Wisata Edukasi Membuat Essential Oil di Rumah Atsiri

Minyak atsiri atau yang dikenal juga dengan minyak esensial identik dengan aroma-aromanya yang khas. Selain sebagai bahan pembuat produk kosmetik, minyak atsiri seringkali digunakan untuk aroma terapi karena kemampuannya memberikan efek tenang. Kinkamu bisa mempelajarinya dengan mengunjungi Rumah Atsiri.

Lokasi

rumah atsiri di karanganyar
sumber : iNews.id

Kini bagi warga Karanganyar, Solo, dan sekitarnya, dapat mengenal tanaman atsiri semakin mudah. Cukup dengan berkunjung ke Rumah Atsiri Indonesia, pengetahuan dan wawasan tentang tanaman wangi ini akan semakin bertambah.

Berlokasi di Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Rumah Atsiri hanya berjarak sekitar 41 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 15 menit.

Rumah atsiri dulunya adalah sebuah pabrik. Selesai dibangun pada tahun 1967, dahulu pabrik yang merupakan kerja sama Indonesia-Bulgaria ini mengolah minyak atsiri dari bahan utama serai wangi atau citnorella.

Sekarang lokasi ini merupakan tempat rekreasi edukasi dengan fokus utama pada pendidikan, penelitian, pengembangan, dan rekreasi tentang Tanaman Atsiri.

Terdapat tiga bangunan pada Rumah Astiri yang memiliki fungsi masing-masing seperti ruang workshop, taman koleksi tanaman atsiri, dan museum. Pemilik tempat wisata mengatakan bahwa mereka tidak mengubah struktur bangunan sehingga nuansa bangunan tahun 1960-an masih dapat terasa. Hanya fungsinya saja yang berubah, seperti bengkel kini menjadi restoran, ruangan boiler menjadi museum dan ruang destilasi sebagai toko merchandise.

Di tamannya kini sudah terdapat 90 jenis tanaman atsiri dari total 400 jenis. Beberapa di antaranya adalah cengkeh, cendana, serai wangi, sereh dapur, rosemary, akar wangi, dan tanaman mudah menguap lainnya. Dulunya, Pabrik Citronella berfokus pada penyulingan cengkeh dan serai, terutama serai wangi sesuai dengan kemudahan bahan baku yang bisa didapatkan di Indonesia.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Rumah Atsiri

tour aromatic garden
sumber : berbagi jawaban

Banyak sekali aktivitas menarik yang di tawarkan di sini antara lain:

  • Tour Aromatic Garden untuk melihat koleksi puluhan jenis tanaman atsiri
  • Jelajah museum essential oil
  • Menikmati sajian restoran dengan cita rasa khas atsiri
  • Menghadiri aneka workshop yang akan menghidupkan jiwa scientist kamu
Baca juga:  Mau Lihat Sunrise di Jogja? Kunjungi 9+ Spot Terbaiknya!

Dengan luas 23.660 meter persegi, Rumah Atsiri Indonesia merujuk pada konsep wisata edukasi alam yang mengambil esensi lokasi terdahulu yakni sebagai Pabrik Parfum. Lokasi tersebut saat ini di kembangkan menjadi lokasi wisata yang mengeksplorasi essential oil.

Essential Oil yang Banyak Diminati

essential oil

Rumah Atsiri Indonesia juga memiliki berbagai macam kelas yang dapat pengunjung ikuti. Workshop Rumah Atsiri Indonesia meliputi eksperimen dan aktivitas untuk anak dan dewasa, memiliki kelas yang beragam mulai dari membuat bath bomb dan lilin aromatic hingga membuat minyak aroma atau essential oil sendiri.

Adapun beberapa tumbuhan yang banyak diminati di Rumah Atsiri  untuk  dijadikan essential oil bagi pengunjung antara lain:

Lavender

Minyak atsiri dari bunga lavender dapat membantu mengatasi alergi. Kandungan terapeutiknya yang berupa antidepresan membantu mengatasi pusing, menurunkan depresi, dan juga trauma. Untuk pemakaian topikal, minyak ini juga baik untuk mengobati luka luar dan luka bakar.

Lemon

Pada lemon, minyak atsiri dihasilkan dari bagian kulitnya. Untuk pemakaian inhalasi, minyak atsiri lemon ini bermanfaat untuk menguatkan sistem imun serta mengurangi mual. Bagi yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, minyak atsiri baik digunakan dengan pemakaian topikal.

