Bingung Cari Referensi Resep MPASI? Coba Bikin Ini Saja

Bayi yang sudah mencapai usia 6 bulan akan mulai diberikan makanan pendamping ASI atau MPASI. Pada usia ini, bayi sudah bisa menyangga kepalanya dengan baik, duduk dengan tegak, dan refleks menggerakkan lidahnya untuk mencegah benda asing masuk ke mulut juga sudah menghilang. MPASI akan diberikan secara bertahap, mulai dari makanan yang ringan, kental, hingga yang teksturnya lebih padat. Resep MPASI untuk bayi usia 6 bulan, pada umumnya adalah sayur-sayuran dan buah-buahan yang ditumbuk. Pada tahap ini, garam, gula, madu atau pemanis lainnya perlu dihindari. Kemudian setelah bayi bisa menerima makanan pertamanya, maka dapat tingkatkan menu makanan dengan memberikan kacang-kacangan atau daging yang masih tumbuk.

Kalau kamu masih bingung, berikut ini ada resep MPASI yang cocok untuk bayi usia 6 bulan ke atas. 

Pisang sebagai Menu Sarapan

resep mpasi
Sumber: https://www.zapmeta.ws/

Menu sarapan biasanya dibuat lebih sederhana dibandingkan makan siang. Kamu bisa coba gunakan pisang sebagai bahannya. Caranya, cukup siapkan satu buah pisang dan ASI atau susu formula secukupnya. Kemudian cuci bersih pisang tersebut dan kupas, lalu tumbuk halus buah pisang menggunakan sendok atau garpu. Jangan lupa campurkan pisang yang telah ditumbuk dengan ASI atau susu formula yang telah disediakan. Aduk rata dan makanan siap disajikan untuk bayi. 

Bubur Sayur

Membuat bubur sayur ini memang susah-susah gampang, karena kamu dituntut untuk mengeluarkan kreativitas dalam mencampur sayuran juga memastikan rasanya enak untuk dimakan bayi. Nah, daripada bingung, berikut ini ada resep bubur sayur yang dijamin enak dan bergizi untuk menu MPASI. Langsung saja siapkan bahan-bahannya seperti beras, air, wortel, dan bayam. Cara membuatnya cukup mudah, pertama masak beras sampai menjadi bubur. Lalu masukan wortel dan bayam yang sudah diblender, dan aduk merata. Untuk tambahan protein, kamu bisa menambahkan ikan salmon atau dada ayam yang telah dihaluskan. 

Baca juga:  Siapkan Buah untuk Bayi Sebagai Pelengkap Menu MPASI

Sup Labu Kuning

resep mpasi
Sumber: https://eat-drink-love.com/roasted-butternut-squash-and-pumpkin-soup/

Labu berwarna kuning yang kaya akan gizi untuk bayi berupa vitamin A, C, E, dan mineral. Selain itu, labu kuning bermanfaat juga untuk menambah sistem kekebalan tubuh bayi. Teksturnya yang lembut membuat labu kuning ini sangat cocok sebagai bahan makanan pendamping ASI. Untuk membuat sup labu sangat mudah. Siapkan labu, air, dan kayu manis. Pertama, haluskan labu dengan blender lalu masukan ke dalam panci dengan menambahkan sedikit air dan ΒΌ sendok teh kayu manis untuk menambah rasa. Panaskan sampai mendidih, lalu angkat dan tunggu sampai tidak terlalu panas. Hindari penggunaan perasa seperti garam atau gula pasir apalagi MSG, ya. Sementara penggunaan bahan rempah-rempah, gula jagung, atau tambahan buah merupakan pilihan terbaik.

Nasi Tim Ikan Dori

Ikan dori yang enak juga bisa diberikan sebagai bahan MPASI untuk bayi 6 bulan ke atas. Siapkan bahan-bahan berupa 1 ruas jari ikan dori, 1 genggam beras putih, 3 iris bawang bombai, jahe secukupnya, seledri secukupnya, dan air secukupnya. Pertama, rebus air dan masak beras putih, aduk hingga nasi setengah lembek. Lalu masukkan ikan dori, bawang bombai yang sudah dicincang, dan jahe secukupnya untuk menghilangkan amis pada ikan dori. Aduk hingga beras menjadi bubur ikan yang tercampur rata, lalu masukkan seledri untuk menambah aroma. Kemudian aduk hingga kekentalan bubur dirasa pas, dan biarkan setengah dingin kemudian saring. Segera sajikan selagi hangat.

Baca juga:  Siapkan Menu MPASI Pertama dengan 7 Tips Ini!

Krim Sup Kentang

resep mpasi
Sumber: https://doktersehat.com/

Krim sup hangat yang disajikan untuk bayi ini pasti akan sangat disukai. Siapkan bahan-bahan berupa 5 buah kentang kecil, 1 bonggol kecil jagung manis, 1/2 buah labu siam kecil, 50 gr daging ayam cincang, kembang kol, daun bayam, 1/2 buah bawang bombai ukuran kecil, 1 siung bawang putih, 1 sdm tepung terigu, 150 ml susu UHT plain, 100 ml kaldu, dan 1 sdm keju parut. 

Cara membuat cukup sederhana, pertama tumis bawang bombai dan bawang putih dengan unsalted butter hingga wangi. Lalu masukan daging ayam cincang, aduk sampai daging ayam berubah warna, dan tambahkan tepung terigu, aduk cepat lalu masukan susu UHT, dan aduk terus agar tepung terigu bergerindil. Tambahkan kaldu, masukan kentang dan labu siam, lalu aduk aduk sampai susu dan kaldu menyusut. Kemudian masukan jagung manis, daun bayam dan seledri, masak hingga semua bahan matang. Kalau bahan belum matang dan cairan sudah menyusut, maka dapat ditambahkan air sampai kekentalan yang diinginkan. Masukan keju sesaat sebelum diangkat, lalu saring bila diperlukan.

Itu dia beberapa resep MPASI pilihan untuk bayi berusia 6 bulan ke atas yang bisa kamu coba. Dengan begini, kamu bisa mendapatkan variasi makanan agar bayi tidak bosan dan lebih bersemangat untuk makan. Selamat mencoba, ya!