6 Ide Aktivitas Seru Menuju Puncak Mega yang Eksotis

Gunung Puntang adalah salah satu gunung di wilayah kabupaten Bandung. Gunung ini seringkali jadi rujukan bagi anak muda pecinta alam di sekitar Bandung Raya. Lokasinya memang mudah dijangkau karena tidak terlalu jauh. Letaknya di Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran. Di dalam Gunung Puntang ini ada Puncak Mega yang indah di ketinggian 2.200 mdpl yang juga sangat diminati oleh pengunjung untuk melihat kota Bandung dari ketinggian.

Berpetualang ke puncak Mega tentunya akan menjadi pengalaman menyenangkan dan mendebarkan yang wajib kamu coba. Tidak hanya sunset dan sunrise nya yang menggoda untuk diabadikan. Sepanjang perjalanan menuju puncak pun akan memberimu banyak pengalaman seru lainnya. Ingin tahu apa saja kegiatan yang bisa kamu lakukan menuju Puncak Mega? Yuk kepoin di bawah ini.

6 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Menuju Puncak Mega

1. Hiking Menuju Puncak Mega

puncak mega
Sumber: Freepik

Bicara tentang gunung tentu tidak lepas dari kegiatan mendaki atau hiking. Gunung Puntang pun tidak luput dari daftar destinasi pendakian bagi para penikmat kegiatan ini. Puncak tertingginya yaitu Puncak Mega menghadirkan panorama dari ketinggian 2.223 mdpl. Puncak ‘punggung naga’ ini juga jadi spot menonton sunrise dan sunset favorit.

Pendakian di Gunung Puntang tidaklah terlalu sulit. Medannya lumayan menantang dengan variasi tanjakan dan turunan. Jalurnya mulai dari ketinggian 1.300 mdpl sehingga rutenya cukup pendek. Bagi pendaki pemula, gunung ini merupakan salah satu rekomendasi sebagai tempat berlatih atau adaptasi hiking.

Waktu tempuh menuju puncak kurang-lebih 4 jam. Keindahan pemandangan hingga ke Puncak Mega membuat nafas terhenti sejenak. Sejauh mata memandang lekuk pegunungan Malabar yang elegan tampak menghijau. Lelah dan pegal kaki pun rasanya terbayar lunas.

Baca juga:  Nikmati Wisata Air Umbul Ponggok, Sambil Menyelam Marilah Selfie

2. Berkemah di Gunung Puntang

puncak mega
Sumber: Freepik

Sejauh ini kawasan wisata alam di Gunung Puntang adalah salah satu yang tertata di Bandung Raya. Penataan ini selaras dengan alam sekitar tanpa merusaknya. Ini terlihat dari tersedianya sejumlah bumi perkemahan yang rapi.

Ya, kawasan gunung ini memang surga bagi para penyuka kegiatan berkemah. Tempat ini menyajikan beberapa bumi perkemahan yang terbagi menjadi blok-blok terpisah. Setiap spot menyajikan suasana dan pemandangan yang berbeda.

Selain itu beberapa blok bumi perkemahan bahkan memiliki akses jalan mobil. Ini tentu memudahkan keluarga yang membawa anak-anak. Fasilitas pendukung seperti toilet dan peralatan camping pun tersedia lengkap. Berkemah di sini bisa jadi pengalaman yang menarik bagi si kecil.

Baca Juga: Naik Gunung Perlu Simaksi, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

3. Eduwisata Kopi

puncak mega
Sumber: Mangayo.com

Warga sekitar Gunung Puntang telah terlatih untuk membudidayakan Kopi Puntang. Kopi asli lokal ini merupakan varian kopi dari Indonesia yang sudah mendunia. Cita rasanya memiliki ciri khas agak manis dan asam. Rasa yang unik ini membuatnya memiliki tempat tersendiri bagi para pecinta kopi.

