8 Posisi Tidur Agar Bayi Tidak Sungsang, Bumil Wajib Paham!

Sungsang adalah suatu kondisi bayi dalam rahim dimana posisi kepala janin berada di bagian atas rahim, sehingga menyulitkan dalam proses persalinan karena posisi kepalanya tidak berada di jalan lahir. Hal ini tentu membuat khawatir, ya. Biasanya, bayi akan mengarahkan kepalanya menuju jalan lahir pada trimester akhir dalam persiapan persalinan. Jika kepala bayi berada jauh dari jalan lahir saat waktu persalinan, maka tindakan yang harus dilakukan adalah operasi Caesar. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, salah satunya dengan mempelajari posisi tidur agar bayi tidak sungsang. Yuk, kita simak artikel berikut.

8 Posisi Tidur Agar Bayi Tidak Sungsang

1. Posisi Tidur Miring ke Kiri

Kamu dianjurkan untuk tidur menghadap ke kiri, karena posisi ini akan membuka bagian panggul dan menstimulasi pergerakan bayi agar kepalanya bisa menghadap ke jalan lahir. Jangan lupa untuk menyangga perut dan punggung dengan bantal, ya. Kamu dapat melakukan ini ketika usia kehamilan memasuki trimester akhir atau jika perutmu sudah terlihat besar.

Baca juga:  Stimulasi Perkembangan Motorik Anak dengan 9 Kegiatan Kreatif Ini

2. Posisi Tidur Miring ke Kanan

Selain ke kiri, kamu juga bisa tidur dengan posisi menghadap ke kanan. Hal ini juga dapat menstimulasi bayi untuk mencari jalan lahir. Sebenarnya tidak masalah jika posisi tidurmu menghadap kiri maupun ke kanan. Tapi sebaiknya saat mengubah posisi tidur tidak dilakukan secara tiba-tiba.

3. Kaki Menjepit Bantal atau Guling

Saat tidur, kamu dapat menjepit bantal atau guling dengan kaki. Tujuannya adalah untuk memperlebar ruang dalam panggul, sehingga memudahkan bayi untuk berputar dan mencari jalan lahirnya. Tentu saja kamu dapat menghadap kiri ataupun kanan. Namun, usahakan untuk tidak terlentang ya. Karena bisa menekan pembuluh darah dan menurunkan sirkulasi darah dari ibu hamil ke bayi dalam rahim. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur dengan posisi terlentang saat hamil meningkatkan risiko lahir mati (stillborn) sebanyak 3,7 kali lipat.

4. Tidur sambil Menekuk Lutut

Kamu bisa mencoba cara ini sambil tidur menghadap kiri maupun kanan. Tentunya dengan bantuan bantal atau guling agar kamu merasa lebih nyaman. Menekuk lutut dapat memberikan banyak ruang bayi untuk bergerak dan mencari jalan lahirnya.

5. Tidur dengan Kaki yang diletakkan Lebih Tinggi dari Badan

Kamu dapat berbaring di kasur yang menempel di dinding, lalu sanggalah bagian panggul atau bokong dengan bantal. Posisi ini disebut dengan snipping babies. Lakukan ini 2-3 kali selama 20 menit sebelum tidur. Tujuan posisi ini adalah agar kamu dapat meluruskan otot betis dan juga menstimulasi posisi bayi menuju posisi ideal.

Baca juga:  10 Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut

6. Mendengarkan Musik

Sumber: freepik

Sembari tidur, kamu dapat mendengarkan musik klasik atau hipnoterapi agar bayi dapat mengatur posisi menjadi ideal. Jika memungkinkan, ajaklah pasangan untuk berbicara dengan bayi di dalam perut. Hal ini juga dapat meningkatkan hubungan antara pasangan dan bayi sejak dalam kandungan, lho.

7. Punggung Disangga Bantal atau Guling

Apapun posisi tidur yang kamu inginkan, jangan lupa untuk selalu menyangga punggung dengan bantal atau guling. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko sakit punggung yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil.

8. Mengompres dengan Air Dingin

Kamu bisa mengompres perut bagian atas dengan air dingin sebelum tidur atau saat berendam di air hangat. Air dingin dapat mendorong bayi menjauh dari sensasi dingin yang muncul. Sedangkan air hangat membuat bayi merasa lebih nyaman. Usahakan untuk meletakkan kompres air dingin dekat kepala bayi, ya.

Tips Persalinan Lancar

Sumber: freepik

Ada beberapa tips lain supaya kamu lebih siap dalam menghadapi persalinan dalam waktu dekat, diantaranya:

  1. Lakukan olahraga seperti berjalan dan prenatal yoga untuk memaksimalkan posisi ideal bayi, dan menenangkan pikiran.
  2. Ucapkan afirmasi positif dalam diri, agar bayi dapat keluar dengan selamat dan sehat.
  3. Konsumsi makanan sehat dan vitamin sesuai anjuran dokter.
  4. Ketahui metode persalinan apa yang sesuai dengan kondisi kehamilan dan kesehatan kamu.

Itulah posisi tidur yang dapat membantu agar bayi tidak sungsang. Yang terpenting sesuaikan dengan kenyamanan, ya. Posisi tidur yang nyaman akan meningkatkan hubunganmu dan bayi lebih lekat sejak dalam kandungan. Jika kamu merasa susah, jangan ragu untuk meminta bantuan ke pasangan ataupun orang terdekat. Dan tidak lupa untuk selalu memeriksakan kandungan secara rutin ke dokter kandungan untuk memastikan posisi bayi tidak sungsang.