rahasia muka glowing alami
Sumber: Freepik

10+ Rahasia Muka Glowing Alami dan Bebas Kusam Setiap Hari, Ampuh!

Tahukah kamu rahasia muka glowing alami yang telah terbukti hasilnya? Seperti apa treatment dan rangkaian produk skincare yang mampu membantu mewujudkan muka glowing dan sehat? Mempunyai tampilan kulit muka sehat dan glowing tentu keinginan dan tujuan setiap orang dalam merawat kulit. Meski telah rutin lakukan perawatan, faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, kotoran, polusi, dan gaya hidup tidak sehat bisa menghambat segalanya. Jika tidak diatasi dengan cara tepat, justru kulit kusam yang kamu dapatkan. 

Merangkum dari berbagai sumber, kami membagikan rahasia muka glowing alami dan bebas kusam hanya untuk kalian!. Simak ulasan berikut ini untuk memahami rahasia muka glowing alami dan bebas kusam yang sederhana dan bisa kamu ikuti! Bersiaplah lakukan perbaikan skincare routine mulai dari sekarang.

Rahasia Muka Glowing Alami dengan Skincare Routine Ini

1. Bersihkan Wajah dengan Lembut

Pastikan wajahmu benar-benar bersih dengan menghapus sisa makeup dan kotoran yang menyumbat pori-pori sepanjang hari. Lakukan pembersihan wajah dengan lembut. Caranya dengan menghindari produk face cleanser yang keras dan memicu iritasi kulit. Gunakan cleansing oil atau cleansing balm terlebih dahulu untuk menghapus sisa makeup. Kemudian lanjutkan pembersihan kedua dengan facial wash atau facial foam yang lembut dan tidak mengeringkan kulit.

2. Hindari Air Panas untuk Mencuci Muka

Selain membersihkan wajah dengan lembut, kamu juga harus menghindari membilas dengan air panas dan tentunya sabun muka yang keras. Air panas dapat menghilangkan minyak alami di wajah yang menyebabkan kekeringan dan iritasi. Wajah yang terkena air panas juga bisa memicu pelebaran pembuluh superfisial yang bisa membuat kulit tampak merah sementara waktu.

Gantinya, gunakan air hangat saat membersihkan wajah dengan lembut. Pilih produk moisturizing cleanser dengan bahan-bahan aman seperti coconut oil, shea butter, atau almond oil untuk membantu mempertahankan kelembapan.

3. Lakukan Eksfoliasi Wajah secara Teratur

Sumber: Freepik

Terjadinya penumpukan sel kulit mati, kotoran, dan minyak di pori-pori kulit membuat tekstur kulit terasa kasar dan tampilan muka kusam. Untuk meluruhkan penumpukan di pori-pori kulit ini, lakukan eksfoliasi atau pengelupasan untuk membuat kulit bernapas sekaligus memberi kulit wajah glowing alami. 

Baca juga:  5 Manfaat Hair Spa Treatment untuk Rambut Sehat dan Cantik!

Eksfoliasi secara teratur adalah cara efektif menjadikan kulit semakin sehat dan memancarkan kilau wajah yang kamu inginkan. Pilihlah jenis face scrub atau chemical exfoliant yang lembut sesuai jenis kulit dan permasalahannya. Ahli kecantikan menyarankan eksfoliasi untuk kulit berminyak dan kombinasi, dilakukan sebanyak dua kali seminggu. Sedangkan untuk jenis kulit kering, sensitif, dan normal, disarankan untuk eksfoliasi sekali dalam seminggu. 

4. Vitamin C sebagai Agen Alami Pencerah Kulit

Vitamin C dikenal bagus sebagai salah satu bahan aktif skincare yang menjadi kunci muka lebih cerah, sehat, dan glowing alami. Ada banyak sumber alami vitamin C dari buah-buahan, sebut saja jeruk, lemon, blackberry, stroberi, dan buah lainnya. 

Buah-buahan tersebut selain kaya vitamin C, juga tinggi antioksidan dan citric acid. Kedua bahan aktif ini bagus dalam membantu mencerahkan kulit, meningkatkan produksi kolagen, mengurangi tampilan dark spot atau flek hitam, hingga menambah glowing yang instant dan alami pada wajah. Temukan vitamin C dalam sumber makanan alami dan sejumlah produk skincare seperti serum yang aman untuk semua jenis kulit. 

5. Merangsang Produksi Kolagen dengan Retinoid

Sumber: Freepik

Retinoid adalah turunan vitamin A yang telah terbukti membantu merangsang produksi kolagen dan menormalkan proses pergantian sel kulit. Bahan aktif retinoid membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan “”membawa” sl-sel kulit baru ke permukaan. 

Krim retinoid bekerja menghaluskan kulit dan membuat cahaya memantul lebih baik di permukaan kulit. Untuk memulai perawatan krim retinoid, mulai dengan menerapkannya 2 kali dalam seminggu pada malam hari. Kemudian seiring waktu tingkatkan frekuensinya saat kulitmu sudah terbiasa dengan krim retinoid.