Cinnamon Bark

Minyak atsiri yang diambil dari bagian kulit pohon kayu manis ini berkhasiat untuk menaikkan tekanan darah. Dengan takaran tertentu, minyak atsiri ini juga bermanfaat untuk mengurangi kembung dengan pemakaian topikal.

Cajeput

Minyak atsiri dari cajeput atau lebih dikenal dengan tanaman kayu putih berkhasiat untuk mengurangi kantuk serta meningkatkan konsentrasi. Minyak ini juga sangat baik untuk mengatasi masalah pernafasan, mengeluarkan mucus dan sebagai antimicrobal agent.

Turmeric/Kunyit

Bagi yang memiliki masalah tulang, pemakaian topikal minyak atsiri dari tanaman kunyit berkhasiat untuk penyakit arthritis dan reumatik. Sementara untuk pemakaian inhalasi, aroma minyak atsiri kunyit dapat memberikan efek menenangkan dan menghangatkan.

Cananga/Kenanga

Minyak atsiri yang dihasilkan dari bunga kenanga ini ampuh sebagai antidepresan pada pemakaian inhalasi. Sementara untuk pemakaian topical, minyak ini barmafaat untuk perawatan rambut serta kulit berminyak.

Baca juga:  Fakta Menarik Puncak Mandala, Tertinggi Kedua di Indonesia

Peppermint

Bagi yang memiliki gangguan pada pencernaan, minyak atsiri dari daun peppermint bisa menjadi pilihan. Selain itu, minyak ini juga baik untuk mengobati demam, sinus, serta nyeri otot dan saraf. Namun, pada pemakaian topikal, minyak atsiri ini tidak disarankan untuk anak-anak di bawah 5 tahun.

Black Pepper

Untuk pemakaian inhalasi, minyak atsiri dari black pepper dapat membantu usaha berhenti merokok. Sementara penggunaan topikal, minyak ini bermanfaat mengurangi rasa mual dan muntah serta memberi rasa hangat dan meningkatkan peredaran darah.

Fennel

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, minyak atsiri dari biji Fennel bisa menjadi pilihan karena bisa membantu mengurangi nafsu makan. Selain itu, minyak atsiri juga ampuh melawan jamur pada kulit dengan pemakaian topikal.

Ginger/Jahe

Pada pemakaian topikal, minyak atsiri dari akar jahe dapat membantu mengatasi diare, menghangatkan, membantu sistem imun serta mengurangi radang sendi dan arthritis.

Sereh

Minyak atsiri dari daun sereh bermanfaat mengurangi nyeri dan radang pada kulit. Namun, perlu diperhatikan pemakaian minyak ini juga memiliki efek kontradiksi dengan obat diabetes. Selain itu, minyak sereh juga tidak dianjurkan untuk anak di bawah 2 tahun.

Patchouli

Minyak atsiri dari daun patchouli ini aman dipakai untuk semua umur. Untuk pemakaian topikal, minyak ini bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit seperti radang, bekas luka, eczema, dan pada skincare baik untuk kulit kering.

Rumah Atsiri Indonesia terdiri dari Aromatic Garden, Museum Rumah Atsiri, Kids Lab, Restaurant, Merchandise Shop, Rumah Atsiri Essence dan Dilengkapi Fasilitas Mice.

Rumah Atsiri Indonesia juga memiliki berbagai macam kelas yang dapat pengunjung ikuti. Workshop Rumah Atsiri Indonesia meliputi eksperimen dan aktivitas untuk anak dan dewasa, memiliki kelas yang beragam mulai dari membuat bath bomb dan lilin aromatic hingga membuat

Sebelum bertolak pulang kamu bisa meluangkan waktu untuk mengunjungi Rumah Atsiri Merchandise, disini tersedia berbagai souvenir khas Rumah Atsiri Indonesia untuk mengenang kunjunganmu atau untuk memberikan hadiah bagi orang terdekat kamu.

Adapula beragam pilihan minyak atsiri dan produk turunannya seperti Essential Oil dan Aromatic Oil dapat anda temukan di Rumah Atsiri Essence.

Rumah Atsiri Indonesia buka setiap hari pukul 10.00-17.00 WIB. Pengunjung cukup membeli voucher senilai 50.000, voucher tersebut dapat pengunjung gunakan untuk masuk kedalam Aromatic Garden dan Museum Rumah Atsiri.