Menikmati Pesona Bawah Laut dan Aktivitas Seru di Raja Ampat

Jauh dari hiruk pikuk kota metropolitan, salah satu destinasi di Indonesia yang istimewa ini menawarkan ketenangan dan kedamaian. Raja Ampat, sebuah Kabupaten yang merupakan bagian dari Provinsi Papua Barat. Suguhan alam yang ditawarkan begitu mengagumkan, hingga bisa membuat wisatawan enggan pulang.

Ingin tahu apa saja pesona Raja Ampat? Ingin tahu apa saja aktivitas seru yang bisa dilakukan di sana? Yuk cari tahu di bawah ini.

Lokasi

Kabupaten Raja Ampat adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua Barat Daya, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Waisai. Kabupaten ini memiliki 610 pulau, termasuk kepulauan Raja Ampat. Empat di antaranya, yakni Pulau Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo, merupakan pulau-pulau besar. Dari seluruh pulau hanya 35 pulau yang berpenghuni sedangkan pulau lainnya tidak berpenghuni dan sebagian besar belum memiliki nama. Kabupaten ini memiliki total luas 67.379,60 km² dengan rincian luas daratan 7.559,60 km² dan luas lautan 59.820,00 km.

Baca Juga: Pulau Komodo Terletak di Bagian Mana? Ini 6 Faktanya

Keindahan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat ini diketahui berada di jantung Segitiga Terumbu Karang Dunia. Arus laut dalam yang kuat membawa banyak nutrisi di perairan ini hingga ke hutan bakau, danau air asin, dan hamparan padang lamuan. Hal tersebut menjadikan wilayah ini memiliki jaring-jaring makanan kompleks. Tak heran jika Raja Ampat akhirnya mendapat julukan “pabrik spesies” karena menjadi pusat keanekaragaman hayati. Kepulauan ini memiliki terumbu karang yang sangat melimpah. Terumbu karang di kepulauan ini menjadi tempat tinggal bagi biota laut lainnya. Keindahan bawah laut Raja Ampat membuat banyak orang ingin menyaksikan langsung dengan cara menyelam ke dalam lautan.

Baca juga:  10+ Rekomendasi Gunung dan Bukit di Sumatera untuk Trekking

Di tempat wisata ini, ada beberapa spot menyelam terbaik seperti Kabui Passage, di sekitar Dermaga Pulau Arborek, Sauwandarek, Yenbuba, Dinding Friwen, dan masih banyak lagi. Tak hanya pemandangan bawah laut yang indah, Raja Ampat juga juga memiliki pemandangan daratan yang indah. Anda bisa menikmati pemandangan pulau batu dari atas bukit.

Baca Juga: 5+ Daftar Surga Wisata Labuan Bajo Terfavorit

Aktivitas Seru yang Wajib di Coba di Raja Ampat

1. Diving

raja ampat
Sumber: Pixabay

Salah satu daya tarik di Raja Ampat adalah panorama biota laut. Ada ribuan biota laut yang bisa dilihat di pulau ini. Untuk melihatnya, wisatawan bisa melakukan diving ke dasar laut. Ada banyak spot diving yang bisa dijajal di Raja Ampat, salah satunya pulau Misool yang menyimpan banyak jenis ikan dan biota laut lainnya.

2. Snorkeling di Perairan Dangkal

Raja Ampat
Sumber: Pixabay

Selain diving, kamu juga bisa melihat keindahan biota laut di Raja Ampat dengan snorkeling di perairan dangkal. Kebetulan, perairan di sana tergolong jernih sehingga kamu masih bisa melihat keindahan biota laut dari perairan dangkal.

Ada lima destinasi snorkeling di sini yang bisa dijajal, yaitu Kampung Arborek, Kampung Sauwandarek, Priwn Pol, Kampung Yenbuba, dan Kabupaten Sawinggrai. Di lima tempat tersebut, kamu bisa melihat berbagai jenis ikan tanpa harus menyelam ke dasar laut.

3. Memberi Makan Hiu di Piaynemo

Raja Ampat
Sumber: Pixabay

Piaynemo adalah salah satu pulau di Raja Ampat yang memiliki gugusan karang yang memesona. Tidak hanya gugusan karang, pulau ini juga terdapat penangkaran hiu liar di dekat dermaga pos. Penangkaran tersebut sebetulnya tidak sengaja dibuat. Adapun pembuatan penangkaran tersebut disebabkan banyaknya hiu liar yang berenang di sana.

Baca juga:  6 Aktivitas Seru di Floating Market Bandung

Di penangkaran tersebut, kamu bisa melihat hiu-hiu kecil berenang seolah-olah mereka hiu jinak. Tidak hanya melihat hiu-hiu tersebut, wisatawan pun juga bisa memberi makan kepada mereka. Makanan yang diberi biasanya berupa ikan hasil pancingan yang dipotong kecil-kecil. Wisatawan bisa memberikan makanan tersebut di bawah arahan penjaga pos di sana.

4. Trekking di Piaynemo

Trekking di Raja Ampat
Sumber: Pixabay

Selain memberi makan hiu, kamu juga bisa melakukan trekking di sekitar wilayah pulau Piaynemo. Rute trekking di Piaynemo tidak serta merta tersedia sehingga membuatmu harus membuat rute sendiri. Hal ini bisa menjadi tantangan tersendiri untukmu.

Selama trekking, kamu bisa melihat berbagai hewan dan tumbuhan yang hidup di Piaynemo, serta panorama di sana. Selain Piaynemo, kamu bisa melakukan kegiatan wisata ini di pulau Waisai dan Kabui.

5. Melakukan Island Hopping

Raja Ampat
Sumber: Pixabay

Raja Ampat memiliki banyak pulau yang layak disambangi. Hal ini bisa kamu melakukan island hopping di Raja Ampat dengan mudah. Bagi yang belum tahu, island hopping adalah kegiatan berpindah-pindah dari satu pulau ke pulau lainnya.

Ada beberapa pulau yang harus kamu kunjungi jika ingin melakukan kegiatan ini, yaitu: Batu Pensil, Teluk Kabui, Telaga Bintang, dan Tano. Pulau-pulau tersebut menyediakan panorama alam yang membuatmu ingin berlama-lama di pulau-pulau tersebut.

6. Menyaksikan Burung Cendrawasih di Saporkren

Raja Ampat
Sumber: Pimbakit

Cendrawasih adalah salah satu burung khas Papua dan termasuk hewan langka yang wajib dilindungi. Kamu bisa melihat burung ini di salah satu desa wisata di Saporkren.

Sebelum melihat cendrawasih secara langsung, kamu akan diajak masuk ke hutan Pulau Sawinggrai terlebih dahulu. Di sana, kamu akan menemukan berbagai pepohonan dan berbagai spesies burung yang menampakkan diri mereka sambil menemani perjalananmu melihat cendrawasih.

Itulah berbagai kegiatan wisata menarik yang bisa kamu lakukan di Raja Ampat. Semoga bisa menjadi panduan untukmu yang akan berwisata ke salah satu destinasi bahari di Papua itu. Jangan lupa untuk tetap sehat dan mematuhi protokol kesehatan selama dalam perjalanan. Selamat berwisata!