6. Gunakan Face Oil yang Menghidrasi di Malam Hari

Malam hari adalah waktu terbaik untuk mengoptimalkan produk skincare yang kamu aplikasikan menjelang tidur. Secara alami, kulit memperbaiki dirinya sendiri di saat kita tertidur. Untuk itulah, kamu perlu mengaplikasikan produk skincare yang tepat di malam hari dan rasakan hasil bangun dengan tampilan kulit yang lembap, segar, dan makin bercahaya. 

Selain serum wajah, kamu dapat memilih produk face oil yang melembapkan untuk menambah hidrasi ekstra untuk kulit dan mengembalikan muka glowing pada kulit yang kusam dan tak terawat. Kandungan face oil yang bisa kamu pilih adalah jenis essential oil apapun yang cocok untuk kulitmu. Saat mengaplikasikan beberapa tetes face oil, pijat lembut wajah dengan gerakan melingkar ke arah atas. Pemakaian secara rutin di malam hari akan membantu mencerahkan dan meningkatkan elastisitas kulit.

7. Aplikasikan Pelembap setelah Mandi

Sumber: Freepik

Rahasia muka glowing alami berikutnya adalah pengaplikasian pelembap yang bagus tepat setelah mandi. Aktivitas mandi ini jangan pernah kamu lewatkan terlebih setelah seharian lelah melakukan rutinitas padat. Pelembap wajah maupun pelembap badan (body lotion) yang dioleskan segera setelah mandi benar-benar dapat membantu merawat kulit tetap sehat, cerah, dan bercahaya alami. 

Baca juga:  8 Tips Dapatkan Makeup Flawless yang Effortless untuk Pemula

Tentu saat mandi, kamu telah membersihkan wajah dengan produk face cleanser. Tak lupa setelah wajah bersih dan keringkan, aplikasikan toner wajah dahulu. Baru oleskan pelembap wajah yang tepat selagi kondisi kulit bersih dan masih lembap. Cara ini jadi rahasia mukamu jadi semakin sehat dan terawat karena hidrasi terkunci lebih lama. 

8. Pakai Sunscreen Setiap Hari

Tahap skincare yang tak kalah penting adalah menerapkan sunscreen setiap hari. Produk skincare ini akan membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV. Termasuk di antaranya masalah hiperpigmentasi kulit, bintik-bintik hitam atau dark spot, dan membuat tekstur kulit kasar dan kusam. Aplikasikan sunscreen pada pagi hari secara merata dan lakukan reapply sesuai petunjuk pemakaiannya.

9. Aplikasikan Masker Madu 

Sumber: Freepik

Kamu perlu tahu jika madu adalah rahasia muka glowing alami yang telah diakui keunggulannya sejak lama. Bahan alami madu ini bersifat menghidrasi, menghaluskan, dan melembutkan kulit. .Aplikasikan madu sebagai masker wajah sebagai skincare routine dengan efektivitasnya membantu hasilkan kulit lembap dan bercahaya.

Cara meracik masker wajah alami ini sangat mudah dengan mencampurkan satu sendok makan madu dan beberapa tetes essential oil yang kamu sukai. Oleskan masker madu pada wajah secara merata dan biarkan meresap selama 10-15 menit. Bilas wajah menggunakan air hangat dan keringkan. Untuk mencegah kulit kusam dan mencerahkan wajah secara alami, aplikasikan masker madu tiga kali seminggu atau sesuai kebutuhanmu. 

10. Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Perawatan kulit dari dalam juga penting kamu lakukan, termasuk menjadi pola tidur yang cukup dan berkualitas. Jika wajahmu masih kusam dan tidak bercahaya setelah mencoba rangkaian skincare, bisa jadi salah satu penyebabnya karena pola tidur yang buruk. Dampaknya, membuat tubuh dan pikiran menjadi lelah dan rentan terganggu. Kulit juga dapat menjadi kasar, lelah, dan kusam. 

Dengan menjadi pola tidur yang cukup dan berkualitas, sel tubuh akan memperbaiki dirinya dan saat terbangun kamu mendapati kulitmu lebih segar dan bercahaya. Saat tertidur, aliran darah semakin lancar dan produksi kolagen meningkat yang bagus menjaga kesehatan kulitmu. Ciptakan pola tidur yang sehat dan manajemen stress yang baik sebagai kunci utama mendapat muka glowing alami. Gaya hidup yang sehat akan membantu mencegah penuaan dini, kulit tetap sehat, dan natural glow semakin terpancar.

Baca Juga: Kupas Tuntas Dark Spot: Penyebab dan 7 Cara Ampuh Mengatasinya

Kini kamu telah memahami beberapa rahasia muka glowing alami dan bebas kusam dalam rutinitas skincare harianmu. Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah alami memang tidak instan, namun bukan hal yang mustahil dilakukan. Jadi pastikan kamu mengaplikasikan skincare routine yang tepat dan konsisten, ya!

Add comment

Share