Food Truck: Inspirasi Bisnis Kekinian yang Menarik untuk Dijalankan

food truckSumber: www.indonesiatraveller.id

Belakangan ini, peluang bisnis Food Truck dapat dikatakan cukup menjanjikan, terlebih bagi para pebisnis kuliner. Food Truck sendiri merupakan jenis bisnis yang bergerak di bidang makanan dan minuman, di mana semua kegiatan operasionalnya dilakukan di dalam sebuah kendaraan besar. Konsep unik yang diusung dari ide bisnis ini adalah hal positif yang membawa pengalaman kuliner baru bagi masyarakat. Mungkin kamu pernah melihat ada Food Truck hang ramai pengunjung setiap harinya? Hal itu menjadi salah satu bukti bahwa respon konsumen cukup baik terhadap tren ini.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Food Truck

food truck
Sumber: www.kaskus.co.id

Di Amerika, sebenarnya bisnis Food Truck telah diakui sebagai salah satu bisnis kekinian dengan peluang berkembang yang sangat besar. Bisnis ini bahkan diestimasikan tumbuh ke angka US$2,17 miliar (atau setara dengan Rp30,5 triliun) di AS per 2017. Itu berarti, pertumbuhannya meningkat hampir empat kali lipat dari US$650 juta (setara dengan 9,1 triliun) dari tahun 2012.

Kemudian sejak mulai merambah ke Indonesia di tahun 2013, bisnis ini disambut dengan sangat baik. Terbukti dengan lebih dari 50 bisnis jenis ini bergabung dalam AFTI (Asosiasi Food Truck Indonesia). Bahkan di Jakarta sendiri jumlah bisnis ini dikabarkan naik hingga 100% dari tahun 2014 ke tahun 2015, dan tentunya hingga tahun ini pertumbuhannya juga semakin naik. Luar biasa sekali bukan?

Ada beberapa potensi bisnis Food Truck yang perlu diketahui, yaitu:

  • Biaya investasi yang lebih terjangkau dalam jangka panjang dengan konsep take away
  • Fleksibel, karena bisa berpindah tempat ke berbagai lokasi strategis dengan potensi penjualan yang besar.
  • Dapat secara proaktif mendekatkan produk secara langsung ke calon konsumen, sehingga biaya pemasaran dapat ditekan. 
  • Adanya perubahan tren yang memungkinkan bisnis ini akan terus berkembang.

Tips Menjalankan Bisnis Food Truck

Kalau kamu tertarik untuk mencoba peluang bisnis yang satu ini, beberapa tips menjalankan bisnis Food Truck di bawah ini wajib kamu simak baik-baik! 

Baca juga:  Kamu Harus Coba! Game Indonesia yang Menarik untuk Dimainkan

1. Tentukan Konsep Bisnis yang Kamu Inginkan

food truck
Sumber: www.lamag.com

Sudah menjadi hal yang wajar bagi pebisnis untuk memikirkan konsep yang ingin mereka buat. Termasuk untuk jenis bisnis Food Truck, sebaiknya pikirkan baik-baik mengenai konsep yang kamu inginkan. Apakah kamu ingin membuat konsep Food Truck yang mudah dengan berjualan makanan cepat saji? Atau kamu memiliki konsep unik yang lainnya. 

2. Tentukan Menu Makanan atau Minuman yang Akan Dijual

Dari konsep yang telah kamu buat sebelumnya, kamu dapat mengembangkan konsep tersebut dengan menentukan menu makanan dan minuman yang ingin kamu jual. Jangan lupa untuk mengusahakan bahwa produk yang kamu jual memiliki kemasan yang unik.

3. Mengatur Anggaran

Setelah kamu mengetahui apa yang perlu dibelanjakan, buatlah rencana keuangan. Jika keuangan pribadi kamu ternyata kurang mencukupi untuk menjalankan bisnis tersebut, kamu dapat mengambil pinjaman dari bank, atau pinjaman dari teman maupun keluarga. Cari tahu berapa banyak uang muka yang kamu mampu, dan berapa banyak bunga yang akan kamu bayarkan selama pinjaman tersebut berlangsung. 

4. Memiliki Mobil atau Truk

Sesuai dengan nama jenis bisnisnya, kamu tentu saja diharuskan memiliki mobil atau truk untuk memulai bisnis tersebut. Menyesuaikan konsep Food Truck yang telah dibuat sebelumnya, kamu harus memperhatikan ukuran dari kendaraan yang akan kamu gunakan. Mengenai kendaraan, kamu dapat membeli atau mengajukan kredit. Selain itu, penting untuk memilih kendaraan yang besar agar peralatan yang dibutuhkan dapat masuk ke dalam mobil atau truk. Opsi lainnya yang tidak kalah kreatif, kamu juga dapat memodifikasi mobil lama sebagai kendaraan untuk menjalankan bisnis ini.

Setelah truk siap, kamu juga perlu membeli seluruh kelengkapan bisnis, misalnya saja:

  • Mesin (jika dibutuhkan). 
  • Peralatan memasak. 
  • Peralatan makan. 
  • Papan menu beserta alat tulisnya. 
  • Mesin kasir dan nota pembelian, dan lain sebagainya. 
Baca juga:  Mengenang Sastrawan 'Hujan Bulan Juni' Sapardi Djoko Damono

5. Urus Izin dan Lisensi

Dalam berbisnis, tidak ada yang sederhana, termasuk menjalankan bisnis Food Truck. Kamu tidak bisa mengendarai truk makanan di mana pun yang kamu mau, karena kamu harus memiliki izin mengemudi, surat izin kepemilikan truk, sertifikat dari departemen kesehatan, hingga pembatasan parkir. Setiap kota pasti memiliki kebijakan yang berbeda. Jadi, sangat disarankan agar kamu menghubungi pemerintah setempat untuk menanyakan kebijakan untuk membuka bisnis Food Truck. Pastikan kamu telah mengurus seluruh izin tersebut agar bisnis kuliner kamu dapat berjalan dengan lancar.

6. Mencari Lahan Parkir Kendaraan

food truck
Sumber: efoodrecipe.com

Biasanya, Food Truck memiliki ukuran besar. Dan jika kamu berencana untuk mengoperasikan kendaraan berukuran penuh, maka kamu akan menemukan beberapa masalah parkir. Jadi, kamu dapat menyewa tempat parkir pribadi sehingga kamu bisa mendapatkan tempat parkir yang aman dan legal. Atau, kamu juga dapat menghubungi pemerintahan setempat untuk mendapatkan izin parkir Food Truck milikmu.

7. Memanfaatkan Sosial Media

Kamu bisa mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, Pinterest, Tumblr, hingga Website. Semua sosial media tersebut bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan brand dan produk jualanmu. Melalui sosial media, kamu akan dengan mudah terhubung dengan para pelanggan. Selain itu, kamu juga dapat menginformasikan lokasi di mana kamu sedang berjualan dan promo apa saja yang sedang berlangsung.

Sukses atau tidaknya bisnis Food Truck, tentu saja berada di tangan kamu sendiri. Teruslah mengembangkan inovasi unik untuk mempromosikan brand dan produk milikmu. Semakin besar brand dan semakin unik ide yang kamu miliki, maka akan semakin banyak pula pelanggan yang datang untuk membeli produk yang kamu jual. Selain itu, kamu juga bisa mendekati pedagang grosir untuk menjual produk tersebut di toko mereka. Bagaimana, tertarik untuk mencoba menggeluti bisnis ini?

Tags: , , , , , ,

Berita Terbaru