Fakta Menarik Puncak Mandala, Tertinggi Kedua di Indonesia

Keindahan alam di Papua tidak ada habisnya. Puncak tertinggi di Indonesia berada di pulau ini, yaitu Puncak Jaya Wijaya. Adapun puncak tertinggi kedua juga berada di Papua, tepatnya di Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan. Tinggi dari gunung Puncak Mandala ini adalah 4760 meter di atas permukaan laut.

Puncak yang dijuluki Julianna Top ini memiliki trek yang cukup sulit, karena medannya yang cukup terjal dan juga bersalju. Perlu diketahui, puncak ini masih masuk dalam kawasan Gunung Jaya Wijaya. Sehingga puncaknya masih diselimuti glester salju. Untuk mengetahui fakta menarik lainnya dan tips untuk melakukan pendakian, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

puncak mandala papua yang memiliki gletser
Sumber: superlive.id

5 Fakta Menarik Puncak Mandala

Beberapa fakta menarik tentang puncak tertinggi kedua di Indonesia bisa kamu simak di bawah ini.

1. Lokasi Gunung

Gunung Puncak Mandala ini terletak di Bakwalim Yub, Distrik Alemsom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan. Tinggi dari puncak ini adalah sekitar 4760 meter di atas permukaan laut. Desa terdekat dari puncak ini adalah Denmata. Untuk mencapai puncak ini, kamu harus melewati Desa Dime.

Baca juga:  Daya Tarik 8+ Pantai Laut Selatan Jawa yang Perlu Kamu Tahu!

2. Rute dan Medan Pendakian

Ketinggian gunung yang sangat tinggi membuat para pendaki kesusahan untuk mencapai puncak dari gunung ini. Oleh sebab itu, hanya pendaki mahir dan berpengalaman saja yang sudah berhasil menaklukan puncak ini. Didukung dengan kondisi trek yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi juga membuat hanya segelintir orang yang bisa mendaki puncaknya.

Untuk mencapai ke titik puncak dari gunung ini, kamu harus melewati beberapa rute yang biasa dilewati para pendaki yang sudah berhasil sampai di puncaknya. Rute yang harus dilewati awalnya lewat dari Desa Dime. Setelah itu dilanjutkan ke menuju sisi utara Gunung Jayawijaya.

3. Gletser di Puncak

puncak mandala papua
Sumber: trekpapua.com

Karena masih termasuk dalam kawasan Gunung Jaya Wijaya, puncak ini memiliki gletser salju dan cuaca yang sangat dingin. Namun, diketahui gletser puncak sudah mulai berkurang dikarenakan adanya pemanasan bumi. Jika kamu ingin berkunjung ke kawasan tersebut, pastikan kamu memiliki jaket tebal untuk menangkal hawa dingin dari tubuhmu, ya!

4. Julianna Top

Pada masa pemerintahan Belanda, puncak ini sering dijuluki Julianna Top atau Puncak Julianna. Dengan status sebagai gunung tertinggi kedua di Indonesia, seharusnya sebagai pendaki sudah harus sadar akan kesulitan yang akan di hadapi nantinya. Tidak hanya kemampuan dan teknik pendakian saja yang diperlukan. Kesulitan birokrasi juga masih menjadi kesulitan utama yang harus dialami.

Baca juga:  Ternyata Banyak Manfaatnya, Berani Coba Bungee Jumping?

Karena medannya yang masih terbatas, kamu harus bersiap untuk mengeluarkan dana yang cukup besar. Jika berbicara mengenai cuacanya, sudah pasti sangat dingin. Terbukti dengan hanya sedikit pendaki yang berhasil menaklukan puncak ini.

5. Penakluk Puncak Mandala

Beberapa orang yang berhasil mencapai puncak ini antara lain:

  1. 5 orang berkebangsaan Belanda yang bernama Herman Verstappen, Arthur Escher, Max Tissing, Jan de Wjin dan Piet ter Laag. Mereka berhasil melakukan pendakian tersebut pada tanggal 9 September 1959.
  2. Pada tahun 1990, ada 2 orang yang berhasil menaklukkan Puncak Mandala, yaitu Bruce Parry dan Mark Anstice. Kedua orang ini mendaki dari jalur selatan pendakian.

7 Tips Pendakian di Cuaca Ekstrem

puncak mandala papua
Sumber: superlive.id

Jika ingin mendaki di cuaca ekstrem, tentunya harus memenuhi standard keselamatan yang sangat tinggi. Selain itu, ada 7 tips yang harus dilengkapi demi keselamatan nyawa sendiri.

  1. Persiapan fisik yang mumpuni, karena dari faktor medan pendakian yang berat
  2. Rencanakan perjalanan dan pelajari rute dari petugas di pos pendakian
  3. Siapkan perlengkapan yang memadai untuk pendakian di Puncak
  4. Atur logistik sebaik mungkin
  5. Dapatkan izin dan lapor sebelum melakukan pendakian
  6. Bawa baju tebal yang bisa menghangatkan tubuh, karena kondisi cuaca yang sangat dingin
  7. Rencanakan pengeluaran biayanya, termasuk biaya transportasi pulang-pergi dan biaya tidak terduga

Dari kumpulan informasi di atas, apakah kamu sudah berani untuk melakukan pendakian di Puncak Mandala? Perlu diingat untuk selalu memikirkan keselamatan sendiri terlebih dahulu. Semoga dari informasi yang ada, dapat membuatmu semakin mengerti tentang keindahan alam Indonesia.