiap jenama produk riasan, mulai dari foundation hingga lipstik memiliki shade berbeda-beda. Jangan asal memilih shade! Salah pemilihan akan mengakibatkan kulit wajahmu terlihat “belang” atau berbeda warna dengan kulit tubuhmu. Terlihat seperti menggunakan topeng, bukan? Oleh karena itu, adanya warna personal bisa membuat wajah kita lebih segar.

3. Bisa Menentukan Warna Aksesori yang Cocok

Sumber: Pinterest

Dengan mengetahui tone kulit, kamu bisa menentukan aksesori yang cocok untuk penampilanmu. Jika kulitmu berwarna sawo matang atau yang memiliki undertone hangat, maka kamu bisa menggunakan emas kuning atau rose gold. Kalau kulitmu berwarna putih gading atau yang memiliki undertone dingin, maka kamu bisa menggunakan emas putih, platinum, atau perak. Sedangkan orang yang memiliki warna kulit kuning langsat bisa menggunakan berbagai macam warna perhiasan.

4. Menentukan Motif Pakaian yang Tepat

Ada beberapa jenis motif baju seperti: kotak-kotak, garis, bunga, polkadot, dan lainnya. Besar-kecilnya sebuah motif pada baju, atau misalkan motif bunga dengan background warnanya cerah malah membuat wajahmu tidak terlihat stand-out. Kulit wajahmu akan terlihat cerah apabila latar belakangnya berwarna gelap.

5. Memilih Warna Rambut untuk Bergaya

Setiap orang memiliki warna dasar rambut yang berbeda. Kamu sering bingung warna rambut apa ya yang cocok untukmu? Sering sekali sudah terlanjur dicat rambut dengan warna yang diinginkan, namun ternyata tidak cocok. Padahal kamu sudah rela bleaching rambut dan biaya cat rambut yang tidak murah. Tahapan menemukan warna rambut yang tepat ialah mengetahui pada hair shade berapa yang cocok dengan skin tone-mu.

Baca juga:  Capsule Wardrobe, Apa Itu? Ini Cara Membuatnya

6. Warna Kuku yang Cocok untuk Kepribadianmu

Ternyata skin tone juga mempengaruhi warna cat kuku yang akan kamu gunakan. Warna kuku yang salah dapat membuat jarimu terlihat kusam. Sedangkan warna kuku yang tepat dapat membuat warna jarimu terlihat lebih cerah. Jadi, jangan sampai kamu salah memilih warna kuku, ya!

7. Aroma Parfum yang Tepat Sesuai Kepribadian

personal color
Sumber: Pinterest

Siapa yang menyangka, jika parfum yang tahan lama pun bisa disesuaikan dengan kepribadian kita? Aroma parfum memiliki musimnya sendiri sesuai bahan utama pembuatan parfum. Seperti bau floral yang dominan memiliki bau seperti bunga-bungaan, hingga bau oriental yang memiliki bau seperti berada di hutan. Memiliki parfum dengan aroma tertentu bisa menentukan identitasmu.

Ada beberapa tahapan untuk menentukan personal color-mu, seperti: menjelaskan teori warna, menentukan skin tone dan undertone, hingga menentukan warna riasan dan pakaian yang tepat. Warna personal yang tepat akan membuat terlihat cerah untukmu jika didukung dengan kulit wajah yang sehat. Bahkan, membuat rasa percaya dirimu makin meningkat!

Oh iya, kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menemui konsultan personal color-mu. Beberapa konsultan berada di Indonesia, seperti:

  1. For Color You by Lee Chae Bin
  2. WOW Color Style by Oya Miranti
  3. Saekjo Studio Surabaya
  4. Moran Personal Color Jakarta
  5. Virtual Personal Color Analyst Indonesia

Jadi, warna personalmu yang mana nih?