Pulau Derawan, Surga Wisata Kuliner dan Keindahan Bawah Laut

Pulau Derawan di timur Kalimantan merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang namanya sudah terkenal sampai ke luar negeri. Daya tarik utamanya terletak pada pantai pasir putih dengan laut berwarna biru toskanya yang memanjakan mata. Itu sajakah? Tentu tidak.

Ingin tahu apa saja pesona pulau Derawan? Apa kuliner khasnya dan ide aktivitas seru di sana? Yuk kepoin di bawah ini.

Di Mana Letak Pulau Derawan?

Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah objek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia. Kepulauan Derawan memiliki tiga kecamatan yaitu, Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Biduk, Berau.

Sedikitnya ada empat pulau yang terkenal di kepulauan tersebut, yakni Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban yang ditinggali satwa langka penyu hijau dan penyu sisik.

Kuliner Lezat Khas Pulau Derawan

Pesona Derawan tidak berhenti sampai di permukaan lautnya. Cobalah menyelam dan nikmati keragaman biota bawah laut yang begitu memukau. Usai puas menjelajah dunia bawah laut Derawan, jangan lupa sempatkan diri untuk mencicipi aneka kuliner khas setempat yang lezat berikut ini.

1. Tehe-Tehe

kuliner pulau derawan
Sumber: Perpustaakaandigital

Nama camilan yang satu ini memang seunik bentuknya. Camilan khas Derawan ini memang sedikit ekstrem bagi sebagian orang karena dibuat dari cangkang landak laut. Tapi soal rasa jangan tanya. Lezat dan menggugah selera!

Tehe-tehe dimasak dengan cara memasukkan ketan yang sudah dicampur santan dan garam ke dalam cangkang, lalu ditutup dengan daun pandan dan kemudian direbus. Aroma kelapa dan pandan yang begitu wangi tercium dijamin akan membuat selera makan Anda bangkit seketika.

2. Sarang Semut

makanan pulau derawan
Sumber: Yuk travel

Jika berlibur ke Derawan, jangan lupa icip-icip camilan khas buatan masyarakat setempat, yaitu kue sarang semut. Dinamakan begitu karena bentuknya memang menyerupai sarang semut. Oleh masyarakat setempat, penganan bercita rasa manis ini lebih sering disebut dengan kue jah. Sarang semut sendiri dibuat dari campuran gula dan adonan seperti mi bihun, lalu dibentuk dengan cetakan khusus dan dikukus. Rasanya yang manis menjadikan kue jah sebagai salah satu oleh-oleh khas Derawan yang terkenal.

Baca juga:  Menyibak Eksotisme Taman Sari Jogja yang Penuh Keindahan

3. Kima Kima

Sumber: Indonesia kaya

Kima-kima adalah salah satu seafood khas Derawan yang cukup terkenal akan kelezatannya. Berbeda dengan tehe-tehe yang hanya tersedia saat momen-momen tertentu, kuliner yang satu ini bisa dengan mudah dijumpai kapan saja.

Bentuk makanan ini menyerupai kerang laut, tapi pengolahannya sama seperti ikan asin (dikeringkan dulu sebelum dikonsumsi). Kima-kima tergolong makanan mahal di Derawan karena rasanya yang nikmat. Per 250 gram biasanya dijual Rp50 ribu.

4. Elai Buah Duplikat Durian

kuliner pulau derawan
Sumber: Yuk travel

Siapa pun yang menyukai durian pasti akan suka dengan buah yang satu ini. Elai memang sekilas tampak seperti buah durian, hanya saja warnanya yang cenderung lebih oranye. Buah dengan nama latin Durio Kutejensis ini merupakan primadona di Kalimantan Timur.

Memiliki rasa manis dengan tekstur yang lembut seperti durian, elai merupakan buah tropis yang hanya bisa dijumpai di Kalimantan.

Selain elai/lai, orang lokal juga menyebut buah ini dengan durian kuning, durian tinggang, durian pulu, nyekak, ruas, sekawi, pekawai, dan lain-lain. Bagaimana, penasaran ingin mencicipinya?

Baca Juga: 7 Rekomendasi Destinasi Safari di Dunia, ada Plataran Komodo!

