11 Jenama Produk Indonesia yang Mendunia, Mana Favoritmu?

Tahukah kamu, ada beberapa jenama produk Indonesia yang mendunia? Beberapa dari produk itu mungkin tidak kita sadari bukanlah buatan luar negeri, namun dari dalam negeri. Bahkan, ada beberapa dari jenama lokal Indonesia yang saking terkenalnya, masyarakat awam mengira bukan produk Indonesia. Padahal, beberapa jenama terkenal itu ternyata produksi Indonesia.

Suksesnya produk-produk lokal di dunia ini menunjukkan kualitas jenama lokal Indonesia yang tidak kalah dengan produk luar. Produk dalam negeri yang bisa mendunia ini pun bervariasi. Mulai dari bahan makanan yang biasa kita konsumsi, hingga pakaian dan item fashion yang biasa dikenakan orang-orang. Daripada penasaran, ada baiknya kamu simak penjelasan di bawah ini!

produk Indonesia yang mendunia
Sumber: Situs resmi JCo

11 Jenama Produk Indonesia yang Mendunia

1. SilverQueen

produk Indonesia yang mendunia
Sumber: ggwp.id

Nama SilverQueen sudah sering terdengar di masyarakat Indonesia. Saking terkenalnya, SilverQueen sering dikira coklat produksi luar negeri. Padahal, jenama ini asli Indonesia milik PT. Petra Foods. Produk yang dulunya memiliki pabrik di daerah Garut, Jawa Barat ini, merupakan milik pria berkebangsaan Burma bernama Ming Chee Chuang.

Ia membeli perusahaan cokelat NV Ceres dari orang Belanda. Kudapan manis itu sudah ada sejak tahun 1950 dengan tagline khasnya yakni “Santai Belum Lengkap Tanpa SilverQueen.” Produk SilverQueen telah dijual di 17 negara di dunia termasuk Brunei, Thailand, India, Korea Selatan, Jepang, Filipina, Hong Kong, Australia, dan China.

2. Terry Palmer

produk Indonesia yang mendunia
Sumber: Situs resmi Terry Palmer

Produk handuk ini sering dikira produk luar negeri karena namanya. Namun jangan salah, jenama ini adalah produk dalam negeri. Berbagai jenis handuk yang diproduksi oleh PT. Indah Jaya di Tangerang ini berbahan premium. Tidak heran jika Terry Palmer menjadi salah satu jenama pemasok handuk sampai sprei terkemuka di hotel-hotel mewah dan negara-negara luar.

Baca juga:  Pernah Dilarang Dimainkan, Ternyata Ini Sejarah Lato Lato!

3. Eiger

produk Indonesia yang mendunia
Sumber: Situs resmi Eiger

Produk untuk kegiatan luar ruangan ini dikenal karena banyak orang mengira ini adalah produk luar negeri. Jenama yang didirikan sejak tahun 1979 ini ternyata buatan orang Indonesia, lho! Di tahun 1992, Eiger sudah menerima penghargaan dari pemerintah. Saat ini, penjualan produk Eiger sudah menembus pasar di berbagai negara mulai dari Malaysia, Filipina, hingga Jepang!

4. Indomie

produk Indonesia yang mendunia
Sumber: Laman resmi Indomie

Para perantau pasti sudah tidak asing dengan produk mie satu ini, ya. Jenama tersebut mempunyai berbagai varian rasa yang khas Indonesia, seperti ayam pop, soto lamongan, rendang, soto banjar, mie aceh, dan lainnya. Banyak sekali video reaction dari luar negeri yang merekam respon mereka ketika sedang menyantap Indomie. Hampir semuanya mengatakan rasanya enak dan approved di lidah mereka.

5. Krisbow

produk Indonesia yang mendunia
Sumber: Laman Resmi Krisbow

PT. Krisbow Indonesia didirikan pertengahan 2013 di Jakarta. Berdiri di bawah naungan Grup Kawan Lama, jenama ini mengkhususkan diri dalam menyediakan produk berkualitas mulai dari peralatan tangan dan listrik hingga mesin dan peralatan. Baik untuk pelanggan komersial, industri, dan rumah tangga. Krisbow bukanlah bahasa asing, melainkan nama singkatan dari pemiliknya, yakni Krisnandi Wibowo. Unik, ya!