Wisatawan Gunung Puntang pun bisa menikmati kopi ini. Di sini, tersedia tur wisata edukasi seputar budidaya dan pengolahan Kopi Puntang. Peserta akan berkenalan dengan pengolahan kopi mulai dari kebun hingga siap minum. Wisata seperti ini tentunya sayang jika terlewat, apalagi berkaitan langsung dengan produk kopi level dunia.

4. Mengunjungi Curug

puncak mega
Sumber: travel.id

Gunung Puntang juga memiliki sejumlah air terjun cantik yang agak tersembunyi. Beberapa lokasi air terjun hanya bisa terjangkau dengan bantuan pemandu. Namun, secara keseluruhan jalurnya sangat cocok untuk treking.

Curug paling populer adalah Curug Siliwangi. Salah satu air terjun tertinggi di Jawa ini memiliki ketinggian hingga 150 meter. Bentuknya berupa air terjun bertingkat bak dekorasi taman buatan. Airnya jernih dan bisa menjadi tempat bermain atau menyegarkan diri sejenak.

Baca juga:  10+ Rekomendasi Gunung dan Bukit di Sumatera untuk Trekking

Baca Juga: Menikmati Curug Cikaracak, Surga Tersembunyi di Bogor

5. Rumah Owa

puncak mega
Sumber: oklik

Ekosistem di Gunung Puntang merupakan rumah yang nyaman bagi spesies owa. Makhluk primata ini sangat terlindungi oleh pengelola maupun warga sekitar Gunung Puntang. Wajar saja karena hewan ini termasuk satwa langka.

Jika beruntung, pengunjung yang melakukan kegiatan menuju puncak Mega ini dapat menjumpainya. Namun, tidak perlu cemas karena pengunjung masih bisa melihatnya melalui layar tancap. Pengelola menyediakan wahana bertajuk Bioskop Alam Owa Jawa.

Wisatawan akan diajak menyaksikan tayangan seputar owa. Penayangan ini berlangsung secara sederhana di bilik kayu dengan sistem layar tancap. Staf pemandu yang ada dengan senang hati menjelaskan dan menjawab pertanyaan seputar owa. Di sini juga tersedia berbagai souvenir dengan tema owa, lho.

6. Mengenang Situs Bersejarah

Puncak mega
Sumber: Tempo.co

Mengunjungi puncak Mega bukan berarti hanya menikmati pemandangan alam saja. Kamu juga akan menemukan puing sejarah di sini yaitu Stasiun Radio Malabar.  Sebuah stasiun radio pertama yang di bangun kolonial Belanda pada masa penjajahan.

Puing-puing bangunannya terdapat di kawasan kaki gunung. Meski hanya puing, namun kemegahan masa lalu masih terasa di sini. Stasiun radio ini tercatat sebagai salah satu radio tercanggih pada zamannya. Radio ini dapat menjadi media komunikasi yang mencapai Negeri Belanda.

Di bagian depan sisa bangunan, terdapat bekas kolam yang bernama Kolam Cinta. Disebut demikian karena bentuknya mirip bentuk hati. Walaupun sebenarnya kolam ini berbentuk mata panah yang mengarah ke Belanda. Komplek stasiun ini berdiri berpagar pegunungan dan membuatnya tampak mempesona.

Situs bersejarah lainnya yang ada di sini adalah Goa Belanda. Pengunjung dapat menyusuri salah satu peninggalan masa perang ini. Tempat ini mengalami pengalihan fungsi secara alami menjadi sarang kelelawar.

Seru bukan perjalanan menuju Puncak Mega. Jangan lupa, Bandung tidak hanya memanjakan kamu yang ingin berbelanja maupun wisata kuliner. Di Bandung, kamu juga bisa berwisata alam dan memacu adrenalin dengan mengunjungi Puncak Mega. Selain berwisata, kamu juga akan menemukan kedamaian di puncak gunung tertinggi di Bandung ini. Di jamin liburanmu akan berkesan dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.