pulau terkecil di indonesia
Sumber: freepik.com

Daftar 7 Pulau Terkecil di Indonesia, Ada yang Hanya 0,5 hektar!

Jika sekarang, saat ini, kamu ditanya, kira-kira pulau terkecil di Indonesia ini apa? Apakah kamu memiliki jawabannya? Seperti yang kamu tahu, Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang luas dan besar. Pulau terkecil di Indonesia adalah topik utama di artikel ini, sekaligus membahas mengenai keunikan dan keindahannya.

Bentangan wilayah nusantara dari Sabang hingga Merauke ini memiliki kekayaan alam yang tak ternilai harganya. Mulai dari hasil dari bumi dan laut, hingga kebudayaan yang beragam dari berbagai suku dan adat.

Selain terkenal dengan wisata di titik-titik destinasi favorit, beberapa pulau kecil di Indonesia adalah daya tarik yang sebenarnya tidak boleh dilewatkan. Untuk melihat daftarnya, kamu bisa lihat penjelasan di masing-masing poin di bawah ini.

Baca Juga: Yuk, Lihat 7 Fakta Menarik tentang Desa Penglipuran Bali!

1. Pertama, Ada Pulau Samalona

Pulau Samalona merupakan pulau yang ada di dekat pantai Losari, Makassar. Dengan ukuran hanya sekitar 2 hektar, mulai ini sukses masuk dalam jajaran pulau terkecil di Indonesia saat ini. Namun demikian, pulau mungil ini memiliki pesona bawah laut yang luar biasa.

Hampir setiap hari, dipastikan ada saja wisatawan yang berkunjung ke pulau ini untuk menikmati keindahan pemandangan bawah lautnya. Kamu juga bisa dengan mudah menemukan jasa sewa alat menyelam beserta pemandunya.

Tenang, cukup banyak peralatan dan jasa pemandu yang bisa ditawar, kok!

2. Pulau Peucang, Bagian dari Taman Nasional Ujung Kulon

Pulau terkecil berikutnya ada di wilayah Taman Nasional Ujung Kulon, dan menawarkan cukup banyak opsi wisata alam. Untuk  mencapai pulau ini, kamu harus menggunakan kapal yang berangkat dari pesisir taman nasional tersebut.

Baca juga:  Menikmati Liburan Seru di Garuda Wisnu Kencana Bali

Saat akan mencapai pulau ini kamu disambut dengan pantai pasir putih yang indah. Jalur trekking yang seru juga bisa dilewati, untuk melihat satwa liar yang ada di Cidaon. Jika kamu memiliki keberuntungan yang cukup tinggi, akan muncul badak bercula satu di sana.

Menarik bukan?

3. Sesuai Namanya, Pulau Kecil

Dari namanya saja kamu sudah tahu bahwa pulau ini memiliki ukuran yang kecil. Pulau Kecil terletak di area kepulauan Karimunjawa, dan memiliki pesona bawah laut yang luar biasa indah. Cukup banyak biota laut yang menghuni habitat ini, mulai dari kepe-kepe, ikan badut, berbagai jenis anemon, hingga terumbu karang yang berwarna-warni.

Area daratan pulau ini memang benar-benar mungil, tapi menarik sekali untuk dijelajahi. Kegiatan snorkeling dan diving bisa dilakukan dengan nyaman sebab arusnya tidak terlalu besar. Untuk menenangkan pikiran pulau ini sangat direkomendasikan.

4. Urutan Keempat Ada Pulau Pahawang

Menjadi sasaran utama banyak traveler yang ingin menjelajah, pulau Pahawang jadi pengisi selanjutnya dalam daftar pulau terkecil di Indonesia ini. Letaknya ada di area Lampung, dan dihiasi dengan pasir putih di area pantai yang sangat indah.

Primadona Lampung ini menawarkan wisata bawah laut yang mengesankan, yang terdiri dari banyak sekali biota laut dan terumbu karang. Dipadukan dengan kondisi air yang jernih, membuat kegiatan wisata bawah air menjadi semakin seru.

5. Pulau Macan di Kepulauan Seribu

Untuk warga Jakarta, pulau Macan akan menjadi destinasi wisata menyenangkan yang tidak perlu berjarak jauh. Berada di area Kepulauan Seribu, pulau ini memiliki keindahan yang tidak terbantahkan untuk dinikmati.

Baca juga:  Serba-serbi Gunung Bismo, Indah dan Cantik dari Wonosobo

Konsep yang digunakan dalam pengelolaannya adalah eco resort village, dan hanya memiliki luas 0,8 hektar saja. Tapi keindahan pantai pasir putih dan perairan jernih yang dimilikinya dijamin membuat siapa saja betah berlama-lama di sana.

Ketika menyambanginya, coba berenang atau berkayak untuk mendapatkan pengalaman terbaik wisata di pulau ini.

6. Pulau Terkecil di Indonesia, Pulau Biawak

Nama asli dari pulau ini sebenarnya adalah pulau Rakit. Namun karena menjadi habitat alami dari biawak dan jumlahnya cukup banyak, kemudian masyarakat menyebutnya dengan sebutan pulau Biawak.

Di sini Anda bisa menikmati keindahan bahari yang tersaji, kemudian matahari terbit dan matahari terbenam, sambil melihat aktivitas biawak. Hutan mangrove yang tersedia di sana juga seru untuk aktivitas trekking, jadi jangan lupa membawa alas kaki yang nyaman ya!

7. Pulau Simping di Singkawang, Kalimantan Barat

Pulau Simping dahulu disebut dengan pulau Kelapa Dua. Tidak hanya masuk dalam daftar ini saja, namun secara internasional, pulau ini diakui PBB sebagai pulau terkecil di dunia. Mengapa demikian? Jelas karena ukurannya hanya sebesar 0,5 hektar saja.

Meski kecil, namun pulau ini tetap memiliki keindahan yang luar biasa. Mulai dari pantai, keindahan bawah laut, bukit-bukit yang ada di sana, dan masih banyak lagi. Namun sayangnya kamu harus mencari waktu yang tepat agar bisa menikmati keindahan pulau ini secara optimal, karena tingginya minat turis untuk datang ke pulau mungil ini.

Baca Juga Ini Daftar 5 Gunung Tertinggi di Kalimantan yang Menantang

Bagaimana menurutmu ketujuh pulau terkecil di Indonesia tadi? Apakah kamu setuju? Atau justru kamu tengah berencana untuk mengunjunginya guna membuktikan ukuran pulau-pulau tersebut? Yang pasti, rencanakan perjalananmu dengan baik dan teliti, agar liburan dan petualangan menjadi semakin seru!

Share