7 Rekomendasi Destinasi Safari di Dunia, ada Plataran Komodo!

Menginap di hotel mewah sudah bukan sesuatu yang spesial lagi. Rata-rata fasilitas dan pelayanan yang mereka tawarkan hanya berguna sebagai tempat untuk beristirahat. Jika kamu menginginkan sesuatu yang berbeda, tidak ada salahnya mencoba menginap di hotel atau resort safari. Salah satu destinasi safari yang ditawarkan adalah Plataran Komodo yang terletak di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pada umumnya hotel atau resort safari ini dibangun di tengah perlindungan hewan. Sehingga kalian diberikan kesempatan untuk melihat dan juga berinteraksi dengan hewan liar dari dekat. Ingin tau bagaimana rasanya menginap bersama hewan liar bukan? Cobalah untuk menginap di 7 penginapan di bawah ini!

Plataran Komodo, Indonesia (Sumber: plataran.com)

7 Rekomendasi Destinasi Safari di Dunia

Ada 7 destinasi safari yang ada di dunia. 3 diantaranya ada di Indonesia, yaitu Plataran Komodo yang berada di Nusa Tenggara Timur, Plataran Menjangan di Bali, dan Baobab Safari di Jawa Timur. Untuk lebih jelasnya, simak informasi lengkap di bawah ini, ya!

1. Plataran Komodo, Indonesia

Dengan titel tujuh keajaiban dunia, Taman Nasional Komodo menjadi bukti nyata keindahan alam nusantara, serta adanya komodo, spesies endemik yang hanya hidup di Indonesia. Jadi, kemaslah barangmu dan berlabuhlah di Pulau Rinca untuk trekking bersama para ranger untuk menemukan komodo serta para mangsa kadal terbesar ini: rusa timor, kerbau, dan celeng.

Setelahnya, nikmatilah beristirahat di vila yang menghadap pantai Waecicu nan jauh dari kebisingan, serta bersantap di tepi laut dengan suguhan hidangan lokal tradisional seperti nasi tibu dan sup Waecicu. Jangan lewatkan juga untuk menyempatkan diri mengikuti itinerary dari Plataran Komodo untuk menyaksikan warisan budaya Manggarai di Labuan Bajo dan desa Liang Dara untuk memelajari kesenian, kerajinan tangan, hingga upacara adat warga lokalnya. 

Baca juga:  Daftar 7 Pulau Terkecil di Indonesia, Ada yang Hanya 0,5 hektar!

2. Plataran Menjangan, Indonesia

Plataran Menjangan, Indonesia (Sumber: cnnindonesia.com)

Sebagai ikon dan pionir ekowisata, Plataran Menjangan yang terletak di hutan di Bali ini memiliki luas 382 hektare ini. Fasilitasnya berupa resor kelas atas dan pengalaman mewah termasuk villa, ocean club, spa center, dan restoran eksklusif. Hadirnya fasilitas private phinisi dan yacht akan menyuguhkan pemandangan eksotis dari Pulau Menjangan dan 4 gunung yang mengelilinginya.

Wisatawan juga dapat melakukan beberapa kegiatan alam yang cocok sesuai dengan keinginan. Ragam aktivitas seperti berjalan pagi menyusuri hutan dan garis pantai dalam program Trail of Life dapat memberikan makna lebih dalam tentang kehidupan juga dapat dinikmati oleh para wisatawan. Aktivitas ini juga dapat dikombinasikan dengan sesi safari picnic yang dilengkapi dengan sesi berfoto untuk mengabadikan momen. Kegiatan lain yang tidak kalah menariknya adalah aktivitas air seperti snorkeling, kayaking, dan diving.

3. Baobab Safari Resort, Indonesia

Sumber: bobocantik.com

Salah satu hotel safari yang paling populer di Indonesia selanjutnya adalah Baobab Safari Resort. Letaknya di Prigen, Jawa Timur tepatnya di dalam Taman Safari Indonesia. Kamu dapat menikmati beragam keseruan dan juga dapat memberi makan hewan secara terang-terangan. Hewan pemakan rumput dan jinak seperti jerapah dan zebra dibiarkan berkeliaran dengan bebas di sekitar hotel. Agar para pengunjung ataupun tamu hotel dapat berinteraksi langsung.

