Berpetualang di 5 Pesona Keindahan Gili Trawangan

Pulau Gili Trawangan Lombok selalu menjadi salah satu destinasi wisata favorit semua orang. Tempat ini banyak menawarkan keindahan alam, atraksi wisata dan tempat rekreasi menarik. yang bisa melengkapi aktivitas liburan kamu. Ada banyak pengalaman baru yang bisa kamu temukan ketika mengunjungi pulau tersebut. Jika kamu sudah terbiasa dengan wisata di pulau Bali, maka sekarang tidak ada salahnya kamu menemukan pengalaman lain dan menyebrang ke Gili Trawangan.

Alasan Mengapa Harus ke Gili Trawangan

Pantai Pasir Putih

Pulau Gili Trawangan Lombok memiliki kelebihan yang ditawarkan. Keindahan pantai berpasir putih dengan nuansa alamnya yang tenang, menjadi alasan kenapa memilih tempat ini menjadi pilihan wisata. Pantainya membentang luas, kebersihan pantainya selalu terjaga, sehingga banyak wisatawan memanfaatkan sebagai tempat rekreasi alam yang ideal, seperti bersantai ataupun berjemur.

Keindahan Alam Bawah Laut

Alam bawah laut pulau ini memang juara, berbagai biota laut dan terumbu karang terlihat indah dan cantik, terjaga dengan baik, menjadikannya tujuan wisata hits dan populer di Lombok. Air lautnya yang jernih membuat sejumlah tempat di Gili Trawangan menjadi tempat rekreasi diving dan snorkeling,

Menyaksikan Sunset dan Sunrise dengan Mudah

Ketika berlibur ke pulau ini dan ingin menikmati alam indah sunset dan juga sunrise, maka minimal kamu harus menginap semalam di Gili Trawangan. Pulau ini kecil dan mudah dijelajahi, jangankan dengan cidomo ataupun sepeda kayuh, dengan berjalan kakipun kamu bisa menjangkau titik barat dan timur dengan mudah, sehingga kamu tentunya tidak akan melewatkan keindahan alam yang instagramable tersebut selama liburan di pulau Gili Trawangan Lombok.

Akomodasi Cukup Memadai

Akomodasi ataupun hotel di Gili Trawangan Lombok cukup memadai, tersedia hotel murah sejenis homestay ataupun losmen untuk backpacker sampai hotel mewah bintang 5 tersedia untuk memanjakan liburan kamu bersama keluarga maupun teman. Jika ingin dekat dengan keramaian dan suasana malam yang meriah, bisa menginap di kawasan sentral, yakni di kawasan pasar seni dan dekat dermaga fast boat.

Keamanan Terjamin

Alasan lainnya wisatawan memilih pulau Gili Trawangan Lombok sebagai tempat liburan, karena pulau ini tergolong aman, walaupun tidak ada polisi yang setiap hari bersiap mengontrol keadaan, tetapi warga yang tinggal di pulau ini memiliki kesadaran tinggi untuk menjaga keamanan, karena penduduk setempat memiliki aturan ketat masalah keamanan, jika para penduduk ataupun wisatawan tertangkap tangan melakukan kriminal, sebelum diserahkan ke pihak berwenang maka akan dikenakan sanksi dikeluarkan dari Gili Trawangan dan juga diarak keliling pulau.

Baca juga:  Sunmor UGM Buka Kembali? Simak 5 Fakta Menariknya

Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Gili Trawangan

Pantai Sengigi

pantai senggigi
sumber : Ensiklopedia Indonesia

Tempat yang harus kamu kunjungi di Gili Trawangan yang pertama adalah Pantai Senggigi. Pantai Senggigi merupakan pantai paling terkenal di Lombok. Dengan garis pantainya yang panjang serta ombak yang tenang sangat cocok untuk berenang, berjemur, atau hanya sekadar jalan-jalan di tepi pantai ini.

Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari Kota Mataram hanya sekitar 10 km saja. Banyak wisatawan yang pergi ke pantai Senggigi untuk menghabiskan waktu melihat sunset.

Air Terjun Sendang Gile

air terjun sendang gile
sumber : Grid.ID

Setelah dari pantai, kita menuju air terjun yang sangat memesona, yaitu Air Terjun Sendang Gile. Air terjun ini sangat ramai dikunjungi dan paling populer. Tinggi air terjun mencapai 30 meter dan di bawahnya terdapat sungai-sungai kecil yang bisa digunakan untuk berenang atau sekadar bermain air.

