10 Cara Efektif Atasi Pori Pori Wajah Terbuka, Bersih dan Bebas Jerawat!

Untuk benar-benar menghilangkan pori-pori besar di wajah bisa menjadi hal yang tidak mungkin. Namun ada beberapa langkah jitu mengecilkan pori pori wajah terbuka hingga nampak samar, misalnya menjaga kulit tetap kenyal dan mencegah penyumbatan pori-pori. Lalu, sebenarnya apa penyebab kamu memiliki pori pori wajah terbuka? Kita tahu bahwa kulit mempunyai folikel rambut yang ada di bawah pori pori. Nah, kelenjar sebaceous tempat produksi sebum terdapat pada folikel rambut. Pada saat kelenjar sebaceous melepas sebum, maka sebum akan naik ke atas permukaan kulit dan berkumpul di pori-pori.

Sebum yang berlebih dan tak terkontrol, akan bersarang di pori-pori kulit kemudian bercampur bersama kotoran dan sel kulit mati, sehingga pori pori tersumbat. Penyumbatan ini membuat pori-pori merenggang dan terlihat terbuka. Pori-pori yang tersumbat inilah memicu jerawat berkembang. Oleh karena itu, lakukan beberapa langkah perawatan mengecilkan pori pori wajah terbuka agar lebih bersih dan bebas jerawat. Check this out!

Sumber: Freepik

Cara Mengatasi Pori Pori Wajah Terbuka Jadi Lebih Kecil

1. Mencuci Wajah Sekali di Pagi dan Malam Hari

Sumber: Freepik

Langkah pertama untuk mengatasi masalah pori terbuka adalah dengan rutin mencuci wajah sekali di pagi hari dan sekali di malam hari menjelang tidur. Cleansing membantu mengangkat minyak dan kotoran yang tertinggal di wajah. Untuk mengecilkan pori-pori, aplikasikan cuci wajah yang tepat. Oleskan cleanser yang lembut, ringan, non comedogenic, dan alcohol free. Pijat wajah dengan lembut dan hindari menggosok kulit. Bilas wajah hingga bersih kemudian keringkan dengan handuk bersih.

2. Pilih Pembersih Wajah yang Lembut

Meskipun menggunakan exfoliating cleanser tampak seperti ide yang bagus untuk mengangkat sel kulit mati dan minyak, namun jika digunakan berlebihan dapat mengiritasi kulit. Carilah pembersih wajah yang lembut dengan formula yang melembapkan dan menenangkan kulit saat dibersihkan.

Pijay lembut pembersih ke kulit dengan jari yang bersih, pijat lembut seluruh wajah, dan biarkan hingga meresap. Bilas wajah dengan air dingin untuk membantu menutup pori-pori. Terakhir, keringkan wajah dengan handuk kering yang bersih.

3. Lakukan Eksfoliasi Mingguan secara Rutin

Sumber: Freepik

Sebelum melakukan eksfoliasi, letakkan waslap hangat di wajah selama 5 menit untuk mencoba membuka pori pori wajah terbuka. Berikutnya, eksfoliasi dengan lembut dengan gerakan melingkar yang halus dan hindari tekanan berlebihan. Fokuslah pada area kulit yang kering dan pori-pori tersumbat, seperti hidung dan pipi. Lalu bilas wajah sepenuhnya dengan air hangat. 

Baca juga:  10 Pilihan Jenama Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Untuk kulit sensitif, kurangi intensitas eksfoliasi untuk cegah kulit semakin parah. Pilihlah produk eksfoliasi dengan asam salisilat yang efektif membantu melawan jerawat, komedo, dan pori-pori tersumbat. Bahan aktif ini meski kuat, namun cukup lembut dan aman untuk penggunaan sehari-hari.

4. Memakai Exfoliant AHA/BHA

Bahan aktif alpha-hydroxy acid (AHA) dan beta-hydroxy acid (BHA) bekerja sangat baik untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat. AHA/BHA seperti glycolic acid, lactic acid, dan salicylic acid, semuanya akan membantu eksfoliasi dan melarutkan sel kulit mati serta kotoran, kemudian meminimalkan munculnya pori-pori dan mencegahnya membesar. Chemical exfoliant ini selain mengatasi pori-pori besar juga membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

5. Deep Clean dengan Pore Strip

Sumber: Freepik

Pore strip adalah alternatif cepat untuk menghilangkan komedo dan penumpukan di area hidung. Memang ada beberapa langkah yang lebih lembut dan efektif untuk membuka pori-pori di sekitar hidung, namun beberapa berhasil dengan memakai strip dan tidak mengiritasi. 

