Potongan Wolf Cut: Cara Perawatan dan Tips Stylingnya

Saat ini, trend potongan rambut wolf cut menjamur dimana-mana, terutama di kalangan kaum hawa. Potongan rambut wolf cut mulai populer karena diperkenalkan oleh para penata rambut Korea Selatan melalui gaya rambut para aktor dan aktris Negeri Ginseng tersebut. Popularitas potongan rambut wolf cut pendek juga sangat dipengaruhi penampilan karakter Kan Sae-byeok di serial “Squid Game”.

Gaya rambut wolf cut pada karakter itu sukses membuat tampilannya terkesan androgini. Model potongan rambut ini seringkali disebut juga sebagai rambut sebahu. Dengan potongan versi modern dari mullet dengan bentuk wispy layer dan potongan trap yang tinggi, rambut ini ditata akan menyerupai bulu serigala. Untuk mengetahui cara perawatan dan styling-nya, serta inspirasi potongan yang mungkin cocok untukmu, simak penjelasannya di bawah ini.

potongan wolf cut
Sumber: Pinterest

Inspirasi Potongan Rambut Wolf Cut

Jika kamu ingin memotong rambut dengan gaya wolf cut, kamu bisa menyontek ide potongan rambut di bawah ini!

1. Basic Wolf Cut

potongan wolf cut
Sumber: Pinterest

Bersifat unisex, model rambut ini cocok untuk pria dan wanita. Potongan rambut ini biasanya dihasilkan dengan memotong rambut sebahu atau sedikit di atas leher. Karena karakter guntingan layer pada potongan ini, wolf cut umumnya cocok untuk kamu yang memiliki rambut pendek dan tebal.

2. Ultra Long Wolf Cut

potongan wolf cut
Sumber: Pinterest

Berbeda dengan potongan yang dasar, ultra long wolf cut merupakan versi rambut yang lebih panjang. Walau begitu, potongan tetap ber-layer dengan volume tebal di atas dan volume tipis di bawah. Kamu juga bisa menambahkan potongan ini dengan poni, loh!

Baca juga:  Cara Kerja Botox dan Efek Sampingnya

3. Curtain Bangs

potongan wolf cut
Sumber: Pinterest

Bukan hanya di Korea, trend #wolfcut juga ada di Amerika berkat Billie! Kombinasi dengan curtain bangs adalah gaya wolf cut paling umum yang bisa kamu temukan. Bentuk poni ini makin membuat rambutmu terlihat seperti rambut serigala, loh! 

4. Poni Depan

potongan wolf cut
Sumber: Pinterest

Salah satu cara membuat gaya rambut wolf cut tidak terkesan terlalu maskulin adalah menambahkan poni pada rambutmu. Poni depan bisa kamu coba! Pastikan kamu mencatok rambut ke arah luar untuk ciptakan efek bulu serigala yang maksimal. Tata tekstur rambut dengan wax jika diperlukan.

5. Balayage

potongan wolf cut
Sumber: Pinterest

Supaya lebih keren, kamu bisa mengkombinasikan gaya rambut ini dengan balayage. Misalnya, kamu bisa coba balayage warna pirang pada bagian bawah rambut dan membiarkan bagian atasnya tetap gelap.

6. Peek-a-boo

potongan wolf cut
Sumber: Pinterest

Selain itu, kamu bisa coba trend peekaboo hair color seperti ini! Warna rambut yang mengintip malu-malu dari dalam ini bakal bikin kamu jadi e-girl yang lengkap!

7. Curly

potongan wolf cut
Sumber: Pinterest

Gaya rambut ini cocok untuk para pemilik rambut keriting. Potongan gaya rambut ini sebenarnya sama seperti wolf cut pada umumnya. Akan tetapi, volume pada gaya rambut ini akan lebih terjaga karena rambut keriting yang telah dimiliki sebelumnya. Jika kamu memiliki gaya rambut lurus, model curly wolf cut bisa didapat dengan melakukan perm terlebih dahulu. Dengan gaya ini, kamu dapat terlihat lebih segar dan awet muda.

Tips Potong Rambut Wolf Cut di Rumah

Jika kamu ingin memotong rambut gaya wolf cut namun budget terbatas, kamu bisa memotong sendiri di rumah, lho! Ini tips dan caranya.

1. Basahi rambut. Gunakan sisir bergerigi rapat dan mengarah dari atas ke bawah. Jangan lupa untuk menyelipkan seluruh bagian rambut ke belakang telinga. 

Baca juga:  8 Rekomendasi Serum untuk Bulu Mata yang Bervolume

2. Ikat seluruh rambut membentuk ponytail persis di bagian depan rambut. 

3. Potong rambut dengan gunting tajam. Pastikan panjang pendeknya sudah sesuai dengan keinginan kamu.

4. Buka ikatan rambut.

5. Kembali ikat rambut dengan bentuk ponytail. Namun, kali ini biarkan rambut di area tengkuk tergerai. Gunting ujung rambut sesuai kepanjangan yang diinginkan. 

6. Buka kembali ikatan rambut. 

7. Ikat rambut dengan bentuk ponytail kembali. Kali ini, biarkan rambut bagian tengah tergerai. Potong kembali ujung rambut.

8. Lakukan kembali step ikat-gunting-lepas ikatan rambut berkali-kali sesuai dengan jumlah layer  yang diinginkan. 

9. Gerai rambut dan lakukan finishing berupa trimming pada ujung rambut. Hal ini bertujuan untuk merapikan dan menyeimbangkan panjang layer rambut sesuai yang diinginkan. 

10. Lakukan styling dengan membuat gelombang para rambut.

Perawatan Rambut Wolf Cut

Untuk menyempurnakan tampilan potongan wolf cut kamu, fokuskan pada rutinitas perawatan rambut yang menambah volume dan mencegah rambut kusut. Berikut adalah tips untuk mempertahankan potongan wolf cut pendek atau panjang:

  1. Sisir Rambut. Sisir rambut setiap hari agar terhindar dari rambut kusut. Gunakan sikat bundar untuk mengurai rambut kusut dan memberikan efek volume pada rambut. Jika rambutmu cenderung kusut, semprotkan detangling spray untuk mencegah kerusakan.
  2. Kondisioner Tanpa Bilas. Untuk jenis rambut tebal, sebaiknya menggunakan kondisioner tanpa bilas pada ujung rambut yang lembap. Fungsinya adalah untuk melembabkan, mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan melindungi folikel rambut dari produk dan alat untuk menata rambut. Jika rambutmu cenderung tipis, lewati langkah ini karena kondisioner tanpa bilas dapat merusak rambut.
  3. Potong Rutin. Sama seperti potongan rambut pixie atau shaggy, potongan rambut wolf cut membutuhkan pemotongan rutin untuk mempertahankan lapisan dan poni yang lusuh. Jika potongan rambutmu pendek, potong setiap 6-8 minggu. Untuk rambut panjang, potong setiap 8-10 minggu.