Pemahaman Proses Bisnis 101, Hal Mendasar untuk Pebisnis

Bisnis merupakan rangkaian proses yang saling bertaut dan terkait, dan bekerja secara berkesinambungan sehingga membentuk sistem yang efektif dalam mencapai tujuannya. Jelas, proses bisnis adalah hal yang mutlak terjadi agar sebuah perusahaan bisa mencapai tujuannya.

Namun apa yang dimaksud proses bisnis dalam konteks ini?

Secara umum, proses bisnis adalah serangkaian aktivitas atau perilaku yang dilakukan, berkaitan dengan produk yang dimiliki sebuah perusahaan. Aktivitas ini memiliki syarat dan ketentuan yang harus ditaati sehingga dapat memenuhi tujuan bisnis yang direncanakan sebelumnya.

Dalam pelaksanaannya, proses ini dapat dilakukan secara manual atau dengan bantuan sistem informasi tertentu. Selama aktivitas yang dilakukan bertujuan akhir pada target bisnis, maka dapat disebut dengan proses bisnis.

Baca Juga: Mengenal Fungsi dan 5 Metode Berbeda Inventory Control untuk Bisnis

Mengenal Jenis-Jenis Proses Bisnis yang Dijalankan

proses bisnis adalah

Setelah mengetahui sekilas mengenai definisi proses bisnis, selanjutnya Anda akan diajak mengulik tentang jenis-jenis proses bisnis yang dilakukan oleh perusahaan. Setidaknya, akan terdapat tiga jenis proses bisnis yang secara umum digunakan. Pertama primer, kemudian sekunder, dan terakhir proses manajemen.

Pertama, Proses Bisnis Primer

Proses bisnis ini berkaitan seluruhnya dengan operasional perusahaan hingga dapat menghasilkan nilai pada produk yang dibuat. Tahapannya terbagi menjadi tiga tingkat, yakni produksi, pemasaran, dan pelayanan pada pelanggan.

Baca juga:  11 Tips Mempertahankan Bisnis di Masa Resesi Ekonomi

Kedua, Proses Bisnis Sekunder

Proses kedua disebut dengan proses sekunder. Lepas dari apa yang terjadi di tahap pertama, proses kedua ini berupaya menyiapkan environment dari pasar yang dapat mendukung apa yang dilakukan pada proses primer tadi. Upaya pengkondisian pasar harus pula selaras dengan apa yang dilakukan perusahaan di tahap primer.

Ketiga, Proses Bisnis Manajemen

Proses ketiga ini melibatkan adanya pengawasan dan pemantauan dari segi manajemen bisnis. Apa yang telah direncanakan sebelumnya harus berjalan sesuai, sehingga bisa mencapai target yang telah ditetapkan. Hal ini juga menyangkut kesesuaian strategi, eksekusi, anggaran, dan operasional strategis lainnya.

4 Tahapan dalam Melaksanakan Proses Bisnis secara General

proses bisnis adalah

Proses bisnis yang dijalankan juga memiliki tahapan-tahapan tertentu yang berlaku secara ideal. Tahapan ini berjalan hampir di setiap jenis bisnis, hanya saja kemudian terdapat perbedaan tergantung dengan bagaimana bisnis tersebut dijalankan.

Mulai dari analisis aktivitas, kemudian pembuatan keputusan berdasarkan hasil analisis, pelaksanaan kebijakan atau strategi, hingga ke tahap evaluasi secara rutin, berikut penjelasan singkatnya.

1. Analisis Aktivitas Bisnis

Tahap ini juga meliputi perencanaan proses bisnis yang akan dijalankan, dan melakukan analisis mendalam pada setiap rencana ini. Tahap ini akan dilakukan oleh seluruh elemen bisnis yang Anda miliki, sehingga gambaran besar mengenai apa yang akan dilakukan bisa dipahami setiap bagian dan divisi.

2. Pembuatan Keputusan

Dari hasil analisis dan perencanaan yang dilakukan, perusahaan kemudian akan memperoleh gambaran besar dari kegiatan yang akan dilakukan. Keputusan dibuat, dan pemilihan apa yang akan dan tidak akan dilakukan perusahaan dilakukan. Hal ini termasuk keputusan pada langkah utama, dan langkah cadangan yang diperlukan untuk menghadapi kondisi darurat yang mungkin muncul.

Baca juga:  Lebih Dalam Mengenai 5 Fungsi dan Tugas Buyer dalam Bisnis

3. Eksekusi Kebijakan dan Strategi

Keputusan dan kebijakan telah disepakati, kini saatnya setiap elemen perusahaan melaksanakan strategi yang sudah disusun tersebut. Masing-masing divisi memberikan effort terbaiknya guna mencapai target yang ditentukan, dengan cara-cara dan panduan yang telah diberikan. Dengan demikian, effort yang dikeluarkan akan terintegrasi, dan menjadi kekuatan utama dari perusahaan Anda.

4. Tahap Akhir, Evaluasi

Setelah eksekusi strategi dan program yang direncanakan, akan tiba waktunya di akhir periode untuk melakukan evaluasi. Tahap akhir setiap periode ini bertujuan untuk melihat sejauh mana hasil dari usaha yang diberikan, dan apa yang harus diperbaiki dan diberikan apresiasi. Secara berkala, evaluasi akan jadi tahap yang mengontrol gerakan setiap divisi agar selalin in line dengan target perusahaan.

Setelah Tahu Jenis dan Tahapan, Simak 6 Manfaatnya di Bawah Ini

proses bisnis adalah

Setiap tahapan dan jenis proses bisnis adalah rangkaian yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lain. Ketika semua berjalan lancar, maka sederet manfaat di bawah ini bisa Anda dapatkan untuk bisnis yang Anda kelola.

  • Mampu mengidentifikasi peluang dan ancaman yang ada untuk bisnis Anda, dengan demikian bisnis Anda mampu memproduksi produk yang sesuai dengan zaman dan permintaan pasar
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja setiap bagian dan elemen perusahaan
  • Dapat meningkatkan fokus pada kebutuhan pelanggan yang Anda miliki
  • Menjadikan bisnis Anda semakin kuat daya saingnya, sehingga perusahaan bisa semakin responsif pada perubahan yang terjadi di pasar
  • Bisnis akan memiliki panduan jelas dan proyeksi jangka panjang sehingga langkahnya jelas
  • Anda dapat mengetahui informasi terkait dengan situasi dan kondisi perusahaan, menyiapkan langkah strategis untuk perubahan dan progres, serta bersiap menghadapi risiko yang dimiliki

Baca Juga: Pentingnya Inisiatif di Dunia Kerja dan 6 Cara Meningkatkannya

Cukup krusial bukan pemahaman pada konsep ini? Proses bisnis adalah hal yang wajib dipahami oleh setiap pebisnis, agar dapat melakukan apa yang diperlukan dalam mengelola sebuah perusahaan. Semoga artikel ini berguna untuk Anda, dan selamat melanjutkan aktivitas!