Cara memakaianya adalah, bersihkan wajah terlebih dahulu. Kamu bisa menguapi wajah untuk membuka pori-pori agar lebih mudah dibersihkan. Tempelkan pore strip pada area wajah yang diinginkan. Untuk hasil terbaik, baca petunjuk pemakaian produk dan tidak disarankan untuk kulit sensitif atau teriritasi.

6. Selalu Melembapkan Wajah Setiap Hari

Sumber: Freepik

Moisturizing adalah langkah penting dalam rutinitas skincare apapun karena dapat mengurangi tampilan pori pori besar. Pilihlah pelembap non comedogenic yang lembut, dan setelah mengaplikasikannya, jangan lupa pakai sunscreen, ya! Jika kamu melewatkan sunscreen, maka kerusakan akibat sinar matahari dapat mengurangi elastisitas dan kolagen pada kulit, sehingga pori-pori membesar seiring waktu. Dengan memadukan pelembap dan sunscreen, kesehatan kulit akan terjaga, dan artinya tidak ada pori-pori yang melebar.

7. Aplikasikan Masker Wajah dengan Formula Clay

Sumber: Freepik

Ini adalah rutinitas memanjakan yang paling disukai siapapun. Aplikasikan masker wajah yang dapat membersihkan pori-pori kulit dengan lembut dan mendalam. Cara memakai masker, sebelumnya letakkan waslap hangat di wajah selama 5 menit sebelum mengoleskan masker. 

Pilihlah masker tanah liat clay mask) untuk membantu mengangkat sebum berlebih dari pori-pori. Dengan sebum yang terkontrol, dapat membantu mencegah pori pori besar. Untuk aplikasi masker, dianjurkan untuk dilakukan pada hari yang berbeda dari eksfoliasi. Tips ini untuk menghindari risiko iritasi kulit yang justru memicu pori pori wajah terbuka dan noda yang tak diinginkan. 

8. Coba Aplikasikan Retinoid

Sumber: Freepik

Jika kamu tidak dalam keadaan hamil atau menyusui, kamu bisa mencoba aplikasikan produk retinoid. Bahan yang kuat ini dikenal karena kemampuannya melawan tanda-tanda penuaan. Retinoid membantu merangsang produksi kolagen, yang akhirnya mengencangkan kulit dan meminimalkan tampilan pori. Membuka pori-pori tersumbat dengan retinoid membantu mengurangi produksi minyak dan mengecilkan ukuran kelenjar sebaceous, sehingga komedo membandel dapat teratasi. 

Seperti halnya bahan aktif yang kuat lainnya, berhati-hatilah saat menggunakan retinoid. Jika retinoid digunakan berlebihan, aktivitas kelenjar sebaceous dapat berkurang terlalu banyak dan kulit dapat terlalu kering, jadi gunakan secukupnya! Setelah penggunaan beberapa minggu, komedo biasanya akan keluar meski dengan tekanan lembut (lebih aman dilakukan di klinik kecantikan). Selain itu, retinoid bisa membuat kulit lebih sensitif, jadi pakailah sunscreen setiap hari. Untuk hasil aman dan terbaik, konsultasikan dengan dokter kulit sebelum mencoba retinoid.. 

9. Facial ke Klinik Kecantikan atau Spa

Sumber: Freepik

Pergi ke klinik atau spa untuk facial adalah ide bagus untuk mengecilkan pori-pori wajah. Setelah pori-pori terbuka, facialist akan melakukan ekstraksi manual untuk menghilangkan pori-pori, membebaskan sumbatan, dan membuat pori-pori terlihat lebih kecil. Langkah ekstraksi ini direkomendasikan untuk pemilik acne prone skin, lima atau delapan minggu sekali untuk mencegah munculnya jerawat.

Baca juga:  Sunscreen Tanpa Whitecast? Ini 4 Tips Cerdas Memilih Produknya!

10. Pakai Sunscreen Setiap Hari

Sumber: Freepik

Pemakaiannya sunscreen setiap hari sangat penting untuk melindungi wajah dari efek buruk paparan sinar matahari. Kulit yang tidak dilindungi sunscreen, dapat mengeringkan kulit, membuka dan membuat pori-pori wajah besar, hingga risiko sunburn. Oleskan sunscreen dengan minimal SPF 30 atau lebih. Pastikan kulit wajahmu tetap terjaga dan terlindung dari sinar matahari dengan sunscreen. 