6. The Executive

produk Indonesia yang mendunia
Sumber: Laman resmi Grand Indonesia

The Executive termasuk salah satu jenama lokal Indonesia yang mendunia. Produk garmen asal Bandung, Jawa Barat ini dibangun oleh Johanes Farial di bawah naungan PT. Delami Garment Industries. Produk fashion yang diproduksi oleh The Executive ini mayoritas biasa digunakan untuk acara formal, tetapi banyak juga pakaian casual. Dengan harga terjangkau dan kualitas yang bagus, membuat The Executive berhasil masuk ke pasar global. Khususnya, negara-negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia.

7. Kopiko

Bagi para pecinta drakor, mungkin sering melihat aktris dan aktor Korea Selatan yang memakan permen kopi ini, ya? Usai menjadi salah satu bagian dari product placement di drakor berjudul Vincenzo, permen ini semakin laris. Kopiko yang diproduksi oleh PT. Mayora Indah, Tbk ini memang yang telah menjadi favorit bangsa selama lebih dari 35 tahun dan saat ini sedang diekspor ke lebih dari 80 negara di seluruh dunia.

Baca juga:  9 Bahan Hoodie yang Bagus, Pilih Sesuai Kebutuhan!

8. Polygon

produk Indonesia yang mendunia
Sumber: Laman resmi Polygon

Polygon merupakan produsen sepeda lokal yang berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur. Produknya yang berkualitas membuat sepeda ini banyak dikira sebagai merek luar negeri. Polygon menyediakan berbagai macam jenis sepeda, seperti sepeda gunung bagi orang dewasa, sepeda mini untuk anak-anak, hingga sepeda lipat. Perlu diketahui, sepeda Polygon pernah digunakan oleh Tim Downhill kelas dunia Hutchinson UR Team yang saat itu bertanding di UCI DH World Cup pada tahun 2013.

9. Hoka Hoka Bento

produk Indonesia yang mendunia
Sumber: Laman resmi Hoka-Hoka Bento

Restoran cepat saji yang menyajikan masakan Jepang ini didirikan pada 18 April 1985, di bawah lisensi PT Bogainti. Pertama hadir di Kebon Kacang, Jakarta. Hingga kini, HokBen memiliki lebih dari 170 gerai yang tersebar di pulau Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sumatera. Nama Hoka Hoka Bento sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti “makanan hangat dalam Kotak”.

10. Sensatia Botanicals

produk Indonesia yang mendunia
Sumber: The Yak Magazine

Sensatia Botanicals ditemukan di sebuah desa kecil bernama Jasri di Karangasem, Bali, pada tahun 2000. Kala itu, sang pemilik memiliki mimpi untuk menghasilkan produk kecantikan (skincare dan make up) yang berbahan alami. Kini menjadi jenama yang berskala internasional, Sensatia Botanicals sudah menghasilkan 300 produk yang telah terdaftar di BPOM dan menembus pasar berbagai negara, termasuk Amerika Serikat dan Australia.

11. Polytron

produk Indonesia yang mendunia
Sumber: Wikipedia

Jenama terakhir yang melengkapi daftar 11 produk Indonesia yang mendunia ini adalah Polytron. Produk elektronik dengan jenama ini bukanlah berasal dari Jepang, namun dari Kudus! Didirikan pada tahun 1975 dengan nama PT Indonesian Electronic & Engineering. Setahun kemudian, perusahaan ini berubah nama menjadi PT Hartono Istana Electronic, lalu pada tahun 2000 merger dan menjadi PT Hartono Istana Teknologi. Diketahui jenama ini sudah memproduksi berbagai macam produk elektronik. Mulai dari mesin cuci hingga smartphone.

Itulah 11 jenama produk lokal yang mendunia. Ternyata, kualitas produk dalam negeri juga tidak kalah saat bersaing di pasar internasional. Sebagai warga negara Indonesia, kita patut bangga dengan membeli dan mengkonsumsi produk dalam negeri.