Aktivitas Seru di Pulau Derawan

1. Bersepeda Mengelilingi Pulau Derawan

Pulau Derawan
Sumber: Pixabay

Kamu gak bisa berenang? Jangan khawatir! Kamu bisa menyewa sepeda dan berkeliling mengitari pulau ini sembari menikmati keindahan pantai dan kearifan lokal. Kamu juga bisa berinteraksi dengan warga setempat sembari berwisata kuliner dan membeli pernak-pernik yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Kamu bisa meminjam sepeda selama sehari semalam dengan tarif cukup terjangkau yaitu Rp 60.000 per hari

Waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan ini adalah di pagi atau sore hari. Sembari menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam dengan panorama laut yang indah dan sejuknya angin pantai.

2. Belajar melestarikan penyu di Pulau Sangalaki

Pulau Derawan
Sumber: Pixabay

Pulau Sangalaki adalah bagian dari gugusan Kepulauan Derawan yang dijadikan sebagai lokasi konservasi penyu sejak tahun 2002. Pulau ini tidak berpenghuni dan hanya ada satu bangunan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Timur yang bertugas dalam pembiakan penyu di lokasi ini.

Baca juga:  12 Destinasi Wisata Kepulauan Seribu, Cocok untuk Healing!

Ada 2 jenis spesies penyu yang dikembangbiakkan di kawasan konservasi Sangalaki, yaitu penyu hijau dan penyu sisik. Dengan berkunjung ke pulau ini, kamu bisa mendapatkan edukasi mengenai pentingnya menjaga kelestarian penyu karena jumlahnya yang semakin menurun dari tahun ke tahun.

Selain belajar mengenai penyu, Pulau Kalaban juga menyuguhkan keindahan birunya air laut, pasir pantai yang putih dan lembut, serta keberadaan Pari Manta di pulau ini.

3. Berinteraksi Dengan Ubur-Ubur Tanpa Sengat 

Pulau Derawan
Sumber: Pixabay

Kalau sedang berlibur ke Kepulauan Derawan, jangan lupa mengunjungi Pulau Kakaban. Kakaban adalah pulau yang tidak berpenduduk, namun memiliki salah satu biota langka di dunia, yaitu ubur-ubur. Tarif yang dikenakan untuk aktivitas ini juga cukup terjangkau, yaitu Rp 10.000 saja per orang.

Di pulau ini, kamu dapat berenang di danau air payau yang menjadi rumah bagi 4 jenis ubur-ubur yaitu Aurelia aurita, Mastigias papua, Tripedalia cystophora, dan Cassiopea ornata. Tapi jangan takut, ubur-ubur di tempat ini gak menyengat kok. Jadi kamu bisa merasakan sensasi berinteraksi langsung dengan ubur-ubur.

4. Menikmati Keindahan Bawah Laut 

Pulau Derawan
Sumber: Pixabay

Pulau Derawan menyediakan berbagai kegiatan menarik bagi kamu pencinta petualangan. Kamu bisa melakukan aktivitas diving, snorkeling, dan banana boat di sini.

Air yang jernih dan keindahan biota bawah laut di Pulau Derawan tentu tidak akan mengecewakan, apalagi Derawan menjadi salah satu spot diving terbaik di Indonesia. Kamu bisa menikmati terumbu karang yang indah ditemani ratusan ikan warna-warni.

Yang tak kalah menarik, kamu bisa bertemu dengan penyu yang berenang bebas di laut jika sedang beruntung. Jika kamu mencoba aktivitas ini, ingat selalu untuk tidak merusak terumbu karang dan menjaga kelestrian alam ya!

5. Menikmati Sunset

pulau derawan
sumber: pixabay

Setelah lelah seharian menikmati kegiatan di Pulau Derawan, jangan lupa untuk menikmati momen terbenamnya matahari di tempat ini. Pemandangan laut yang indah, angin pantai yang sejuk, suara deburan ombak, ditemani langit yang berwarna jingga membawa suasana yang begitu syahdu. Kamu bisa menghilangkan penat dan beban pikiran sejenak ditemani indahnya karya Yang Maha Kuasa.

Berlibur ke pulau Derawan pastinya akan selalu menjadi pengalaman seru. Jangan lupa ajak teman dan saudara untuk berngkat bersama. Rencanakan juga liburanmu jauh-jauh hari agar lebih asyik dan bebas dari kerumitan saat tiba di tempat tujuan. Selamat berwisata!