reapply sunscreen
Sumber: Freepik

Cara Reapply Sunscreen yang Tepat, Pakai atau Tanpa Makeup

Saat ini sunscreen sudah menjadi hal yang wajib digunakan bagi kamu ketika mulai melakukan tahap perawatan skincare. Meskipun masih ada beberapa orang yang malas menggunakan sunscreen, namun percayalah kalau produk ini tidak bisa dilewatkan begitu saja. Dan yang lebih penting adalah mengetahui bagaimana reapply sunscreen sebagai salah satu step skincare yang baik untuk hasil yang maksimal. Karena penggunaan sunscreen tidak cukup hanya sekali saja, tapi harus diulang atau reapply setiap 2 hingga 3 jam sekali, baik ketika beraktivitas didalam atau diluar ruangan.

Karena itulah kamu harus tau bagaimana cara reapply sunscreen dengan benar agar kulitmu senantiasa terlihat glowing dan tetap aman dari sinar UV. Check this out!

Manfaat Aplikasi Tabir Surya untuk Kulit Wajah

1. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Tabir surya melindungi kulit dari efek buruk sinar UV sekaligus mengurangi risiko terkena kanker kulit, terutama melanoma. Jenis kanker kulit dikenal agresif dan penting untuk ditanggulangi. Kamu harus mengoleskan tabir surya setiap hari untuk langkah perlindungan saat ini dan jangka panjang. 

2. Mencegah Sunburn atau Kulit Terbakar

Di saat kulit terlalu banyak menyerap radiasi ultraviolet dari sinar matahari, maka berisiko merusak genetik pada sel kulit. Nah, manfaat tabir surya adalah melindungi kulit dari sinar UV dengan menyerap dan memantulkan sinar matahari.

Baca juga:  Apa Rekomendasi Bedak untuk Kulit Kering? Intip 10 Produk Ini!

3. Menghindari Peradangan dan Kemerahan

Terlalu lama beraktivitas di bawah sinar matahari berpotensi sunburn, kemerahan kulit yang parah, dan peradangan. Dilansir dari Medical News Today, sinar UV dapat merusak kulit ditandai kemerahan karena tubuh lebih banyak darah ke area kulit yang terpapar untuk memperbaiki kerusakan.

4. Mencegah Kerutan dan Garis Halus

Formula pencegahan paling efektif untuk mencegah kerutan dan garis halus di kulit adalah aplikasi tabir surya. Paparan sinar UVA yang terlalu dapat membuat kulit menua lebih cepat dan menghilangkan kolagen serta elastisitas kulit. Dengan memasukkan produk SPF dalam skincare routine-mu, tanda-tanda penuaan dini dapat ditangkal.

Cara Reapply Sunscreen Wajah dengan Makeup 

Sumber: Freepik

Sebelum ber-make up sebaiknya kamu gunakan sunscreen sebagai foundation atau alas bedak. Untuk hasil maksimal sebaiknya tunggu beberapa menit hingga sunscreen meresap ke kulitmu sebelum memulai makeup yang kamu inginkan.

Yang harus kamu perhatikan adalah ketika kamu berada dibawah sinar matahari lebih dari 2 jam, ada baiknya  kamu reapply sunscreen kembali. jika Kamu tidak mau menghapus makeup terlebih dahulu, kamu bisa menggunakan sunscreen spray. Cukup dengan disemprotkan saja secukupnya hingga meresap ke kulit.

Kamu juga bisa menggunakan sunscreen berbentuk gel atau cream tanpa menghapus makeup. Dengan mengoleskan sunscreen di beberapa titik di wajah dan kemudian pergunakan cushion puff  untuk meratakan agar hasilnya lebih maksimal.

Baca juga:  7+ Jenis Bahan Waxing Bulu yang Aman dan Lembut di Kulit

Atau kamu bisa menghapus makeup terlebih dahulu dan membersihkan wajah dengan sabun pembersih. Pengaplikasian toner dan pelembab lebih dianjurkan sebelum menggunakan sunscreen setelahnya.

Reapply Sunscreen Wajah Tanpa Makeup

Sumber: Freepik

Reapply sunscreen ketika tidak memakai makeup bukanlah sesuatu yang sulit bagi kamu yang ingin wajahmu selalu terawat dengan baik. Perlindungan dari produk yang mengandung SPF (Sun Protection Factor) menjadi step perawatan dasar  kulit wajah

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika ingin reapply sunscreen tentunya sesuaikan dengan preferensi kamu, ya. Sunscreen yang kamu aplikasikan dan terserap kulit di pagi hari, bisa saja luntur saat berkeringat atau terkena air. Jadi penting aplikasi ulang setiap beberapa jam sekali untuk memastikan kulit selalu terlindungi.

Bagaimana cara mengaplikasikan tabir surya pada wajah tanpa makeup? Kamu bisa mencoba dengan membasuh wajahmu dengan air, setelah itu keringkan dengan handuk wajah atau dengan tisu. Setelah dirasa cukup kamu bisa langsung oleskan sunscreen secukupnya sesuai kebutuhanmu. Biasanya hanya dengan menggunakan sunscreen sebanyak dua ruas jari juga sudah cukup meratakan wajah.

Setelah berolahraga di pagi hari dan berkeringat, segera cuci muka dan pakai tabir surya kembali. Pertama, gunakan micellar water dan dilanjutkan dengan sabun wajah, keringkan wajah kemudian langsung menggunakan sunscreen setelahnya.

Baca juga: 5 Kandungan Serum Wajah Glowing Ternampol, Ini Rekomendasi Produknya!

Jelas paparan sinar matahari yang berlebihan dapat berpotensi menyebabkan penuaan dini, bintik hitam, hingga risiko kanker kulit. Kini kamu telah memahami cara reapply sunscreen wajah bisa mengoptimalkan perlindungan kulit sebagai investasi terbaik kulit sehat dan awet muda. Jangan lupa selalu pakai produk SPF setiap hari, ya!

Add comment

Share