4. Jamala Wildlife Lodge, Canberra

Sumber: jamalawildlifelodge.com.au

Hotel ini memungkinkan kamu untuk beristirahat sambil ditemani hewan liar di setiap sisi kamar. Letaknya berada di Canberra, Australia, tepatnya di National Zoo & Aquarium. Setiap kamar dirancang menggunakan dinding kaca yang langsung terhubung dengan habitat hewan di kebun binatang. Terdapat 3 kamar yang disediakan, yaitu Jungle Bungalows, Giraffe Tree Houses, dan Ushaka Lodge. Tipe kamar ketiga ini membuat kamu menikmati nuansa Afrika dengan ukiran dan karya seni yang khas di dinding.

Kamu juga dapat menikmati sebuah akuarium besar yang berisikan ikan hiu di satu sisi kamar dan disisi lainnya terdapat kera Colobus. Sedangkan di dalam kamar Giraffe Tree House terdapat para jerapah yang berkeliaran di sekeliling kamar. Untuk kamu yang menyukai hal ekstrim, cobalah untuk menginap di kamar Jungle Bungalows. Di dalamnya terdapat beruang, macan tutul dan harimau yang akan menemani istirahatmu di sekitar sisi kamar.

Baca juga:  Spot Foto di Jakarta yang Tidak Kalah dengan di Luar Negeri

5. Giraffe Manor, Kenya

Sumber: thesafaricollection.com

Giraffe Manor merupakan tempat penginapan yang dikelilingi kawanan jerapah dan kamu bisa melihatnya dari jarak dekat. Tetapi jerapah ini bukanlah sembarang jerapah, melainkan jenis Rothschild yang saat ini keberadaannya sudah hampir punah. Kamu juga dapat merawat jerapahnya dengan memberi makan mereka di pagi dan sore hari.

Uniknya, jerapah tersebut akan datang satu persatu menghampiri dan memasukkan kepalanya ke dalam jendela kamar untuk meminta makan. Tidak hanya itu, kamu juga dapat beristirahat dengan suasana yang tenang karena penginap ini terletak di hutan alami sebesar 140 hektar di penggiran kota Nairobi, Kenya.

6. Singita Lebombo Lodge, Afrika Selatan

Sumber: cntraveler.com

Bagi pecinta petualangan, pasti kamu akan tertarik dengan penginapan Singita Lebombo. Daya tarik dari Singita Lebombo ini adalah letaknya yang berada dalam Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan. Hal ini memungkinkan kamu dapat menikmati kegiatan tur safari yang ada disana.

Setelah puas bereksplorasi dengan habitat asli hewan Afrika di taman nasional, kamu dapat beristirahat di kamar yang jendelanya langsung mengarah ke padang savana. Kamu juga dapat bersantai sesekali dengan menikmati spa dengan segelas wine ataupun bermain panahan.

7. Habitas Al-Ula, Saudi Arabia

Sumber: experiencealula.com

Keindahan alam Al-Ula yang dikelilingi batu paras, ngarai sempit, dan bukit-bukit pasir dapat memberikan sensasi trip safari yang lebih menantang adrenalin. Kamu tentunya tidak bisa menolak petualangan berkendara buggy di lanskap yang punya banyak rintangan ini, kan

Nikmatilah pemandangan kehidupan satwa khas gurun seperti burung unta berleher merah, ibex nubia, hiraks batu, hingga serigala Arab yang hampir punah. Beristirahatlah di salah satu dari 96 kamar resor yang dirancang seamless dengan alam Ashar Valley ini. Dengan semua material resor yang sustainable dan suguhan rasa tinggal di tengah oase, kamu bisa lebih bersantai dalam liburanmu!

Itulah 7 destinasi safari yang ada di dunia, 3 diantaranya ada di Indonesia! Semoga bisa menambah pilihan destinasi safari yang ingin kamu kunjungi. Selamat berwisata!