Hand turns a dice and changes the expression "negative" to "positive".

8 Manfaat dan Ciri-Ciri Orang dengan Positive Vibes

Menjadi seseorang dengan positive vibes atau yang berpikiran positif bukanlah hal yang mudah. Terlebih setiap individu memiliki permasalahan yang harus dihadapi dalam hidupnya. Berpikiran hal yang positif dapat membantu kita dalam melewati masa sulit dan meningkatkan kepercayaan diri. Sehingga kita bisa hidup lebih optimis terhadap permasalahan yang kita hadapi.

Meski terdengar sepele, berpikiran positif memiliki segudang manfaat yang baik, terutama untuk kesehatan mental. Kamu bisa membangun pemikiran positif mulai dari diri sendiri, yang selanjutnya bisa memengaruhi orang-orang di sekitarmu. Selain untuk kesehatan mental, apa lagi ya manfaat dari memiliki positive vibes? Dan apa saja ciri-ciri orang yang memiliki pemikiran yang optimis? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Sumber: Freepik

8 Manfaat Memiliki Positive Vibes

1. Mengurangi Risiko Depresi

Pemikiran yang positif memang berhubungan erat dengan kesehatan mental. Dengan pemikiran yang optimis, risiko gangguan mental seperti depresi dapat diminimalisir. Karena salah satu pemicu utama depresi adalah banyaknya pemikiran negative dalam diri. Jika kamu sedang mengalami depresi, maka kamu dapat melakukan terapi kognitif. Terapi ini dapat mengubah pola berpikir dan meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

2. Meminimalisir Munculnya Berbagai Penyakit

Orang-orang yang berpikiran positif diketahui dapat lebih cepat pulih dari penyakit yang sedang dialami. Hal ini disebabkan oleh pengaruh suasana hati terhadap kinerja organ-organ dalam tubuh. Jika kamu menerapkan pemikiran positif, maka kesehatan tubuhmu akan selalu terjaga, baik fisik maupun mental.

Baca juga:  7 Penyebab Kentut Terus yang Bisa Jadi Penyakit Serius

3. Mengatasi Stres dengan Optimal

Ketika ada hal-hal yang memicu munculnya stress, kamu perlu berpikiran positif dan tenang agar bisa menyelesaikan situasi tersebut lebih efektif. Dalam suatu penelitian, peneliti menemukan fakta jika orang dengan positive vibes menghadapi stress atau kekecewaan, maka mereka cenderung untuk berfokus terhadap hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi situasi tersebut.

Mereka juga akan menyusun rencana lain dan meminta pendapat orang lain untuk bantuan dan saran dari apa yang dilakukan. Sebaliknya, orang yang memiliki banyak pemikiran negative akan merasakan bahwa situasi tersebut di luar kendali mereka dan tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengubahnya.

4. Menjadikan Diri Lebih Tangguh dan Percaya Diri

Sumber: Freepik

Memiliki pemikiran positif dapat membantumu mengatasi masalah.ketika dihadapkan dengan suatu tantangan, orang yang berpikiran optimis biasanya melihat apa yang sebenarnya dapat dilakukan dalam menyelesaikan masalah. Dengan memelihara emosi positif, seseorang dapat mendapatkan manfaat baik jangka pendek maupun jangka Panjang, bahkan ketika menghadapi peristiwa mengerikan sekalipun.

5. Memperkuat Imunitas Tubuh

Dengan mengetahui caramu berpikir, kamu juga dapat mengetahui bagaimana kesehatan fisikmu, lho! Jika kamu memiliki pemikiran yang negative, maka hal tersebut akan melemahkan kekebalah tubuhmu. Mengapa ini bisa terjadi? Hal ini dikarenakan adanya aktivitas listrik yang tinggi di bagian otak saat kamu berpikiran negative. Kondisi tersebut dapat melemahkan respon imun terhadap penyakit yang diukur dengan antibodi tubuh.

Baca juga:  10+ Cara Cepat Menurunkan Berat Badan dengan Tepat

6. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Vibes yang dipancarkan oleh seseorang dapat memengaruhi orang lain di sekitarnya. Misal, energi positif dari seorang atasan di kantor kepada bawahannya diberikan dengan cara-cara tertentu, seperti memberikan dukungan dan tidak menggurui karyawan lain. Mulailah berpikir secara rasional dan meyakinkan diri bahwa apapun yang kamu kerjakan bisa optimal dengan diiringi energi positif tersebut.

7. Menghasilkan Dopamin

Berada di dalam lingkungan positive vibes akan membuatmu lebih mudah merasa Bahagia dan menghasilkan banyak hormon dopamin. Ini adalah hormon yang dapat meningkatkan suasana hati. Stimulasi yang positif akan memicu otak menghasilkan dopamin berupa neurotransmitter. Dopamin bertindak sebagai pengendali fungsi imunitas tubuh. Dopamine memiliki regulasi yang kuat dalam aktivitas, migrasi, diferensiasi, dan proliferasi sel imun yang berkontribusi pada fungsi kognitif. Termasuk sel T, mikroglial, dan monosit primer.

8. Lebih Mudah Menerapkan Pola Hidup Sehat

Mampu berpikir positif juga berdampak signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup lebih baik. Misalnya berkaitan dengan pola hidup sehat. Kamu pun bisa melihat apa saja yang berpotensi membahayakan diri, mampu mengurangi kebiasaan buruk, gaya hidup tak sehat, serta bisa memilih menerapkan pola hidup positif untuk kesehatan jiwa dan fisik.

Ciri-Ciri Orang dengan Positive Vibes

Sumber: iStockPhoto

Setelah mengetahui 8 manfaatnya, tentu kamu penasaran dengan ciri-ciri orang dengan pikiran positifnya. Yuk, simak penjelasannya.

  • Selalu menebar senyuman
  • Menjaga tubuh dan pikiran
  • Tahu bagaimana menghadapi masalah
  • Mampu menghargai diri sendiri dan orang lain
  • Mampu memberikan sukacita dan cinta kepada orang lain
  • Mampu mengembangkan pertumbuhan mental dalam diri
  • Kuat dan berani
  • Berani mengambil kesempatan dan peluang dalam hidup

Nah, itulah tadi 8 manfaat dan ciri-ciri orang dengan positive vibes. Memiliki pemikiran positif juga akan memunculkan perasaan aman dan nyaman dalam menghadapi permasalahan hidup.

Mia Atika

Add comment

Share