Tips Mencegah Pori Pori Terbuka

Ada beberapa tips jitu mencegah munculnya pori pori wajah terbuka dan membesar di wajah. Kunci untuk mencegah masalah pori-pori, rutin aplikasikan skincare routine yang tepat dan gaya hidup yang sehat. Berikut beberapa tips mencegah pori-pori yang bisa kamu coba:

1. Gunakan produk makeup non comedogenic dan bebas minyak. Setelah memakai makeup seharian, pastikan kamu selalu mencuci wajah dengan teknik double cleansing sebelum tidur.

2. Untuk mencegah pori-pori tersumbat, hindari menyentuh wajah dan memencet jerawat. Menyentuh dan memencet jerawat dapat memperburuk kulit dan mendorong kotoran lebih dalam ke pori-pori, serta memicu iritasi.

3. Meski ukuran pori ditentukan secara genetis, hindari pori pori wajah semakin besar dengan menjaga kulit tetap bersih dari segala kotoran.

4. Selalu aplikasikan sunscreen untuk mencegah berkurangnya elastisitas dan kolagen kulit yang memicu pori-pori membesar.

5. Konsumsi makanan sehat yang baik untuk hasil kulit bersih dan sehat. Jangan lupa olahraga teratur dan penuhi hidrasi tubuh dengan air putih. 

Rekomendasi Skincare yang Cocok untuk Atasi Pori-Pori Besar

1. Face Cleanser: Cosrx Salicylic Gentle Daily Cleanser

Sumber: cosrx

Produk facial wash satu ini bagus untuk merawat semua jenis kulit termasuk kulit berjerawat dan berminyak. Salicylic Gentle Daily Cleanser berfungsi untuk mengurangi sebum berlebih di wajah. Memiliki tekstur ringan saat digunakan dan kulit terbebas dari kotoran. Kandungan tea tree oil membantu menenangkan jerawat, anti peradangan, dan anti bakteri. Bebas paraben dan sodium lauryl sulfate sehingga aman untuk semua jenis kulit.

2. Pore Strip: Biore Deep Cleansing Pore Strips

Sumber: Biore.com

Sumber: biore.com 

Pore strip dari Biore ini dibuat dari bahan selective bonding yang bertindak sebagai magnet. Manfaatnya untuk mengunci dan mengangkat kotoran dan penumpukan dari dalam pori-pori. Sesuai nama produknya. Untuk hasil terbaik, pastikan kamu membaca petunjuk pemakaiannya dan hindari jika kamu memiliki kulit sensitif. 

3. Pelembap: Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel

Sumber: somethinc.com

Brand lokal Somethinc memiliki moisturizer yang cocok untuk semua jenis kulit, termasuk berminyak, pori besar, dan jerawat. Dilengkapi formula 10 Advanced Skin-Loving Ingredient yang terujui mengunci kelembapan hingga 24 jam. DIlengkapi dengan Marine Collagen, Palmitoyl Tripeptide, Sodium Hyaluronate & Ceramide yang ringan dan mampu menyerap lebih cepat ke kulit. Manfaatnya membantu mencerahkan, anti aging, dan memperkuat skin barrier. Penggunaan rutin pada wajah akan menghasilkan tekstur kulit yang lebih kenyal, lembap, dan bebas penuaan dini.

4. Clay Mask: Yves Rocher Pure Menthe Purifying Clay Mask 75 ml

Sumber: yvesrocher.id

Pilihan masker wajah yang cocok untuk kulit wajah berpori besar. Dibuat dengan keseimbangan Organic Peppermint untuk mengontrol sebum, menyamarkan kesempurnaan wajah, dan memperbaiki tekstur kulit. Dengan tekstur menyegarkan, clay mask ini efektif mengurangi sebum berlebih, membersihkan pori-pori tersumbat, menghilangkan bruntusan, dan membuat wajah glowing. Terdiri dari 97& bahan alami, bebas minyak mineral, dan paraben free! Aplikasikan pada wajah dua kali seminggu dan hindari area mata. Diamkan selama 5 menit kemudian bilas. 

Baca juga: Tuntaskan Jerawat Nodul di Wajah dengan 4 Produk Acne Spot Terbaik

Langkah perawatan untuk mengecilkan pori pori wajah terbuka memang hal yang cukup tricky. Namun memiliki wajah yang bebas dari pori-pori besar, tentu memerlukan perawatan yang konsisten untuk melihat hasilnya. Gunakan produk skincare yang cocok untuk pori-pori besar dan pastinya aman.