Untuk menjangkau air terjun ini kamu bisa melalui jalur Pusuk, dan yang menariknya lagi selama perjalanan di jalur Pusuk kamu akan bertemu dengan banyak monyet yang berkeliaran dan bisa diajak berfoto.

Tanjung Bloam

tanjung bloam yang masih natural
sumber : Paketwisata lombok.com

Untuk pantai yang satu ini mungkin agak asing di telinga para wisatawan, karena akses menuju pantai Bloam masih sulit dan tidak bersahabat. Jalanannya pun belum diaspal dan daerah yang gersang ini membuat pantai Bloam tidak terlalu dilirik oleh wisatawan. Tapi bagi para wisatawan yang ingin mencoba berpetualang, akses menuju pantai ini akan menjadi sebuah perjalanan yang sulit dilupakan.

Baca juga:  10+ Tips Foto Aesthetic Orang, Kamu Wajib Coba!

Pesona yang ditawarkan Pantai Bloam tidak kalah dengan pantai-pantai lain. Yaitu sebuah tebing batu padas yang mengapit pantai membuatnya seolah angkuh dengan kedatangan pengunjung dari luar.

Ketika memasuki kawasan ini, para pengunjung akan merasakan aroma alam yang masih jarang di jamah manusia. Desiran ombak yang sangat tipis terdengar merdu di saat naik keatas pasir.

Pantai Kuta Lombok

pantai kuta lombok berbeda degngan pantai kuta bali
sumber : Okezone Travel

Kembali lagi ke pantai, selain yang telah kami sebutkan tadi, masih ada pantai yang perlu kamu kunjungi di Lombok, yaitu Pantai Kuta. Selain di Bali, nama Pantai Kuta juga ada di Lombok. Pantai ini berlokasi di Desa Kuta, Lombok Tengah. Selain menikmati suasan pantai, kamu pun bisa menikmati fasilitas/permainan yang disediakan seperti banana boat, jetski, atau windsurfer.

Pantai Tanjung Aan

pantai tanjung aan dengan airnya yang biru
sumber : super adventure

Masih seputar tempat yang harus kamu kunjungi di Gili Trawangan Lombok, selanjutnya ada Pantai Tanjung Aan. Berbeda dengan pantai yang mempunyai pasir putih di sepanjang tepinya, Pantai Tanjung Aan lebih berbentuk bebatuan dan bahkan tebing yang agak terjal. Pantai ini salah satu dari beberapa Tanjung yang ada di Pulau Lombok.

Pantai Tanjung Aan merupakan perpaduan antara pantai dengan pasir putih dan ada bukit batu besar di mana kita bisa naik ke sana. Tekstur pasirnya pun unik, bentuknya besar-besar. Nah, untuk pantai ini masih terbilang sepi pengunjung dan tidak seramai Pantai Senggigi. Suasana yang masih sepi inilah bisa dimanfaatkan untuk berenang atau berjemur agar bisa lebih rileks.

Pantai Tanjung Aan ini terletak di sebelah Kuta atau sekitar 1,5 Jam dari Kota Mataram. Pantai ini pun memiliki ombak yang cukup tenang dengan kedalaman laut yang dangkal. Aksesnya pun sangat mudah dan suasana indah membuat para wisatawan betah menikmati pemkampungan alam dengan berfoto.

Tak lepas dari adat istiadat, pengunjung yang datang ke Tanjung Aan bisa menikmati adat istiadat dan pertunjukan yang sering diadakan di sekitar wilayah sini, seperti Ritual Bau Nyale dan pertunjukan Presean. 

Persiapkan Diri Menyambut Petualangan

Jika kamu ingin pergi berwisata dengan aman dan nyaman di pulau Gili Trawangan. Maka tidak ada salahnya kamu mempersiapkan anggaran secara baik dengan cara menabung. Selain itu kamu juga perlu membawa semua peralatan kesehatan seperti masker atau obat yang biasa kamu konsumsi selama perjalanan.

Dengan berbagai persiapan yang matang, maka liburan ke Gili Trawangan akan menjadi sebuah petualangan indah yang sulit untuk dilupakan.